Suga BTS Ngaku Tidak Suka Dengan Sistem Industri Musik Korea, Ini Reaksi Netizen

  • Bagikan
a88d232a suga weverse


Suga BTS mengaku tidak suka dengan sistem di industri musik Korea Selatan.

Hal itu diungkapkan oleh personel BTS ini melalui wawancara bersama Weverse Magazine yang dirilis pada hari Sabtu (31/07).

Salah satu pertanyaan berbunyi, “Tidak berlebihan kalau mengatakan bahwa kau telah mencapai sebagian besar hal yang kau inginkan sebagai seorang seniman di industri musik. Menurutmu, langkah apa yang perlu dilakukan oleh artis yang ingin mengikuti jejak BTS?”

Menanggapi pertanyaan tersebut, Suga menjawab, “Cara penyanyi (di Korea) bekerja tampaknya sangat sulit. Mereka tampil di acara musik yang berbeda setiap hari setelah masa promosi dimulai, yang berarti kelelahan yang dihadapi artis sangat besar, dan kelelahan itu sering mengakibatkan cedera.”

“Pertunjukan musik semacam itu dilakukan untuk tujuan promosi, jadi artis tidak bisa mendapatkan penghasilan yang layak dari situ. Selain itu, terlepas dari semua promosi, tidak ada hasil yang terlihat, jadi mereka pasti kehilangan semangat.”

“Jika memungkinkan, akan menyenangkan jika hanya memiliki satu pertunjukan yang benar-benar berkualitas tinggi, meskipun hanya satu, tetapi dalam lingkungan ini aku akan mengatakan itu cukup sulit. Dan karena pekerjaan kami tidak sesuai dengan pandangan umum terhadap pekerjaan, ada batasan yang ambigu dalam hal perlindungan hukum juga. Kita memerlukan banyak perbaikan pada industri dan sistemnya,” ungkap sang idol.

Baca Juga :  Lucunya Jimin BTS Minta Maaf Pada Son Heung Min Hingga Di-notice Tottenham Hotspur F.C.

Mendengar pernyataan tersebut, netizen Korea di situs theqoo berkomentar:

“Sebagai penggemar, aku merasa tersentuh dan aku mendukungnya seumur hidupku. Ini pertama kalinya aku melihat idol punya mindset seperti itu. Aku benar-benar bangga dengan idolaku,”

“Ia benar. Aku senang jika grup favoritku tampil di program musik, tapi sangat disayangkan karena mereka mengabaikan tubuh mereka sendiri, apalagi kalau mereka sampai cedera, program musik tidak akan memberikan kompensasi apa-apa kepada mereka,”

“Itu benar, grup harus berkumpul sejak dini hari dan mereka tidak tahu kenapa mereka harus menonton idol lain untuk melakukan geladi,”

“Ia benar, bagaimana pihak televisi memanfaatkan keuntungan mereka dari program musik?”

“Penyanyi seperti BTS harus mengatakan hal-hal seperti ini, sehingga penyanyi junior bisa merasakan manfaatnya,” dan berbagai komentar lainnya. (K-pop)



k-pop chart

  • Bagikan
Positive SSL