Duh, HP Android ini Tak Bisa Lagi Pakai Google & Maps

  • Bagikan
f7a0bf8d 24564 ponsel android

Para pengguna Android versi lama tidak akan bisa lagi menggunakan layanan dan produk Google seperti YouTube hingga Gmail. Perusahaan mengumumkan kebijakan itu akan dimulai pada 27 September 2021 mendatang.

Kebijakan ini berlaku untuk perangkat yang menjalankan Android 2.3.7 (Gingerbreand) atau lebih rendah lagi. Tujuan kebijakan ini adalah perusahaan ingin memastikan keamanan akun Google pengguna.

Google menyiratkan versi Android lama kemungkinan besar memiliki kerentanan yang belum ditambal dan dapat membahayakan akun, seperti dikutip laman Slash Gear, Senin (2/8/2021).

Peraturan ini berlaku untuk masuk ke aplikasi seperti Gmail dan Youtube serta saat masuk ke akun Google pada HP itu sendiri. Namun pengguna masih bisa menggunakan layanan Google termasuk Gmail melalui browser web seluler.

Baca Juga :  7 Film Serial tentang Perselingkuhan yang Buat Jengkel

Google dalam laman Support-nya menuliskan akan ada kesalahan nama pengguna atau password saat mencoba menggunakan produk dan layanan Google setelah tanggal 27 September mendatang.

“Jika masuk perangkat setelah 27 September, Anda mungkin mendapatkan kesalahan nama pengguna atau password saat mencoba menggunakan produk dan layanan Google seperti Gmail, Youtube dan Maps,” tulis Google.

Selain itu raksasa teknologi dunia itu juga memberikan sejumlah kasus yang akan berdampak pada kesalahan nama pengguna atau password. Berikut daftarnya:

1. Melakukan factory reset pada perangkat dan mencoba untuk sign in.
2.Mengganti password baik di perangkat tersebut atau perangkat lain, dan membuat logout. Saat mencoba masuk lagi, maka tetap akan eror.
3.Hapus akun dari perangkat dan menambahkan kembali juga akan menyebabkan kesalahan tersebut.
4.terakhir adalah membuat akun di perangkat.

Baca Juga :  Habib Rizieq Shihab Pulang, Twitter Kunci Akun FPI dan Hapus Logo

Google menyarankan untuk melakukan update jika perangkat mendukung pembaruan versi.

“Jika perangkat Anda memiliki kemampuan untuk memperbarui ke versi Android lebih baru (3.0+), kami menyarankan Anda untuk melakukannya,” kata Google.

Sebagai informasi, Android 2.3.7 dirilis hampir 10 tahun lalu. Nampaknya dengan peraturan ini, Google perlahan mematikan akses pada HP dengan Android versi lama.

Google telah melakukan hal tersebut beberapa waktu lalu. Slash Gear mencatat Google mengumumkan ponsel dengan Android 4.3 Jelly Bean atau lebih lama akan kehilangan akses ke Google Play dan pastinya akan berdampak pada sejumlah aplikasi di dalamnya.

  • Bagikan
Positive SSL