Apa Itu Kuota Nasional Telkomsel? Ini Penjelasan dan Cara Mengeceknya

  • Bagikan
6c755906 apa itu kuota nonton lokal telkomsel header

Apa Itu Kuota Nasional Telkomsel Header

Cakrawalarafflesia – Dalam rangka memasarkan sejumlah produk miliknya, Telkomsel pun  menerapkan sistem pembagian data yang salah satu di antaranya tercatat bernama kuota nasional.

Jenis data yang muncul di berbagai macam produk internet berbasis kuota ini uniknya mempunyai ketentuan pemakaian lebih sederhana sehingga para pelanggan dapat memanfaatkannya secara mudah.

Berbeda dengan kuota lokal, aplikasi, nonton lokal, maupun belajar yang sering disediakan sebagai bonus kuota, pelanggan dapat memanfaatkan jenis data milik Telkomsel ini tanpa perlu memasang aplikasi atau menggunakan layanan tertentu.

Meskipun begitu, kuota nasional pun masih mengikuti urutan prioritas pemakaian data yang berlaku unik untuk setiap produk di layanan Telkomsel. Secara khusus, pelanggan bisa membacanya di bagian syarat dan ketentuan yang diberikan.

Supaya mengenalnya secara lebih mendalam, berikut informasi mengenai apa itu kuota nasional yang ditawarkan oleh Telkomsel ke dalam sistem pembagian data di berbagai macam produknya.

Apa Itu Kuota Nasional Telkomsel?

Kuota nasional secara sederhana dapat dianggap sebagai kuota reguler atau utama dari Telkomsel. Para pelanggan dapat menggunakannya untuk mengakses seluruh aplikasi dan layanan kecuali yang diblokir oleh sang operator.

Baca Juga :  MPL Season 7 Pekan Kelima, Ini Hasil Pertandingan Hari Pertama

Sesuai dengan namanya, kuota ini hanya berlaku secara nasional. Pelanggan tidak dapat menggunakannya untuk menelusuri layanan internet ketika berada di luar negeri melainkan hanya di wilayah Indonesia saja.

Namun kabar baiknya, pelanggan dapat memanfaat jenis data ini selama jaringan 2G, 3G, maupun 4G dari operator tersedia sehingga tidak seperti kuota lokal Telkomsel yang terikat dengan lokasi pembelian paket terkait. Secara umum, pemakaiannya pun akan berada di urutan paling akhir dalam skala prioritas pemakaian Telkomsel setelah jenis data lain seperti kuota aplikasi, nonton, maupun lokal.

Pemakaian tersebut tentu tidak berlaku secara mutlak sehingga pelanggan tetap perlu mengecek ketentuan dari paket yang dibeli. Pada paket Combo Sakti misalnya, pemakaian kuota nasional akan menjadi prioritas pertama sebelum unlimited aplikasi.

Seperti yang kami singgung sebelumnya, pelanggan dapat memperoleh jenis data ini dengan membeli paket internet berbasis kuota milik Telkomsel seperti Combo Sakti atau OMG!.

Baca Juga :  Manusia Naga Ditemukan di Tiongkok, Diyakini Kerabat Dekat Kita

Cara Mengecek Kuota Nasional Telkomsel

Menggunakan MyTelkomsel

  1. Jalankan aplikasi MyTelkomsel (install jika belum punya)
  2. Login dengan nomor telepon yang kuotanya ingin dicek
  3. Gunakan tautan yang dikirim melalui SMS maupun email jika diperlukan
  4. Ketuk menu Internet di bawah informasi sisa pulsa
  5. Pada halaman My Package yang terbuka, kuota nasional umumnya ditulis dengan keterangan Internet saja

Selain untuk mengecek kuota nasional, aplikasi MyTelkomsel pun dapat dipakai untuk melihat sisa kuota lain termasuk aplikasi, nonton, hingga belajar. Hanya saja untuk melakukannya, pelanggan memerlukan koneksi internet.

Menggunakan Kode USSD

  1. Buka panel untuk membuat panggilan telepon
  2. Ketik kode *888#
  3. Tekan tombol Panggil
  4. Ketik nomor sesuai dengan opsi Cek Pulsa lalu tekan Kirim
  5. Ketik nomor untuk memilih menu Cek Kuota kemudian ketuk tombol Kirim
  6. Konfirmasi sekali lagi dengan mengetikan nomor untuk Cek Kuota jika diperlukan

Jika berhasil, informasi mengenai paket data yang sedang aktif akan disampaikan melalui sebuah SMS dimana akan memuat keterangan Kuota Internet untuk menunjukkan sisa kuota nasional.

gadget trend

  • Bagikan
Positive SSL