Tips Mencegah Penularan Covid-19 ke Hewan Peliharaan

  • Bagikan
395c7e77 27aa 40d2 9e70 84593f9d471a 169

Hewan peliharaan, termasuk kucing, dapat tertular virus corona. Namun, Satgas Penanganan Covid-19 memastikan hewan peliharaan maupun liar yang terinfeksi virus corona tidak akan menularkan ke manusia yang berinteraksi dengan mereka.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan hewan terpapar Covid-19 bukan hal baru. Hingga saat ini terdapat 500 kasus Covid-19 dari 10 spesies hewan yang tersebar di 30 negara.

“Penting diketahui bahwa sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan yang terinfeksi covid-19 dapat menularkan virus ke manusia. Oleh karena itu, masyarakat pemilik hewan peliharaan diimbau tidak panik,” kata Wiku, Selasa (3/8) lalu.

Wiku lantas meminta masyarakat yang memiliki hewan peliharaan agar senantiasa menyuplai makanan sehat. Hewan peliharaan yang menunjukkan gejala-gejala sakit atau menjurus Covid-19 agar segera dibawa ke dokter hewan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) sebelumnya menyebut beberapa gejala pada hewan yang terpapar Covid-19, di antaranya yakni batuk, kesulitan bernapas atau sesak napas, lesu, bersin, pilek, kotoran berlebih pada mata, muntah, hingga diare.

Baca Juga :  Netizen HebohTemukan Toko Online Jilbab untuk Kucing

CDC sendiri telah melakukan pengamatan tentang infeksi virus corona pada hewan dan mengkategorikan beberapa hewan berdasarkan risiko infeksi mereka.

Menurut perwakilan CDC, Casey Barton Behravesh, hewan yang sangat rentan terhadap virus termasuk kucing, hamster, primata, kelinci, cerpelai dan rusa.

Behravesh mengatakan hewan peliharaan, terutama kucing dan anjing, merupakan kelompok spesies hewan yang paling mungkin terdampak virus corona.

“Berdasarkan informasi terbatas yang tersedia hingga saat ini, risiko hewan, termasuk hewan peliharaan, menyebarkan Covid-19 kepada manusia dianggap masih rendah,” kata Behravesh, seperti dikutip CNN, Februari silam.

Sementara risiko penularan dari hewan ke manusia rendah, orang dapat menyebarkan virus corona ke hewan peliharaan.

Berikut cara melindungi hewan peliharaan dari Covid-19, menurut CDC.

1. Memperlakukan hewan peliharaan dengan cara yang sama seperti anggota keluarga manusia untuk melindungi mereka dari Covid-19, termasuk membatasi kontak dengan orang-orang di luar rumah.

2. Memelihara kucing di dalam rumah demi mencegah hewan peliharaan lain berkeliaran dengan bebas.

Baca Juga :  Tips Memilih Makanan Kucing

3. Masker tidak boleh dikenakan pada hewan peliharaan, karena dapat membahayakan.

4. Orang yang terinfeksi harus menghindari kontak dengan hewan peliharaan, artinya dilarang berciuman, berpelukan atau tidur di ranjang yang sama.

5. Saat terkena virus corona minta anggota rumah lain untuk merawat hewan peliharaannya. Jika itu tidak memungkinkan, CDC mengatakan orang-orang harus memakai masker saat berinteraksi dengan hewan peliharaan mereka.

6. Jika mencurigai hewan peliharaan terkena virus corona harus berkonsultasi dengan dokter hewan.

“Hewan peliharaan yang dites positif terkena virus corona harus diisolasi dari manusia dan hewan lain,” kata Behravesh.

Dia juga mengatakan bahwa tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan membawa atau menyebarkan virus corona ke kulit atau rambut mereka, dan penting untuk tidak menyeka atau memandikan hewan peliharaan dengan disinfektan kimiawi.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS belum menyetujui obat apa pun untuk pengobatan atau pencegahan Covid-19 pada hewan.

Sumber https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210806173029-255-677451/cara-mencegah-penularan-covid-19-ke-hewan-peliharaan

  • Bagikan
Positive SSL