Hewan Kurban Sepi Pembeli – cakrawalarafflesia

  • Bagikan
be058a48 img 20210711 wa0115


cakrawalarafflesia, PALEMBANG – Menjelang Hari Raya Iduladha 1442 H yang akan dilaksanakan 20 Juli mendatang, pedagang hewan kurban bermunculan.

Doni Anwar, pedagang hewan ternak kambing dan sapi yang berada Simpang Soak Simpur Jl Sukabangun II, Kecamatan Sukarami Palembang, mengatakan sudah delapan tahun berjualan hewan kurban.

Berbagai jenis kambing dan sapi yang dijual, ada yang kambing berjenis etawa, kambing Jawa, dan berjenis kambing PE. Untuk kambing berasal dari Lampung dan sebagian lagi menernak sendiri.

“Kalau kambing dari Lampung dan sebagian nernak sendiri. Kalau sapi itu sapi lokal Bali,” kata Doni kepada cakrawalarafflesia, Ahad (11/7).

Baca Juga :  14 Rumah Dinas TNI AD yang Dihuni Ahli Waris Akan Ditertibkan – cakrawalarafflesia

Dikatakannya, kambing yang dijual, harganya bervariasi. Mulai dari Rp2 juta-Rp7 juta. Sedangkan sapi mulai dari harga Rp15 juta-Rp18 juta.

“Tahun ini kambing kita sediakan200 ekor dan 12 ekor sapi,” ujarnya.

Dia mengatakan sejak pandemi ini penjualannya sedikit mengalami penurunan, namun jika dibandingkan dengan tahun kemarin, di tahun ini lebih susah untuk menjual hewan kurban.

“Susah lakunya, dari kemarin 200 ekor kambing yang dibawa, sekarang baru laku 8-10 ekor saja,” terangnya.

Baca Juga :  Bawa 8 Paket Sabu, Pria Asal Kepahiang Diamankan

Lanjutnya, sebelum kambing dan sapi dijual ke tempat penjualan, hewan kurban yang dijual sudah dilakukan pemeriksaan oleh Dokter Hewan Indonesia (DHI), dan sudah dilakukan karantina terlebih dahulu.

“Sudah dicek oleh tim DHI, dan sebelum dibawa ke sini hewan kurban ini juga sudah dilakukan karantina, dan untuk kambing yang sakit sudah kita pisahkan agar penyakitnya tidak tertular,” pungkasnya. (edy)





Melansir Sumeks co

  • Bagikan