Setkab Sebut Terduga Peretas Situs Sudah Terdeteksi

  • Bagikan
f502d16c e30f 47da 8ef5 65d84129501d 169

Sekretariat Kabinet (Setkab) melaporkan kasus dugaan peretasan situs setkab.go.id ke Bareskrim Polri. Deputi Dukungan Kerja Kabinet Setkab, Thanon Aria Dewangga, berujar laporan telah dilayangkan pada Senin (2/8) ke Bareskrim Polri.

Ia menyebut Bareskrim sudah mendeteksi terduga pelaku peretasan situs Setkab.

“Hari Senin kemarin kita juga sudah mengadukan upaya peng-hack-an website kita ke Bareskrim Polri. Sudah kita laporkan resmi melalui surat,” ujar Thanon Melansir CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, Sabtu (7/8).

“Sedang dilakukan upaya pengusutan oleh Bareskrim sekarang dan yang melakukan pun sudah terdeteksi,” lanjutnya.

CNNIndonesia.com sudah menghubungi Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Karopenmas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono, dan Dirtipidsiber Polri Brigjen Pol Slamet Uliandi untuk menanyakan perkembangan penanganan kasus dugaan peretasan situs Setkab dimaksud. Namun, belum diperoleh jawaban.

Baca Juga :  35 Istilah Status Paket SiCepat yang Harus Kalian Tahu!

“Mohon maaf belum ada informasi dari Direktorat Siber,” ujar Rusdi.

“Hubungi Kabareskrim,” kata Slamet.

Lebih lanjut, Thanon menjelaskan alasan pihaknya membawa kasus dugaan peretasan ke ranah hukum karena tindakan tersebut telah merugikan masyarakat.

“Kami berpikir juga bahwa website ini tentu ada gunanya untuk masyarakat agar informasi pemerintahan bisa sampai ke masyarakat. Tiba-tiba ada yang nge-hack, berarti ini yang dirugikan bukan hanya Setkab tapi juga masyarakat. Makanya kami adukan ke Bareskrim Polri,” terang dia.

Ia menambahkan, saat ini situs setkab.go.id masih dalam tahap pemulihan dengan dibantu oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Baca Juga :  Informasi Rute dan Tiket Sleeper Bus di Indonesia

“Dua hari yang lalu memang website kita sempat aktif lagi, cuma pada saat itu ternyata serangannya makin menjadi,” ucap Thanon.

Situs Setkab diretas pada Sabtu (31/7). Laman Setkab menampilkan layar hitam dengan foto yang menampilkan demonstran membawa bendera merah putih.

Di bawahnya tertulis keterangan, “Padang Blackhat ll Anon Illusion Team Pwned By Zyy Ft Luthfifake”

Beberapa waktu kemudian Situs Setkab bertuliskan: Kami akan segera kembali! Mohon maaf untuk ketidaknyamanannya, saat ini kami sedang melakukan update sistem.

Peretasan situs setkab.go.id bukanlah kali pertama. Pada 2015 situs Setkab juga pernah diretas, tepatnya 24 Desember 2015.

  • Bagikan
Positive SSL