Kenapa Bluetooth Nyala Terus Sendiri? Berikut Alasan dan Solusinya

  • Bagikan
08713dff vivo v21 5g half front top

Kenapa Bluetooth Nyala Terus Sendiri - Header

Cakrawalarafflesia – Koneksi Bluetooth terus-menerus menyala sendiri tentu saja dapat menjadi salah satu permasalahan umum yang cukup sering terjadi di kalangan para pengguna perangkat seluler.

Meskipun mempunyai tingkat risiko yang bisa dibilang sangat rendah, masalah ini sayangnya bisa mengganggu saat pemakaian seperti minimal menimbulkan rasa penasaran kenapa hal tersebut bisa terjadi maupun baterai yang lebih cepat terkuras.

Masalah Bluetooth menyala sendiri tentu dapat muncul karena sejumlah penyebab yang mana pengguna satu dengan lainnya bisa saja berbeda. Berdasarkan pantauan kami, berikut beberapa di antaranya sekaligus solusi praktis mengatasinya.

Kenapa Bluetooth Bisa Menyala Terus Sendiri?

Dipakai Meningkatkan Akurasi GPS

  1. Kunjungi halaman Settings
  2. Buka bagian Connections
    Kenapa Bluetooth Nyala Terus Sendiri - 1
  3. Pilih menu Location
    Kenapa Bluetooth Nyala Terus Sendiri - 2
  4. Masuk ke bagian Improve Accuracy
    Kenapa Bluetooth Nyala Terus Sendiri - 3
  5. Cek opsi Bluetooth Scanning
    Kenapa Bluetooth Nyala Terus Sendiri - 4

Untuk mendapatkan informasi mengenai lokasi dengan lebih baik, sejumlah perangkat menerapkan opsi tambahan berupa pemindaian lokasi berdasarkan Access Point atau titik Bluetooth terdekat.

Hal ini tanpa disadari sayangnya dapat menyebabkan konektivitas Bluetooth menyala sendiri saat pengguna menghidupkan perangkat atau ada aplikasi yang sedang menggunakan layanan lokasi.

Untuk menyelesaikannya, pengguna secara sederhana dapat mematikan layanan lokasi (GPS) dengan mengunjungi halaman Settings > Connections lalu mengetuk tombol geser Location ke posisi OFF atau menonaktifkan ikonnya melalui Quick Panel.

Baca Juga :  Diprediksi Hadir Mei, Ini Bocoran Hero dan Skin Anyar Mobile Legends

Namun jika ingin menggunakan GPS tanpa mengganggu koneksi Bluetooth, pengguna pun dapat mematikan opsi Bluetooth Scanning pada halaman Settings seperti dijelaskan sebelumnya yang mana penamaan dan peletakan bisa berbeda untuk setiap perangkat.

Ada Aplikasi yang Mengaksesnya di Belakang Layar

Selain berkaitan dengan geolokasi, sejumlah layanan termasuk aplikasi berbagi berkas data seperti SHAREit atau Files by Google pun kadang kala perlu memanfaatkan koneksi Bluetooth secara langsung saat beroperasi.

Bluetooth yang menyala sendiri pun bisa terjadi ketika aplikasi-aplikasi tersebut sedang berjalan baik saat sedang dibuka dan digunakan oleh pengguna maupun di belakang layar.

Menyetop secara paksa proses aplikasi-aplikasi tersebut melalui halaman Settings > Apps (App Management) > aplikasi yang dimaksud lalu memilih opsi Force Stop tentu dapat menjadi salah satu solusinya.

Kenapa Bluetooth Nyala Terus Sendiri - 5

Namun perlu diingat, masalah ini pun bisa muncul karena bug dari aplikasi itu sendiri sehingga pengguna pun kadang kala perlu memperbaruinya ke versi paling mutakhir atau install varian yang lebih lama.

Kesalahan Pengaturan Konektivitas

  1. Ketuk peluncur halaman Settings dari daftar aplikasi
  2. Masuk ke General Management atau System sesuai perangkat yang digunakan
    Kenapa Bluetooth Nyala Terus Sendiri - 6
  3. Cari dan buka menu Reset atau Reset options
    Kenapa Bluetooth Nyala Terus Sendiri - 7
  4. Klik opsi Reset network settings
    Kenapa Bluetooth Nyala Terus Sendiri - 8
  5. Kemudian klik tombol Reset Settings
    Kenapa Bluetooth Nyala Terus Sendiri - 9
  6. Konfirmasi dengan tombol jika diperlukan

Mengembalikan setelan konektivitas ke kondisi awal seperti langkah-langkah di atas merupakan sebuah cara untuk memastikan bahwa perangkat berjalan dengan pengaturan yang sesuai.

Baca Juga :  Penjelajah NASA Curiosity Deteksi Keberadaan Sumber Gas Metana

Hal tersebut perlu dilakukan karena beberapa permasalahan termasuk bluetooth menyala sendiri juga sering kali terjadi sebagai akibat dari kesalahan-kesalahan pengaturan konektivitas di dalam perangkat.

Hanya saja jika kesulitan menemukan pengaturan konektivitas di dalam sebuah perangkat di mana masing-masing mempunyai pengaturan dan penempatan sendiri, pengguna dapat memanfaat fitur pencarian di halaman Settings dengan memasukkan kata kunci Reset atau Atur Ulang sesuai bahasa yang digunakan.

Penumpukan Data di Bluetooth

  1. Buka Settings
  2. Masuk ke Apps (App Management)
    Kenapa Bluetooth Nyala Terus Sendiri - 10
  3. Klik More Options (ikon titik tiga)
  4. Pilih opsi Show system apps
    Kenapa Bluetooth Nyala Terus Sendiri - 11
  5. Cari dan pilih Bluetooth
    Kenapa Bluetooth Nyala Terus Sendiri - 12
  6. Buka bagian Storage
    Kenapa Bluetooth Nyala Terus Sendiri - 13
  7. Ketuk tombol Clear Data
    Kenapa Bluetooth Nyala Terus Sendiri - 14

Menumpuknya data di dalam layanan Bluetooth juga sering menjadi penyebab sejumlah permasalahan termasuk kenapa perangkat konektivitas itu dapat menyala sendiri secara terus-menerus.

Membersihkan data dengan menggunakan metode di atas (bisa berbeda karena tergantung antarmuka sistem di perangkat yang dimiliki pengguna) tentu dapat mengatasi masalah Bluetooth menyala sendiri akibat hal tersebut.

Bug Sistem Operasi

Semua aktivitas di dalam sebuah perangkat tentu tidak akan terlepas dari sistem operasi itu sendiri. Oleh karenanya jika terdapat bug dalam pengembangan, sejumlah permasalahan pun bisa muncul begitu saja.

Aktivitas Bluetooth yang menyala sendiri secara terus-menerus juga bisa terjadi karena masalah tersebut. Hal ini umumnya bisa ditandai dengan banyak pengguna yang mengeluhkan hal sama di jejaring media sosial.

Memperbarui sistem operasi tentu perlu dilakukan agar bisa menyelesaikan masalah tersebut. Kalau belum ada versi baru, maka sabar menunggu menjadi salah satu hal penting yang tak boleh dilupakan.

gadget trend

  • Bagikan
Positive SSL