Review OPPO Enco Air – Jernih Untuk Telepon, Asik Buat Hiburan

  • Bagikan
518e7f25 oppo enco air feature 1

Review OPPO Enco Air Feature

Cakrawalarafflesia – Untuk menambah portofolio perangkat AIoT (Artificial Intelligence dan Internet of Things) di Indonesia, OPPO telah meluncurkan earphone TWS (True Wireless Stereo) yang bernama OPPO Enco Air.

Sebagai earphone TWS yang hadir di tahun 2021, OPPO Enco Air hadir dengan beragam fitur dan kualitas suara yang baik untuk menunjang aktivitas sehari-hari maupun hiburan dari penggunanya.

OPPO Enco Air juga dibekali dengan casing bawaan yang berguna sebagai tempat penyimpanan sekaligus pengisi daya baterainya. Dengan harga yang hanya mencapai Rp 999.000, apakah earphone TWS ini mampu bersaing dengan produk lainnya di Indonesia? Untuk mendapatkan jawabannya, kamu dapat melihat ulasan lengkapnya sebagai berikut ini.

Review OPPO Enco Air
  • Audio – 8/10
  • Baterai – 7/10
  • Fitur – 9/10
  • Desain – 8/10

8/10

Kesimpulan

OPPO Enco Air merupakan earphone TWS (True Wireless Stereo) yang mempunyai beragam fitur menarik mulai dari driver 12mm, power booster, AI Noise Cancellation for Calls, dan Gesture.

Pros

  • Audio jernih dan bass lantang
  • Desain semi in-ear ergonomis
  • Gesture untuk berbagai fungsi
  • IPX4 Tahan Cipratan Air
  • Panggilan telepon minim noise

Cons

  • Noise Cancellation hanya untuk panggilan telepon

Secara kasat mata, OPPO Enco Air menggunakan desain semi in-ear yang ergonomis dan sudah disesuaikan dengan telinga banyak orang. Pada saat saya memakainya, perangkat ini dapat tersemat dengan pas di telinga kiri dan kanan.

OPPO-Enco-Air-HandsOn

Pada saat saya melakukan aktivitas yang membutuhkan bergerak, OPPO Enco Air dapat tersemat dengan kokoh di telinga tanpa takut akan terjatuh. Bobot earbud kiri dan kanan yang mencapai 40,4 gram membuat OPPO Enco Air terasa ringan ketika digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Berkat dukungan driver dinamis titanium-komposit 12nm dan power bass booster, OPPO Enco Air dapat menghasilkan suara yang jernih didukung dengan bass lantang ketika saya mendengarkan musik, menonton video, maupun memainkan game.

Baca Juga :  Tadinya Pabrik Ponsel, LG Sulap jadi Produksi Alat Rumah Tangga

OPPO Enco Air Dual Close Up

Terdapat juga fitur Game Mode yang memungkinkan OPPO Enco Air memiliki latensi yang rendah ketika memainkan game di handphone atau perangkat mobile. Saya sendiri merasa Game Mode dapat membuat suara game yang dikeluarkan menjadi lebih responsif dibandingkan menggunakan mode biasa.

Produk ini pun hadir dengan dukungan AI-Powered Noise Cancellation for Calls sehingga mampu meminimalisir kebisingan atau mengurangi suara noise lingkungan sekitar ketika saya sedang melakukan panggilan telepon dengan orang lain.

Fitur peredam bising ini memanfaatkan dua mikrofon yang hadir pada setiap earbuds sehingga mampu panggilan telepon terdengar jernih dengan minim gangguan suara sekitar.

OPPO Enco Air Wear

Kualitas panggilan telepon pun semakin baik berkat hadirnya algoritma Audio Binaural Berbasis Deep Neural Network yang mampu secara otomatis mengambil suara pengguna dan menjernihkannya sehingga percakapan dapat berlangsung dengan baik.

Namun perlu dicatat bahwa fitur noise cancellation tersebut hanya berfungsi ketika sedang melakukan panggilan telepon. Fitur ini tidak akan aktif apabila menggunakan OPPO Enco Air untuk menonton video, mendengarkan musik, atau menjalankan konten game.

Menariknya lagi, OPPO Enco Air sudah dibekali dengan fitur untuk menjalankan perintah tertentu menggunakan gesture. Saya dapat mengatur ketukan dua kali (Double Tap) bagian pinggir earbuds kiri atau kanan untuk memainkan atau menghentikan lagu, menjalankan lagu sebelum atau selanjutnya, atau mengaktifkan Google Assistant.

OPPO Enco Air Gesture

Sementara ketukan tiga kali (Triple Tap) di bagan pinggir dapat diatur untuk mengaktifkan Google Assistant atau Game Mode. Saya juga dapat mengatur naik turunnya volume suara dengan gesture menekan dan menahan bagian pinggir earbuds kiri atau kanan.

Pada handphone OPPO, OnePlus, maupun realme, fitur gesture ini dapat diatur pada menu setelan OPPO Enco Air yang ada di menu Bluetooth. Sementara untuk handphone OPPO generasi lama atau Android lainnya perlu install aplikasi HeyMelody dari Google Play Store agar bisa mengatur gesture tersebut.

OPPO Enco Air Front Open

Casing bawaan dari OPPO Enco Air berbentuk oval dengan penutup berwarna transparan sehingga membuatnya terlihat menarik. Sementara warna bodi casing mengikuti warna earphone yang meliputi pilihan putih atau hitam.

Baca Juga :  HP Luncurkan Dua Program Baru untuk Dukung Pendidikan di Indonesia

Hadirnya casing bawaan membuat OPPO Enco Air terlindung ketika sedang dibawa kemana-mana. Tak hanya itu saja, casing akan mengisi daya baterai earphone ketika sedang berada di dalam casing bawaannya.

Berbekal baterai 25mAh, masing-masing earbuds mampu bertahan selama 4 jam 26 menit ketika digunakan untuk mendengarkan musik secara nonstop dari kondisi 100% ke 10% dengan tingkat volume 50%.

OPPO Enco Air Battery

Sementara berkat casing bawaannya yang mempunyai baterai 440mAh, OPPO Enco Air mampu memiliki daya tahan baterai total mencapai 24 jam. Untuk membuat baterai earbuds kiri dan kanannya terisi 100%, saya cukup mengisinya di casing bawaan selama 1,5 jam.

OPPO Enco Air pun telah dibekali sertifikat IPX4 yang tahan terhadap cipratan air dan keringat sehingga dapat digunakan untuk aktivitas outdoor dan olahraga yang terkadang menghasilkan keringat atau tidak sengaja tetesan air hujan.

Setelah pemakaian beberapa minggu, saya merasa bahwa OPPO Enco Air dapat menunjang aktivitas pekerjaan maupun hiburan saya. Apalagi perangkat ini dapat menghasilkan suara yang jernih ditambah bass yang lantang sehingga dapat memanjakan telinga saya ketika sedang menonton video maupun mendengarkan musik.

OPPO Enco Air Close Up

Desainnya yang ergonomis membuatnya nyaman untuk disematkan di telinga, baik pada aktivitas indoor maupun outdoor. Proses penghubungan antara OPPO Enco Air dengan handphone pun terasa cepat.

Fitur Noise Cancellation ketika saya melakukan percakapan telepon dengan orang lain mampu meminimalisir gangguan suara sekitar. Namun fitur tersebut tidak hadir ketika saya menikmati konten hiburan atau memainkan game sehingga terkadang suara lingkungan sekitar masih terdengar.

Meskipun masih memiliki kekurangan, namun fitur-fitur yang ditawarkan oleh OPPO Enco Air terbilang masih lebih banyak. Hal ini pun membuat earphone TWS ini mampu bersaing dengan produk lainnya di kisaran harga yang sama di Indonesia.

gadget trend

  • Bagikan
Positive SSL