Kesiapan BOR, Empat RS Sumsel Sudah Capai 100 Persen – cakrawalarafflesia

  • Bagikan
7b146fc2


cakrawalarafflesia, PALEMBANG – Ada empat rumah sakit di Sumatera Selatan yang tercatat sudah capai 100 persen untuk Bed Occupancy Ratio (BOR), atau keterisian tempat tidur penanganan Covid-19. Empat rumah sakit tersebut, yakni RS AK Gani Palembang, RS Bhayangkara Palembang, RSUD Sobirin Musi Rawas dan RS Siloam Lubuklinggau.

“Secara keseluruhan BOR di Sumsel capaiannya 74 persen. Untuk Lubuklinggau, saya sudah komunikasikan dengan Walikotanya untuk berkoordinasi dengan pemda sekitar, baik Empat Lawang dan Lahat,” ungkap Deru, Sabtu (24/7).

Namun untuk di Palembang, Pemprov Sumsel mensupport melalui membuka Wisma Atlet Jakabaring dan Asrama Haji Palembang, yang jumlah totalnya mencapai 1.000 kamar lebih. Hal itu dilakukan Pemprov Sumsel agar penanganan pasien covid 19 dapat segera ditangani dengan cepat tanpa ada kendala.

Baca Juga :  JPU Hadirkan Dua Saksi Tambahan – cakrawalarafflesia

“Sumsel beruntung karena kita sudah menyiapkan tiga tower Wisma Atlet dan tiga tower di Asrama Haji untuk tempat isolasi Covid-19. Jika kurang, kita akan menggunakan semua tempat tidur di Wisma Atlet untuk penanganan Covid-19. Bukan hanya tempat isolasi Covid-19, kita juga menyiapkan sarana dan prasarana serta fasilitas, seperti makan gratis dan sebagainya,” katanya.

Deru menegaskan pihaknya sudah meminta kepada pemerintah daerah untuk menyiapkan tempat isolasi tambahan. Utamanya kepada empat daerah yang masuk PPKM Level IV. Penambahan tempat isolasi ini diperlukan untuk mengantisipasi penambahan kasus yang terjadi di daerah tersebut.

Baca Juga :  Pemkot Bangun RTH, ini Lokasinya... – cakrawalarafflesia

“Saya sudah instruksikan untuk siapkan tempat isolasi tambahan. Juga sudah meminta rumah sakit baik negeri ataupun swasta agar menyediakan fasilitas kesehatan penanganan Covid-19,” terangnya.

Sementara itu, Deru juga menyampaikan, Wilayah Sumatera Selatan sampai dengan saat ini tidak termasuk wilayah dengan angka kasus kematian covid 19 terbanyak. Berbeda dengan wilayah yang ada di Indonesia yang tingkat kasus kematiannya masih tinngi disebabkan covid 19.

“Kabar gembira untuk kita semua, karena Sumsel tidak termsuk wilayah yang tingkat kasus kematiannya tinggi dikarenakan covid 19, artinya tingkat kewaspadaan dan kesehatan masyarakat Sumsel masih tinggi,” pungkasnya. (edy)





Melansir Sumeks co

  • Bagikan
Positive SSL