7 Cara Memperbaiki Tombol Print Screen Tidak Berfungsi

  • Bagikan
b5cf9ad0 capture 2021 07 13 12 14 31 429


Apakah tombol Print Screen Anda tidak melakukan apa-apa? Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaikinya.

Tombol Print Screen (PrtScr) adalah salah satu cara tercepat untuk mengambil screenshot di Windows. Namun, jika tombol Print Screen Anda tiba-tiba berhenti berfungsi, ada beberapa perbaikan yang dapat Anda coba.

Tombol Print Screen Anda mungkin telah berhenti berfungsi karena masalah perangkat keras, misalnya, mungkin ada masalah dengan keyboard Anda. Jika ini masalahnya, Anda harus mengganti keyboard Anda.

Untungnya, ada banyak masalah lain yang dapat diperbaiki yang dapat menyebabkan Print Screen berhenti bekerja. Mari kita bicarakan masalah tersebut dan bagaimana Anda dapat memperbaikinya.

Periksa Tombol F-Lock

Tombol F-lock mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi sekunder tombol F1–F12. Keyboard dengan tombol F-lock juga dapat dilengkapi dengan indikator LED untuk memberi sinyal jika F-lock aktif atau nonaktif. Jika aktif, tekan tombol F-lock untuk mematikannya. Periksa apakah Print Screen Anda berfungsi dengan baik sekarang.

Hentikan Program Yang Berjalan di Latar Belakang

Program yang berjalan di latar belakang bisa menjadi penyebab tombol Print Screen Anda tidak berfungsi. Buka Pengelola Tugas Anda dan lihat apakah aplikasi seperti OneDrive, Snippet Tool, atau Dropbox berjalan di latar belakang.

Ini adalah penyebab umum, tetapi aplikasi lain juga dapat menyebabkan masalah. Jika masalah dimulai setelah menginstal aplikasi baru, coba hentikan dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah.

Capture 2021 07 13 12 14 31 429%2B

Jika Anda memiliki dua atau lebih aplikasi yang dicurigai berjalan di latar belakang, hentikan aplikasi tersebut satu per satu untuk melihat mana yang menyebabkan masalah. Untuk menghentikan aplikasi, jalankan Task Manager dengan menekan Ctrl + Shift + Esc, klik kanan pada aplikasi, dan klik End task.

Perbarui Driver Keyboard Anda

Jika sistem Anda memiliki driver keyboard yang salah, rusak, atau kedaluwarsa, ini dapat menyebabkan tombol Print Screen berhenti bekerja. Anda dapat memperbaikinya hanya dengan memperbarui driver.

Capture 2021 07 13 12 14 59 543%2B

Anda dapat memperbarui driver keyboard Anda dari Device Manager.

  • Klik kanan pada tombol Start dan klik Device Manager atau tekan tombol Windows + R, masukkan devmgmt.msc, dan tekan Enter untuk membuka Device Manager.
  • Temukan driver keyboard Anda, klik kanan, dan pilih Update driver.
Baca Juga :  Upload File Dibayar Uang, Sfile.mobi dan Getfile.mobi
Pada layar berikutnya, Anda akan ditanya apakah Anda ingin Windows secara otomatis mencari dan menginstal driver atau menginstalnya dari komputer Anda. Jika Windows tidak dapat menemukan driver, coba unduh driver dari situs web produsen sebelum memilih opsi terakhir. Ada juga beberapa cara lain untuk memperbarui driver Windows jika ini tidak berhasil.

Setelah Anda menginstal driver yang diperbarui, nyalakan ulang komputer untuk melihat apakah tombol Print Screen Anda berfungsi.

Periksa Pengaturan OneDrive Anda

Jika Anda menggunakan OneDrive di PC Anda, periksa apakah OneDrive adalah penyebab tombol Print Screen Anda tidak berfungsi. Ini adalah masalah umum di antara pengguna yang menggunakan layanan penyimpanan cloud Microsoft untuk mencadangkan file mereka.

Capture 2021 07 13 12 15 10 906%2B

Anda dapat melakukan ini dari pengaturan OneDrive. Klik kanan pada ikon OneDrive dari bagian kanan bawah bilah tugas Anda dan klik Settings. Selanjutnya, beralih ke tab Backup.

Di bawah bagian Screenshots, Anda akan melihat kotak centang yang bertuliskan, “Automatically save screenshots I capture to OneDrive.” Pastikan kotak ini dicentang.

Jika kotak sudah dicentang, maka hapus centang dan centang lagi. Sekarang, verifikasi apakah ini menyelesaikan masalah.

Gunakan Troubleshooter Perangkat Keras Windows 10

Windows 10 memiliki pemecah masalah perangkat keras bawaan. Ini termasuk pemecah masalah yang didedikasikan untuk keyboard Anda, yang dapat membantu memperbaiki masalah Print Screen Anda.

  • Tekan tombol Windows dan cari Troubleshoot Settings. Ini akan membuka jendela baru.
  • Di panel kanan, klik Additional troubleshooters dan gulir ke bawah ke Keyboard. Pilih dan klik Run the troubleshooter.
Capture 2021 07 13 12 15 21 977%2B

Ikuti petunjuk di pemecah masalah. Setelah selesai, lihat apakah ini memperbaiki tombol Print Screen Anda.

Bersihkan Boot PC Anda

Jika metode pertama tidak berhasil, Anda dapat mencoba membersihkan boot komputer Anda. Booting bersih akan me-restart Windows seperti biasa tetapi hanya akan memungkinkan driver penting untuk memuat. Ini akan membantu Anda mempersempit penyebab masalah.

Untuk membersihkan boot komputer Anda, tekan Windows + R, ketik msconfig, dan klik OK. Ini akan membuka jendela System Configuration.

Capture 2021 07 13 12 15 33 935%2B

Di bawah tab General, Anda akan melihat dua kotak centang di bawah Selective startup. Hapus centang pada kotak kedua yang bertuliskan Load startup items dan biarkan kotak Load system services dicentang.

Baca Juga :  Diskon Rp 100 Ribu, Flash Sale Tahap Dua POCO X3 Pro Mulai Digelar

Selanjutnya, beralih ke tab Services. Di kiri bawah, Anda akan melihat kotak centang yang bertuliskan Hide all Microsoft services. Centang kotak itu.

Ini akan meninggalkan Anda dengan daftar kecil layanan. Selanjutnya, klik Disable all dan klik OK. Saat Anda me-restart komputer, itu hanya akan boot dengan layanan Microsoft. Coba gunakan tombol Print Screen untuk melihat apakah itu berfungsi sekarang.

Ubah Registri

Anda dapat memodifikasi registri menggunakan Peninjau Registry Editor untuk memperbaiki masalah Print Screen tidak berfungsi. Namun, membuat kesalahan saat memodifikasi registri dapat berdampak buruk pada PC Anda, jadi sebaiknya buat titik Pemulihan Sistem dan buat cadangan file Anda sebelum mencoba perbaikan ini.

  • Untuk membuka Registry Editor, tekan Windows + R dan ketik regedit. Kemudian, klik OK atau tekan Enter.
  • Arahkan ke HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionExplorer.
  • Klik kanan pada folder Explorer, dan pilih New > DWORD dan ubah Value name menjadi ScreenShotIndex. Atur Value data DWORD ke 4 dan klik OK.
  • Selanjutnya, navigasikan ke HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionExplorerUser Shell Folders.
  • Cari string bernama {B7BEDE81-DF94-4682-A7D8-57A52620B86F} dan klik dua kali untuk membukanya.
  • Pastikan bahwa Value data diatur ke %USERPROFILE%PicturesScreenshots.
Capture 2021 07 13 12 15 54 29%2B

Jika Anda tidak dapat menemukan file ini, buat String Value baru seperti kami membuat DWORD, dan gunakan nilai yang disebutkan di atas di bidang Value name dan Value data.

Jika ini tidak berhasil, lihat apakah mengubah bidang Value data untuk DWORD ScreenShotIndex dari 4 menjadi 695 membantu.

Anda Sekarang Tahu Cara Memperbaiki Masalah Print Screen

Print Screen adalah cara cepat dan nyaman untuk mengambil tangkapan layar saat bepergian. Ketika berhenti bekerja, itu membuat frustrasi. Mudah-mudahan, salah satu perbaikan ini berhasil dan menyelesaikan masalah Anda. Jika tidak, Anda mungkin ingin mencoba mencolokkan keyboard lain untuk melihat apakah itu berfungsi.





Source link

  • Bagikan