8 Tweak Registry Windows 10 Untuk Meningkatkan dan Membuka Fitur

  • Bagikan
40b80bee capture 2021 08 04 09 19 43 297

Registry editor adalah satu-satunya cara untuk mengaktifkan beberapa fitur tersembunyi Windows 10. Inilah cara menggunakannya untuk membuat beberapa tweak keren!

Registry Windows berisi tambang emas pengaturan yang dapat mengubah sistem operasi Windows Anda. Mengedit entri registri memungkinkan Anda membuat perubahan yang tidak dapat Anda lakukan melalui Control Panel.

Dari visual hingga tweak terkait kinerja, ada banyak cara Anda dapat menggunakan Registry Editor untuk meningkatkan dan menyesuaikan pengalaman Windows Anda. Sebelum memulai, tentu saja, lakukan backup registry dan Windows Anda.

Buka Registry Editor

Anda harus membuka Registry Editor sebelum Anda dapat melakukan tweak apa pun. Anda dapat mencari Registry Editor di Start Menu atau tekan Windows + R dan ketik regedit untuk membuka Registry Editor. Munculan UAC mungkin meminta izin Anda untuk meluncurkan editor. Klik Yes untuk melanjutkan.

Menonaktifkan Lockscreen

Jika Anda bukan penggemar lanskap memukau Windows Spotlight di layar kunci Anda, itu bisa terasa seperti menghalangi Anda. Meskipun Windows 10 menawarkan beberapa pengaturan untuk memodifikasi layar kunci Anda, beberapa orang tidak mempedulikannya.

Untuk menonaktifkan layar kunci, navigasikan ke HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREPoliciesMicrosoftWindows di Registry Editor Anda. Klik kanan pada folder Windows untuk membuat kunci baru dan beri nama “Personalization“. Selanjutnya, klik kanan pada new key dan buat DWORD (32-bit) Value baru dan beri nama “NoLockScreen“. Setelah entri dibuat, klik dua kali padanya dan ubah Value data menjadi 1.

Waktu Shutdown Lebih Rendah

Jika Windows Anda membutuhkan waktu lama untuk dimatikan, bisa jadi karena Windows mencoba menutup semua aplikasi dan proses yang berjalan sebelum dimatikan. Beberapa aplikasi dan proses, bagaimanapun, membutuhkan waktu lebih lama dari yang lain, akibatnya memperlambat proses shutdown komputer.

Anda dapat menggunakan Registry Editor dan mengubah perilaku ini sehingga Windows hanya akan menunggu sebentar sebelum mematikan proses dan mematikan.

Baca Juga :  Cara Mempersonalisasi Taskbar Windows 11

Untuk melakukan ini, navigasikan ke HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetControl. Cari WaitToKillServiceTimeout di panel kanan dan klik dua kali di atasnya. Ubah nilainya menjadi 1000 dan klik OK. Semakin rendah Anda menetapkan nilainya, semakin sedikit ia akan menunggu untuk mematikan layanan dan membuat proses shutdown lebih cepat.

Coba matikan komputer setelah Anda melakukan tweak ini dan lihat apakah Anda melihat perbedaannya.

Mempercantik Windows Dengan Tema Gelap

Baik itu untuk daya tarik estetika atau hanya keterbacaan yang lebih baik, beberapa orang menyukai tema mereka yang gelap. Sayangnya untuk mereka, default Windows ke tema ringan. Namun, Anda dapat dengan mudah memperbaikinya dengan tweak registri.

Untuk melakukan ini, navigasikan ke HKEY_LOCAL_USERSOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionThemesPersonalize. Cari AppsUseLightTheme di panel kanan dan klik dua kali di atasnya. Ubah Value data menjadi 0 dari 1 dan tekan OK.

Restart komputer Anda untuk melihat apakah tema gelap telah diterapkan.

Aktifkan Mode Verbose

Mode verbose berguna ketika Anda mencoba memecahkan masalah proses startup dan shutdown Windows. Ini memandu Anda melalui langkah-langkah spesifik yang dilakukan OS saat boot atau dimatikan.

Yang terbaik adalah mengaktifkan mode verbose hanya jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang memadai. Anda dapat mengalami masalah kritis dengan OS Anda jika terjadi kesalahan.

Untuk mengaktifkan mode verbose menggunakan Registry Editor, navigasikan ke HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesSystem. Selanjutnya, klik kanan pada folder System dan buat DWORD (32-bit) Value baru. Beri nama VerboseStatus dan klik dua kali di atasnya. Atur Value data ke 1, klik OK, dan restart komputer.

Boot dan shutdown Anda di masa depan akan lebih “verbose” sekarang.

Singkirkan Thumbnail Taskbar untuk Mengganti Windows Dengan Cepat

Windows dari program yang sama dikelompokkan secara default di Taskbar. Untuk beralih di antara Windows, Anda perlu mengarahkan kursor ke thumbnail.

Namun, bagaimana jika ada cara bagi Anda untuk memilih jendela aktif terakhir dengan satu klik daripada menunggu thumbnail muncul? Editor Registri dapat membantu Anda melakukan ini.

Untuk mengaktifkan fitur ini, navigasikan ke HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionExplorerAdvanced. Di sini, buat DWORD (32-bit) Value dan beri nama LastActiveClick. Setel Value data ke 1, dan reboot atau hanya log off dan on. Ini harus berlaku untuk pengaturan dan Anda sekarang dapat beralih di antara Windows dengan lebih mudah.

Baca Juga :  4 Perbaikan Untuk Dicoba Jika Windows Tidak Bisa Boot Ke Safe Mode

Tambahkan Aplikasi ke Menu Konteks Desktop

Menu konteks desktop default hampir tidak terisi. Jika ada beberapa pintasan yang Anda yakini akan menambah kenyamanan pengalaman Windows Anda, Anda dapat meningkatkan menu konteks dengan menambahkan aplikasi yang sering digunakan.

Anda dapat menambahkan aplikasi ke menu konteks dengan menambahkan beberapa entri registri. Arahkan ke ComputerHKEY_CURRENT_ROOTDirectoryBackgroundshell. Tambahkan dua key baru di bawah kunci shell. Buat satu kunci dan beri nama Paint, lalu buat key bernama command  di bawah tombol Paint. Jika Anda menambahkan pintasan untuk program selain Paint, tetapkan nama yang sesuai.

Pergi ke tombol command dan klik dua kali pada entri bernama Default dari panel kanan. Value data  menjadi mspaint.exe. Nilainya akan berbeda berdasarkan aplikasi mana yang Anda tambahkan ke menu. Setelah selesai, klik kanan pada desktop dan Anda akan melihat Paint (atau aplikasi pilihan Anda) terdaftar di menu konteks.

Jadikan Tampilan Jam Taskbar Anda Detik

Jam bilah tugas diatur untuk menampilkan jam dan menit secara default. Plus, tidak ada opsi untuk menampilkan detik di jam bilah tugas secara langsung.

Namun, Anda dapat menampilkan detik di jam bilah tugas dengan memodifikasi registri. Mulailah dengan menavigasi ke HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionExplorerAdvanced. Klik kanan pada tombol Advanced dan buat Nilai DWORD (32-bit) Value. Beri nama entri ShowSecondsInSystemClock, klik dua kali entri, dan atur Value data ke 1. Klik OK.

Log off dan kembali, dan Anda akan melihat jam taskbar Anda menampilkan detik.

Sesuaikan Lebar Perbatasan Windows Explorer

Jika Anda ingin mengubah nuansa semua jendela Anda, Anda dapat mencoba mengubah lebar batasnya. Untuk mengubah lebar batas untuk semua jendela, navigasikan ke HKEY_CURRENT_USERControl PanelDesktopWindowMetrics.

Cari key dengan nama BorderWidth dan klik dua kali di atasnya. Ini diatur ke -15 secara default, tetapi Anda dapat menggunakan angka antara 0 hingga 50 untuk mengatur lebarnya. Ubah angka untuk menemukan lebar yang Anda rasa nyaman.

Registri Editor Adalah Alat Yang Kuat

Registry Editor dapat menyelesaikan hal-hal yang tidak mungkin dilakukan melalui pengaturan bawaan di Windows. Tweak ini berfungsi pada semua versi Windows, termasuk Windows 10 Home. Anda juga dapat melakukan banyak penyesuaian ini menggunakan Windows Group Policy, tetapi opsi ini hanya tersedia untuk mereka yang memiliki Windows 10 Education, Professional, atau Enterprise.

Source link

  • Bagikan
Positive SSL