Kerusakan Trafo Jadi Penyebab Padamnya Listrik Sebagian Wilayah Kepahiang Lebih Dari 12 Jam

  • Bagikan
9a720bae listrik 1068x631 1

KepahiangPadamnya aliran listrik di beberapa wilayah dalam Kecamatan kepahiang pada Senin (26/7/2021) sempat menuai banyak pertanyaan. Bukan hanya 1 atau 2 jam saja melainkan lebih dari 12 Jam. (dalam pantauan Cakrawalarafflesia.com Listrik mulai padam Senin (26/7/2021) Pukul 13.00 WIB dan baru hidup Selasa (27/7/2021) pukul 03.00 WIB.

Setelah memakan waktu yang cukup lama, PLN ULP Kepahiang yang bekerja keras mencari titik kerusakan, akhirnya menemukan kalau trafo yang berlokasi di Kelurahan Dusun Kepahiang yang menjadi penyebabnya.

“Iya benar, terjadinya gangguan pada jaringan listrik kemarin disebabkan oleh kerusakan pada trafo di Kelurahan Dusun Kepahiang,” ujar Mannager PLN ULP Kepahiang, Hendra Kusuma melalui Supervisor Teknik, Andi, Selasa (27/07/21) pagi melansir Radarkepahiang.

Lebih lanjut dijelaskannya, upaya perbaikan dilakukan PLN ULP Kepahiang berlangsung hampir 15 jam. Terhitung sejak pukul 13.00 WIB, perbaikan baru tuntas dilakukan pukul 03.48 WIB keesokan harinya. Sebab untuk mencari sumber gangguan pada jaringan ini saja, PLN harus menurunkan sedikitnya 4 tim teknik yang masing – masing berbagi wilayah.

“Kita bagi menjadi 4 tim dan masing – masing dibagi – bagi wilayah kerjanya. Ini dilakukan guna mempercepat proses pencarian penyebab gangguannya,” jelas Andi.

Dikatakannya kalau kerusakan yang terjadi, mengakibatkan listrik pelanggan di wilayah Kelurahan Pasar Kepahiang, Kelurahan Pasar Ujung, Kelurahan Padang Lekat, Desa Weskust, Desa Imigrasi Permu, Desa Permu Bawah dan beberapa tempat lainnya mati total. Dilakukan sejak tengah hari, titik kerusakan yang menjadi pemicunya baru berhasil ditemukan sekitar pukul 01.00 WIB.

“Setelah ditemukan, tim langsung melakukan perbaikan dan sekitar pukul 03.00 WIB, lampu berhasil menyala normal kembali,” demikian Andi.

  • Bagikan