Bocoran Tes Kompetensi CPNS 2021, Jangan Sampai Keliru!

  • Bagikan
23fcd3e8 tes cpns di tengah pandemi cnbc indonesia andrean kristianto 26 169

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memaparkan untuk tahun ini jumlah soal yang akan diberikan dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2021 lebih banyak dari tahun lalu.

Hal ini disampaikan oleh Plt. Asdep Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PANRB Katmoko Ari Sambodo saat menjelaskan mengenai keputusan Menteri PANRB Nomor 1023 Tahun 2021 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan PNS Tahun 2021.

“Total butir soal SKD tahun ini 110 soal. Bertambah 10 soal dari tahun lalu yang sebanyak 100 soal,” ujarnya.

Jumlah soal ini terdiri dari, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 45 soal, Tes Intelegensi Umum (TIU) 35 butir soal dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 30 butir soal.

Sedangkan untuk waktu pengerjaan nya tetap sama yakni 100 menit. Yang berbeda waktu untuk peserta dengan formasi disabilitas diberikan lebih lama.

“Khusus yang melamar disabilitas diberikan waktu 130 menit. Kalau untuk standar tetap 100 menit,” jelasnya.

Sementara itu, untuk nilai tertinggi tercatat sebesar 550 poin atau bertambah 50 poin dari tahun 2019 lalu. Poin ini terdiri dari nilai tertinggi untuk TWK 150, TIU 175 dan TKP 225.

Baca Juga :  Seleksi CPNS 2021 Segera Dibuka, Cek Disini Formasi dan Syaratnya

“Untuk soal TWK kalau menjawab benar nilainya 5, kalau salah atau tidak menjawab 0. Untuk TIU kalau menjawab benar juga nilai 5 dan jika salah atau tidak menjawab nilainya 0. Sedangkan untuk TKP jawaban semuanya benar hanya saja jawaban yang paling tepat nilainya 5 dan selanjutnya 4,3,2,1 dan tidak menjawab nilainya 0. Jadi total nilai tertingginya 550 poin,” tegasnya.

Analis Perencanaan Kemenpan RB, Aldita Adnan Wrisaba mengatakan 110 butir soal itu terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 45 soal, Tes Inteligensi Umum (TIU) 35 butir soal dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 30 butir soal.

Sementara itu total nilai maksimal untuk SKD sebesar 550 poin. Ini meningkat 50 poin dibandingkan seleksi CPNS tahun 2019 lalu.

“Jadi ada tiga tes dalam SKD nanti dengan jumlah 110 soal dan total nilainya 550 poin,” ujarnya dalam konferensi pers virtual.

Baca Juga :  Dibuka 31 Mei, Ini Syarat dan Cara Daftar CPNS 2021

Aldi memaparkan, materi soal untuk TWK ada lima item penting yakni:

1. Nasionalisme. Item ini bertujuan untuk mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.

2. Integritas. Item ini bertujuan untuk melihat kemampuan peserta menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional.

3. Bela negara. Tes ini bertujuan untuk melihat peran aktif peserta dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.

4. Pilar negara. Ini bertujuan untuk melihat dan membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan RI dan Bhineka Tunggal Ika.

5. Bahasa Indonesia. Tes ini bertujuan untuk menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Untuk soal TWK kalau menjawab benar nilainya 5, kalau salah atau tidak menjawab 0. Nilai tertingginya 150 poin,” jelasnya.

  • Bagikan
Positive SSL