Ukuran Lapangan Bola Voli Putra dan Putri yang Sesuai dengan Standar

  • Bagikan
https://www.cakrawalarafflesia.com/2021/07/11/ukuran-lapangan-bola-voli-putra-dan-putri-yang-sesuai-dengan-standar/
https://www.cakrawalarafflesia.com/2021/07/11/ukuran-lapangan-bola-voli-putra-dan-putri-yang-sesuai-dengan-standar/

Ukuran lapangan bola voli putra dan putri – Siapa yang tidak kenal dengan bola voli? Jenis olah raga yang paling disukai publik Indonesia nomor tiga setelah bulu tangkis ini selalu menjadi primadona. Bagi Anda yang suka permainan bola besar y ini apakah Anda tahu berapa ukuran lapangannya yang sesuai standar nasional maupun Internasional? Memangnya ada perbedaan ukuran lapangan antara putra dan putri? Penasaran, bukan? Jika Anda belum mengetahui dan penasaran banget tentang ukuran lapangannya berikut ulasan lengkapnya.

Berikut Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Permainan Bola Voli

Ukuran Lapangan Bola Voli Putra dan Putri yang Sesuai dengan Standar
Ukuran Lapangan Bola Voli Putra dan Putri yang Sesuai dengan Standar 3

Voli merupakan salah satu cabang permainan olah raga beregu yang terdiri dari 6 orang pemain. Sedangkan cara mencetak skor dengan menjatuhkan bola pada daerah lawan yang dibatasi oleh sebuah net. Tim yang berhasil mencetak 25 poin terlebih dahulu dialah yang menjadi pemenangnya. Perlu diketahui, umumnya ukuran lapangan bola voli tidak boleh dibuat secara sebarangan karena harus sesuai standar yang telah ditetapkan. Selain ukuran lapangan ada beberapa hal pula yang harus diperhatikan dalam permainan bola voli. Apa saja itu?

Ukuran Lapangan Bola Voli

Anda semua telah tahu dan sepakat tentunya bahwa olahraga yang menggunakan bola tentu membutuhkan lapangan. Tidak terkecuali pada olah raga bola voli ini. Tahukah Anda ternyata untuk standar internasional ukuran dari lapangannya hanya setengah dari ukuran lapangan sepak bola. Untuk lebih jelas berikut keterangan masing-masing sisinya :

  • Luas lapangan 162 meter persegi
  • Lebar lapangan 9 meter
  • Panjang lapangan 18 meter
  • Area servis lapangan 3 meter
  • Attack lines  3 meter
  • Lebar garis dalam 5 sentimeter

Ukuran lapangan tersebut merupakan ukuran yang telah berstandar nasional dan internasional. Jadi tidak ada lagi perbedaan antara ukuran lapangan bola voli di Indonesia ataupun di luar negeri sana karena memiliki standar dan ketentuan yang sama. Perihal ukuran lapangan untuk putra atau putri itu sebenarnya sama saja. Hanya saja yang membedakan ada di bagian tinggi netnya saja. Apa itu net? Mari kita lanjut penjelasannya.

Ukuran Net Bola Voli

Net adalah pembatas antara area tim satu dengan tim lainnya. Ukuran net untuk tim putra adalah 2,43 meter sedang untuk tim putri adalah 2,24 meter. Lebar net bola voli 1 meter, panjang net bola voli 9 meter, tinggi tiang 2,55 meter dan jarak antara tiang dengan garis tepi 0,5-1 meter. Sedangkan untuk tinggi antena pada net bola voli 80 cm, pita tepian samping net bola voli 5 cm, pita tepian atas net bola voli 5 cm. Untuk mata jala net bola voli berbentuk persegi dengan ukuran 10 cm.

Bola Voli

Bola voli menjadi salah satu elemen penting dalam permainan ini. bola voli memiliki ukuran tersendiri yaitu diameter bola 18-20 cm, keliling bola 65-67 cm, tekanan bola 0,30 – 0.325 kg/cm2 dan berat bola 260-280 gram. Nah, bagi Anda yang ingin memainkan permainan ini pastikan untuk bola yang telah distandarkan.

Itulah penjelasan singkat terkait ukuran lapangan bola voli, ukuran net, beserta ukuran bola voli sendiri. Ukuran atau ketentuan tersebut sesuai standar nasional yang dipakai oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Selain itu juga sesuai dengan standar internasional yang dipakai oleh Federation International De Volleyball (FIVB). Nah, itu tadi pembahasan tentang ukuran lapangan bola voli beserta beberapa hal lain yang berkaitan dalam permainan bola voli. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda semua.

  • Bagikan