Presiden Jokowi Luncurkan 300 Ribu Paket Obat Covid Gratis Pekan Ini

  • Bagikan
cfc78441 jokowi 1 169

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meluncurkan pembagian 300 ribu paket obat gratis bagi penderita covid-19 pada minggu ini. Peluncuran paket obat ini lebih cepat dari rencana awal pada minggu depan.

“Peluncuran paket obat gratis tersebut akan dilakukan oleh Bapak Presiden dalam minggu ini,” ujar Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi saat konferensi pers harian PPKM Darurat secara virtual, Selasa (13/7).

Paket obat tersebut akan dibagikan secara bertahap kepada masyarakat. Paket akan diberikan kepada penderita covid-19 yang masuk kategori orang tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan.

Baca Juga :  Valentino Rossi Positif Covid, Espargaro: Tidak Ada Solusi Sempurna Cegah Penyebaran

Rencananya, paket akan disediakan oleh PT Kimia Farma Tbk dengan dukungan Anggota TNI. Selanjutnya, pembagian paket akan dilakukan oleh Bintara Pembina Desa/Samuder/Angkasa (Babinsa).

Selain itu, pembagian juga dibantu oleh Dinas Kesehatan di daerah dan Puskesmas. Untuk mendapatkan paket obat gratis ini, calon penerima perlu menunjukkan hasil positif pemeriksaan covid-19.

Setelah itu, penderita covid-19 juga perlu mengikuti konsultasi online dengan dokter yang tersedia di 11 platform telemedicine. Lalu, dokter akan memberikan resep digital yang kemudian diproses untuk pengiriman obat dari Apotek Kimia Farma ke rumah penerima melalui kurir Sicepat Express.

Baca Juga :  Aplikasi PeduliLindungi Diklaim Aman untuk Data Pribadi

Ada dua paket obat yang disediakan, yaitu Paket A untuk pasien OTG, terdiri dari vitamin C, D, E, dan Zinc. Sementara Paket B untuk pasien dengan gejala ringan berupa multivitamin, parasetamol, azltromisin, dan oseltamivir.

  • Bagikan
Positive SSL