Pengelolaan Ban Jadi Kunci Kesuksesan Fabio Quartararo di MotoGP 2021

  • Bagikan
326e2b04 pengelolaan ban jadi kunci kesuksesan fabio quartararo di motogp 2021


Ligaolahraga.com –

Berita MotoGP: Fabio Quartararo disebut sebagai salah satu pebalap yang mampu melakukan manajemen ban dengan baik saat balapan sehingga sukses tampil impresif di MotoGP 2021.

Fabio Quartararo berhasil menunjukkan performa impresif di MotoGP 2021 hingga paruh pertama kompetisi berakhir. Quartararo telah mencatatkan enam podium dengan empat kemenangan dari total sembilan balapan yang sudah digelar.

Hasil tersebut pun membawa rider asal Prancis itu menjadi juara pada paruh musim MotoGP 2021. Ia memuncaki klasemen setelah mengumpulkan 156 poin.

Manajemen ban disebut sebagai salah satu faktor yang membuat ia tampil begitu dominan pada musim ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Bos Michelin, pemasok ban tunggal MotoGP, Piero Taramasso.

Baca Juga :  Tetap Latihan Keras, Valentino Rossi Belum Kelihatan Ingin Pensiun

Taramasso menyebut pebalap berjuluk El Diablo itu mampu menentukan kapan dirinya harus tampil agresif atau mengurangi ritme balap untuk mencegah ban habis terlalu cepat.

“Fabio Quartararo tahu bagaimana cara tampil agresif untuk menghasilkan temperatur (optimal) pada ban,” kata Taramasso, dilansir dari Tuttomotoriweb.

“Dia juga tahu kapan melaju dengan lembut untuk mengontrol tingkat keausan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia juga mengakui kepandaian Quartararo dalam hal menentukan strategi ban motor.

“Quartararo memiliki pengetahuan tentang situasi tersebut,” ia menjelaskan.

“Saya ingat pada musim perdananya di MotoGP dia mengejutkan saya saat mengganti gigi sebelum mengurangi agresivitas dengan bannya,” lanjutnya.

Baca Juga :  Takut Covid-19, Suzuki dan Yamaha Pilih Bertahan di Qatar

Kepandaian Quartararo dalam mengelola ban mengingatkan Taramasso kepada pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. Pebalap yang sempat mendominasi MotoGP itu juga dipandang memiliki kemampuan yang serupa.

Hal itulah yang membuat keduanya mampu tampil kompetitif dengan seluruh jenis kompon ban.

“Seperti Marc Marquez, dia mampu menggunakan semua jenis ban, sesuatu yang tidak bisa dilakukan pebalap seperti Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa,” ujar Taramasso.

Fabio Quartararo dan Marc Marquez akan kembali mengaspal di seri balapan ke-10, MotoGP Styria yang dijadwalkan akan bergulir pada 6-8 Agustus mendatang.

Artikel Tag: Fabio Quartararo, MotoGP 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/pengelolaan-ban-jadi-kunci-kesuksesan-fabio-quartararo-di-motogp-2021





Source link

  • Bagikan