6 Aplikasi Terbaik Untuk Penulisan Buku/Book Writing di iPhone

  • Bagikan
1a7584b2 capture 2021 07 28 13 35 56 471


Buat tugas menulis buku Anda lebih mudah dengan aplikasi ini untuk iPhone dan iPad Anda.

Penulisan buku dulunya merupakan bisnis yang sangat sulit untuk dilakukan, seringkali lebih banyak tentang siapa yang Anda ketahui daripada apa yang Anda ketahui.

Yah, itu masih sulit, tetapi tidak sesulit itu. Yang membuatnya lebih mudah adalah aplikasi penulisan buku, yang dapat membantu Anda merencanakan cerita atau memiliki tempat untuk menulis dan mendapatkan panduan tentang konten Anda.

Scrivener 

Scrivener adalah aplikasi yang sangat komprehensif yang bertujuan untuk membantu penulis sebanyak mungkin. Dengan UI (antarmuka pengguna) yang membuat menyeret dan menjatuhkan menjadi ramah dan sederhana, Scrivener memungkinkan Anda untuk mengerjakan setiap bagian dari buku Anda dan bahkan beralih di sekitar tempat bab ditempatkan.

Anda dapat menempatkan komentar, catatan kaki, tautan, dan sorotan pada teks yang dipilih, menyisipkan gambar, melihat jumlah kata dan karakter Anda, dan mengimpor file PDF dan media. Aplikasi ini menggunakan Dropbox untuk mempercepat dan memudahkan pemindahan naskah antar perangkat yang berbeda.

Anda dapat mengekspor ke berbagai format, bahkan mengekspor ke folder terkompresi ZIP. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar dari versi sebelumnya sehingga Anda dapat membandingkan silang setelah melakukan perubahan; yang sangat berguna jika Anda berjuang untuk menyelesaikan bab tertentu dan memiliki banyak ide tentang bagaimana kelanjutannya.

LivingWriter

LivingWriter adalah aplikasi yang cukup sederhana dengan UI yang menyenangkan dan ramping. Hal ini memungkinkan Anda untuk menulis cerita Anda dan membuat catatan untuk membantu cerita Anda. Saat berada di dalam proyek cerita, Anda dapat menulis Story Notes, Story Elements, Chapter Goals, Story Goals, dan banyak lagi. Aplikasi ini membuat pengeksporan ke PDF dan Word menjadi cepat dan sederhana, artinya Anda dapat menambahkan cerita saat bepergian jika Anda memikirkan sebuah ide, lalu mengekspornya ke Word untuk melanjutkan di perangkat lain saat kembali ke rumah.

Aplikasi ini bahkan memungkinkan Anda untuk menambahkan Cover Image ke cerita, yang merupakan sentuhan bagus yang membantu estetika cerita yang berbeda. Dibandingkan dengan aplikasi penulisan lain dalam daftar, LivingWriter dapat dilihat sebagai aplikasi yang sedikit sederhana, tetapi kekuatannya terletak pada betapa mudahnya membuat tujuan Anda untuk cerita. Opsi pemformatannya cukup komprehensif untuk memberi Anda semua yang Anda butuhkan saat menulis buku melalui ponsel Anda.

Baca Juga :  Perbedaan Semua Seri iPhone 13 – Mana yang Pas Buat Kamu?

Story Planner for Writers

Menemukan ide untuk cerita, atau bahkan hanya bab individual, bisa jadi sulit bahkan bagi penulis terhebat sekalipun. Story Planner for Writers bertujuan untuk mempermudah Anda melalui fitur garis besar yang intuitif.

Aplikasi ini memiliki bagian khusus untuk menguraikan karakter dan lokasi. Bahkan memungkinkan Anda untuk menambahkan gambar untuk meningkatkan estetika dan membantu Anda masuk ke zona tersebut. Melalui fitur kode warna, Anda dapat memisahkan garis plot untuk membantu menjaganya tetap lurus di kepala Anda.

Fitur Progress Bar membantu Anda memastikan Anda tetap cukup produktif setiap hari, disesuaikan dengan hasil yang Anda inginkan. Ini juga menawarkan statistik yang membantu mengilustrasikan melalui data bagaimana cerita Anda bekerja.

Writer Assistant (Wassi)

Writer Assistant (Wassi) bekerja hampir sama dengan Story Planner for Writers, tetapi meskipun tidak memiliki banyak fitur seperti yang terakhir, ia memiliki versi gratis dan memiliki cukup banyak fitur untuk berguna.

Melalui menu atas, Anda dapat mengerjakan berbagai aspek proyek dengan tab untuk Characters, Locations, Stories dan sebagainya. Dan, pada setiap tab, apa pun yang sedang Anda kerjakan akan dipecah menjadi tab lebih lanjut yang dapat membantu Anda menyempurnakan lokasi atau karakter.

Writer Assistant memungkinkan Anda untuk Save and restore backups, dan Anda juga dapat export to PDF, serta mengubah tema aplikasi agar terlihat seperti yang Anda inginkan. Fitur tambahan ini berguna jika Anda bekerja di perangkat lain dan ingin merencanakan cerita Anda di aplikasi dan kemudian mentransfernya ke perangkat lain untuk mulai menulisnya.

Aplikasi ini sangat bagus untuk merencanakan cerita Anda dan memahami berbagai aspek dari semuanya plot, karakter, lokasi, dan sebagainya. Cara menguraikan semuanya dapat membantu membuat jus kreatif Anda mengalir dan menyederhanakan tugas merencanakan novel Anda jika Anda kesulitan untuk memulai.

Ulysses

Ulysses adalah salah satu aplikasi penulisan buku paling populer, dan untuk alasan yang bagus. Dengan UI yang ramping dan sangat responsif serta desain yang didasarkan pada kesederhanaan, Anda dapat langsung membuat konten dan mengkhawatirkan detailnya nanti.

Melalui Spreadsheet, Anda dapat menulis cerita yang berbeda melalui aplikasi dan dapat mengaturnya untuk disinkronkan melalui iCloud. Ulysses memudahkan sinkronisasi ke iPad atau Mac Anda, artinya Anda dapat menggunakan aplikasi saat bepergian untuk menambahkan beberapa ide atau menulis beberapa cerita Anda, lalu melanjutkan di layar yang lebih besar saat Anda kembali ke rumah.

Baca Juga :  Sempat Turun, Kecepatan Internet Indonesia Kembali Pulih Setelah Perbaikan Infrastruktur

Pada editor teks, Anda dapat menambahkan Headings, Dividers, Blockquotes, dan lainnya melalui menu hamburger. Pada tab Formatting, Anda dapat menambahkan Annotation, Videos, Footnotes, dan Comments di antara yang lainnya.

Fitur Ulysses yang paling mengesankan adalah Revision Mode, yang memberikan saran tentang cara meningkatkan teks Anda seperti ejaan, tata bahasa, redundansi kata, dan tipografi. Umpan balik ini bermanfaat bagi penulis dari semua tingkat keahlian. Terakhir, aplikasi ini tersedia dalam lebih dari 20 bahasa jadi kemungkinan besar aplikasi ini dapat diakses oleh Anda.

Unduh: Ulysses (Gratis, berlangganan tersedia)

Storyist 4

Storyist 4 juga merupakan aplikasi menulis yang sangat populer dan untuk alasan yang bagus. Ini menggabungkan prinsip-prinsip aplikasi lain yang ditampilkan (perencanaan buku vs penulisan buku) dengan cara yang terasa alami dan sederhana.

Saat membuat proyek, Anda dapat mengerjakan naskah yang sebenarnya dan langsung menulis cerita, atau Anda dapat meluangkan waktu untuk menguraikan Characters dan Settings. Anda juga dapat menambahkan Images. Template novel memudahkan Anda untuk memulai, terutama jika Anda mengalami hambatan penulis atau merasa kewalahan. Meskipun templat Characters dan Settings sedikit lebih sederhana daripada Perencana Cerita untuk Penulis dan Asisten Penulis, faktanya Anda dapat merencanakan atau menulis semuanya di Storyist menjadikannya alat yang sangat nyaman dan membantu.

Storyist juga menawarkan banyak opsi pemformatan dan pembagian untuk teks Anda, tetapi mereka bisa sedikit sulit ditemukan untuk pemula, karena ditampilkan dalam sub-menu dari menu yang sudah membengkak. Ini adalah sesuatu yang akan mengurangi dampak Anda saat Anda menjadi lebih mengenal perangkat lunak.

Tulis Dengan Benar

Aplikasi apa pun yang membantu Anda menulis buku layak untuk dilihat, dan enam fitur ini akan membantu Anda dengan perencanaan dan proses penulisan yang sebenarnya. Sementara tanggung jawab masih ada pada Anda untuk membuat cerita pembunuh, aplikasi ini akan membantu Anda dalam proses dan membantu membuat Anda menjadi penulis yang lebih baik.





Source link

  • Bagikan
Positive SSL