Perhatian! Ini Sisi Buruk Kebiasaan Multitasking

  • Bagikan
f6437126 25384 ilustrasi multitasking


cakrawalarafflesia – Kebiasaan multitasking kerap punya keuntungan dalam mempercepat selesainya tugas. Rupanya, multitasking juga berdampak buruk bagi seseorang.

Menurut penelitian psikolog klinis dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Pritta Tyas Mangestuti, terutama para ibu yang punya kebiasaan multitasking bisa sangat menghabiskan energi sehingga menyebabkan kelelahan.

“Multitasking ini sangat menghabiskan energi, membuat kita kelelahan, bisa menurunkan IQ kalau terlalu sering multitasking,” kata dia dilansir laman Antara, Minggu (11/7/2021).

Dampak buruk multitasking sudah diperlihatkan berbagai studi.

Baca Juga :  Niat Belikan Ponsel Sekolah Daring, Tukang Becak Ini Nangis Kehilangan Uang

Baca Juga:
Tikungan Masih Jadi Masalah Utama Fitur Adaptive Cruise Control Mobil

Studi pada 2008 yang dilakukan peneliti dari University of Utah, Amerika Serikat menemukan seseorang mungkin perlu waktu lebih lama untuk menyelesaikan dua tugas sekaligus, ketimbang mengerjakannya secara terpisah.

Selain itu, studi dari University of California Irvine menunjukkan, ada risiko orang hubungan antara stres dan multitasking.

Ilustrasi Stres (freepik)
Ilustrasi Stres (freepik)

Menurut peneliti, pegawai yang tidak memiliki akses ke email kantor melakukan lebih sedikit multitasking, karenanya tidak terlalu stres.

Baca Juga :  Ilmuwan Temukan Pola Rahasia Pemakaman Islam Abad Pertengahan

Sementara itu, pegawai yang memiliki akses ke email kantor sehingga menerima aliran pesan tetap berada dalam mode waspada tinggi terus-menerus dengan detak jantung yang lebih tinggi.

Multitasking berisiko membuat seseorang kehilangan sesuatu.

Baca Juga:
Meningkatkan Produktivitas, Apakah Perlu Multitasking Saat Bekerja?

Sebuah studi pada 2009 dari Western Washington University, menemukan, sebanyak 75 persen mahasiswa yang berjalan melintasi alun-alun kampus sambil berbicara di ponsel, mereka tidak melihat badut mengendarai unicycle di dekatnya.





cakrawalarafflesia

  • Bagikan
Positive SSL