Mengenal Genset, Fungsi, Tips Memilih serta Harga Genset

  • Bagikan
harga Genset DOOSAN 670 kVA
harga Genset DOOSAN 670 kVA

Genset, Fungsi, Kelebihan serta Harga Genset, Seiring berkembangnya teknologi maka semakin berkembang juga kehidupan orang-orang disekitarnya. Jika zaman dahulu masyarakat cenderung terbiasa tidak menggunakan listrik, maka pada zaman kini masyarakat tidak bisa jika tidak ada listrik sehingga listrik menjadi kebutuhan sekunder yang penting Bahkan banyak orang rela merogoh koceknya demi bisa membeli mesin Genset Murah agar tetap dapat beraktivitas dengan baik saat terjadi mati listrik dari PLN.

Fungsi Genset

 fungsi genset dalam kehidupan sehari-hari dilihat dari berbagai sisi dan sudut pandang sebagai berikut :

  1. Sudut pandang ekonomi

Fungsi genset daru segi ekonomi adalah untuk menunjang aktivitas produksi yang menghasilkan di saat PLN sedang melakukan pemadaman. Mislanya ketika sebuah pabrik makanan yang membutuhkan listrik untuk memproduksi makanannya harus berhenti sejenak aktivitasnya karena mati listrik, maka secara ekonomi ia akan mengalami kerugian sekian persen.

Dalam hal ini genset akan membantunya untuk tetap produktif dan menghasilkan meskipun listrik sedang padam sekalipun. Ia tak masalah jika harus mengeluarkan biaya untuk membeli atau merawat mesin genset miliknya untuk usaha, asalkan usahanya dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Hal ini juga terjadi pada sebuah usaha persewaan Play Station dimana akan terjadi kekacauan dan minim pengunjung ketika terjadi pemadaman listrik.

Ia tak bisa memperoleh pendapaatn dari persewaan Play Station tersebut karena listrik mati. Sebaliknya, jika ada mesin genset ia tetap dapat membuka kios persewaannya dan mendapatkan pendapatan.

  1. Sudut pandang kelistrikan

Fungsi genset dari segi kelistrikan adalah mengubah arus DC menjadi arus AC atau sebaliknya yang digunakan untuk menyalakan listrik sesuai dengan rancangan listrik yang ada pada bangunan, gedung, perusahaan atau bahkan rumah yang bersangkutan.

Listrik ini diperoleh dari mesin generator yang melakukan perubahan dari energi mekanik menjadi energy listrik.

  1. Sudut pandang kebutuhan

Dilihat dari sudut pandang kebutuhan, genset memiliki fungsi yang sangat penting. Misalnya ketika Anda sedang mengadakan acara hajatan seperti pernikahan, ulang tahun, sunat dan lain sebagainya, acara tersebut akan kacau ketika listrik padam dari PLN.

Namun disinilah genset berperan untuk ‘menyelamatkan’ acara tersebut, sehingga meskipun mati listrik dari puasat namun acara tetap dapat terlaksana dengan baik sebagaimana mestinya.

  1. Sudut pandang fisika

Genset juga memiliki fungsi dilihat dari sudut pandang fisika, yaitu mampu mengubah tegangan yang dihasilkan dari bahan bakar menjadi energi listrik. Terdapat genset 1 fasa dan genset 3 fasa yang memiliki perbedaan dari segi daya listrik yang dihasilkan.

Genset 1 fasa mengandlak tegangan tinggi dari kutub L ke kutub N yang netral. Sementara itu genset 3 fasa mengandalkan daya lebih besar yang mengalir antara dua kutub yang bertegangan. Genset 3 fasa ini biasanya digunakan dalam penggunaa skala rumah tangga.

Sebelum anda benar-benar memutuskan untuk membeli genset sesuai dengan kebutuhan anda, perlu dipertimbangkan tentang dua hal, yaitu daya dan bentuk. Sesuaikan daya dengan keperluan daya yang anda butuhkan.

Jika genset digunakan untuk mengakomodasi kebutuhan industri memerlukan kapasitas daya yang besar tentu anda harus memastikan daya yang disiapkan oleh genset benar-benar terpenuhi.

Tapi jika anda hanya akan menggunakan genset untuk skala rumah tangga, maka tidak perlu membeli genset yang menghasilkan daya yang besar karena nantinya tidak akan terpakai.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah bentuk. Bentuk harus disesuaikan dengan kondisi penempatan anda. Siapkan ruangan khusus untuk menempatkan genset anda sehingga tidak mengganggu kinerja genset ataupun produktifitas lainnya.

Tips Memilih Genset Yang Bagus Untuk Rumah

Berikut ini, tips-tips memilih genset yang benar. Yaitu :

1. Disesuaikan dengan Kebutuhan Listrik yang dimiliki

Genset Doosan 404 kVA Himoinsa, Tips Memilih Genset Yang Bagus Untuk Rumah serta harga genset
Genset Doosan 404 kVA Himoinsa

Artinya adalah, bahwa dalam tips memilih genset, tentu saja harus sesuai dengan besaran kapasitas yang milik peralatan rumah yang Anda miliki. Lalu, sesuai dengan kebutuhan listrik yang Anda perlukan. Alasannya adalah, karena besaran watt pada setiap peralatan rumah tangga tersebut berbeda-beda. Sehingga, agar pemakaian lebih awet dan tahan lama. Ini menjadi prioritas penting.

2. Pilih Genset yang Rekomended dan Berkualitas

Maksud dari pernyataan pemilihan genet berdasarkan dari jenis yang rekomended serta berkualitas adalah, jika pemilihan tersebut tentu saja telah memiliki tren merek yang diakui. Sehingga, penting bagi pembeli untuk melihat dulu hasil review yang pernah pembeli semula rasakan. Kemudian, carilah garansi yang terpercaya, sehin ga bisa Anda komplain jika ada kesalahan, maupun kerusakan.

3. Pilih Genset Berbahan Bakar Solar

Terakhir, yaitu pilihlah genset dengan bahan bakar solar. Alasannya, karena genset ini memiliki daya tamping watt yang sangat besar. Yaitu, terdiri dari 500, 1000, 1200 watt. Selain itu, keadaan dari genset bahan bakar solar, dapat menampung banyak peralatan listrik dalam kapasitas besar Sehingga, genset ini berbahan bakar awet sekali.

Harga Genset

Harga genset sangatlah beragam, Anda dapat menemukan genset mulai harga satu jutaan hingga puluhan bahkan ratusan juta sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan.

Merek Genset

Mitsubishi 2284 kVA HimoinsaSpesifikasi
Yanmar 42 kVA HimoinsaSpesifikasi
Kubota 40 kVA Austin PowerSpesifikasi
Doosan 747 kVA HimoinsaSpesifikasi
Perkins 2200 kVA Austin PowerSpesifikasi
Cummins 1500 kVA Austin PowerSpesifikasi
FPT Iveco 250 kVA HimoinsaSpesifikasi
FPT Iveco 200 kVA HimoinsaSpesifikasi
FPT Iveco 173 kVASpesifikasi
FPT Iveco 153 kVA HimoinsaSpesifikasi

Rekomendasi Tempat Pembelian Website

Belakangan ini pun makin banyak toko genset yang yang dapat anda temukan baik online maupun offline. Namun pada artikel ini kami akan memberikan rekomendasi tempat pembelian Genset Bach Group.

PT. BACH MULTI GLOBAL (BMG) merupakan perusahaan Distributor Genset yang memiliki Brand AUSTIN POWER dan HIMOINSA yang sudah banyak digunakan di berbagai industri antara lain : Tambang batu bara, Kebun Kelapa Sawit, Hotel, Mall, Apartement, BUMN, Pabrik, Bank, Universitas, Restaurant, dan banyak lainnya.

BMG yang telah berdiri hampir dua dekade menjadi salah satu distributor genset terbesar di Indonesia yang memiliki keunggulan Kualitas Produk, Layanan Profesional serta Harga Genset Terbaik.

Untuk melihat tipe-tipe Genset serta Harga Genset Austin Power dan Himonesia Anda Dapat langsung mengunjungi situs resmi PT. BACH MULTI GLOBAL (BMG)

  • Bagikan
Positive SSL