6 Hal Yang Perlu Diperbarui Untuk Menjaga Keamanan Smartphone Anda

  • Bagikan
ccdd3848 capture 2021 07 01 13 27 54 494


Ingin memastikan perangkat Android atau iOS Anda aman? Inilah yang Anda butuhkan untuk tetap up-to-date.

Jika Anda memiliki ponsel cerdas, kemungkinan Anda menggunakannya setiap hari untuk menjelajahi web, melakukan pembayaran, menonton video, dan melakukan lebih banyak hal. Oleh karena itu, menjaga keamanan perangkat Anda adalah tugas penting.

Meskipun sebagian besar ponsel cerdas dan tablet diberdayakan oleh Android atau iOS, ada satu cara umum untuk menjaganya tetap aman memperbarui perangkat lunak dan aplikasi.

Tapi apa sebenarnya yang harus Anda perhatikan? Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perbarui agar OS Anda tetap aman.

Perbarui Sistem Operasi Anda

Dengan ponsel cerdas modern apa pun, Anda harus mengharapkan setidaknya dua tahun pembaruan sistem.

Capture 2021 07 01 13 27 54 494%2B

Jika Anda tidak mendapatkan pembaruan apa pun, Anda telah memilih perangkat yang lebih lama, atau pabrikan tidak memberikan pembaruan apa pun.

Ponsel Android biasanya menyediakan pembaruan selama tiga hingga empat tahun, dengan 1-2 peningkatan versi Android utama dan pembaruan keamanan untuk sisa jangka waktu tersebut.

Dan dengan perangkat iOS, Anda dapat dengan nyaman mengharapkan pembaruan perangkat lunak selama empat hingga lima tahun untuk rilis iOS baru.

Meskipun Anda mendapatkan dukungan perangkat lunak yang layak untuk setiap jenis ponsel cerdas, Anda harus memperbarui perangkat seluler Anda secara teratur agar tetap aman. Bahkan jika ini adalah pembaruan kecil, mungkin ada beberapa perbaikan tersembunyi untuk menjaga keamanan ponsel cerdas Anda.

Beberapa lebih suka menginstal pembaruan nanti atau mengabaikannya sepenuhnya — mungkin karena mereka tidak menyukai pembaruan perangkat lunak baru atau tidak ingin menghadapi bug dan kerusakan yang mengganggu. Itu alasan yang sah, tetapi Anda mempertaruhkan keamanan telepon Anda semakin Anda menunggu.

Baca Juga :  Cara Membuat VPS di Upcloud 2021 Mudah

Jadi Anda harus memprioritaskan memperbarui sistem operasi ponsel cerdas (atau tablet) Anda dan menerapkannya sesegera mungkin.

Perbarui Aplikasi Peramban/Browser

Setiap kali Anda membuka tautan di perangkat, Anda menggunakan browser web yang terpasang di ponsel Anda.

Capture 2021 07 01 13 28 36 906%2B

Jika Anda menggunakan browser web seluler yang tidak aman, aktivitas penjelajahan Anda mungkin rentan terhadap serangan berbahaya.

Bahkan jika Anda tahu apa yang Anda lakukan, tidak memperbarui aplikasi browser dapat membantu penyerang mengeksploitasi kerentanan yang diketahui untuk mengelabui sistem Anda.

Jadi, penting untuk selalu menginstal pembaruan, jika tersedia, untuk browser web Anda.

Perbarui Aplikasi Perbankan & Pembayaran

Anda mungkin memiliki beberapa aplikasi dompet di ponsel Anda untuk melakukan pembelian, menyetor dana, atau menariknya saat dibutuhkan.

Tak ketinggalan, Anda mungkin memiliki aplikasi perbankan atau aplikasi penganggaran untuk mengelola keuangan Anda juga.

Banyak yang lebih suka menerapkan pembaruan yang tersedia untuk aplikasi ini nanti karena dapat merusak pengalaman perbankan atau pembayaran Anda.

Meskipun semuanya akan berfungsi bahkan jika Anda tidak memperbaruinya, itu menimbulkan ancaman keamanan yang serius.

Memperbarui mereka ke versi terbaru yang tersedia memastikan bahwa Anda terlindungi dengan baik.

Perbarui Aplikasi keyboard 

Banyak pengguna ponsel cerdas mengabaikan peran aplikasi keyboard dalam melindungi privasi dan keamanan.

Mengingat Anda mengetik setiap informasi menggunakan keyboard ini, memilih aplikasi keyboard yang aman adalah penting. Jadi memperbaruinya secara teratur harus menjadi bagian dari rutinitas Anda juga.

Baca Juga :  Cara Flash Xiaomi Semua Tipe Lengkap Firmware dan Tools 2021

Jika Anda menggunakan iOS, Anda mungkin tidak menemukan pembaruan yang tersedia untuk papan ketik Apple default perbaikan keamanan apa pun untuk itu datang sebagai bagian dari pembaruan sistem.

Perbarui Aplikasi Office Suite

Dokumen tidak lagi terbatas pada desktop. Ada banyak aplikasi office suite yang tersedia untuk Android dan iOS.

Dokumen yang Anda akses mungkin tampak tidak berbahaya, tetapi itu adalah salah satu cara malware didistribusikan. Juga, saat mengakses dokumen sensitif, masalah privasi apa pun dengan aplikasi penampil dokumen dapat mengkhawatirkan.

Jadi untuk berjaga-jaga, selalu terapkan pembaruan terbaru untuk aplikasi kantor yang terpasang di perangkat Anda.

Perbarui Aplikasi Keamanan

Aplikasi keamanan di ponsel cerdas tidak sepenuhnya mainstream, tetapi membantu mengatasi berbagai serangan berbahaya. Bahkan, Anda mungkin bertanya apakah Anda memerlukan aplikasi antivirus untuk Android dan iOS. Anda pasti melakukannya.

Anda mungkin menginstalnya, tetapi Anda juga harus selalu memperbaruinya.

Pembaruan pada aplikasi keamanan dan antivirus membantu mendeteksi ancaman terbaru sehingga malware tidak luput dari perhatian di ponsel cerdas Anda.

Jadi, penting untuk memperbarui aplikasi keamanan juga.

Selalu Ide Yang Baik untuk Memperbarui Perangkat Lunak Anda

Itu selalu yang terbaik untuk selalu memperbarui semuanya, tetapi ya, menemui bug dan crash dengan pembaruan konstan tidak dapat dihindari.

Anda harus mengambil lompatan keyakinan dengan pembaruan untuk melindungi perangkat Anda. Itu akan berharga pada akhirnya.





Source link

  • Bagikan