Cara Mengulang Judul Kolom Tabel Word Agar Terlihat di Setiap Halaman Secara Otomatis

  • Bagikan
0071e587 caramengulangjudulkolomtabelpadasetiaphalamanwordsecaraotomatis


Tutorial ini membahas bagaimana cara mengulang judul kolom tabel yang dibuat menggunakan Microsoft Word bisa terlihat di setiap halaman secara otomatis. Cara ini efektif bila dokumen berisi tabel word yang terbagi dalam beberapa halaman panjang.

Cara Mengulang Judul Kolom Tabel Pada Setiap Halaman Word Secara Otomatis

Tak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan dari kita senang membuat tabel menggunakan Microsoft Office Word. Selain mudah dalam pengaturan, kita juga tidak perlu ribet terlebih karena word memiliki tampilan yang simpel dan cukup sederhana.

Walaupun kita tahu bahwa urusan pembuatan tabel baiknya dikerjakan dengan menggunakan Microsoft Excel. Selain terkenal sebagai aplikasi multi fungsi, juga memiliki fitur yang mumpuni dalam pemformatan tabel serta bisa dengan mudah melakukan pengolahan data bila diperlukan. Ya, mungkin juga karena tampilan lembar kerjanya dipenuhi dengan sel yang begitu banyak, orang jadi ragu dan enggan untuk bekerja disana.

Apalagi bila tabel yang dibuat hanya diisi dengan data seadanya, tidak untuk diolah atau dimanipulasi lebih lanjut. Menggunakan word saya rasa pilihan yang lebih efektif dan efisien.

Bekerja di word, kita bisa meletakkan tabel dimana saja, sesuai yang kita mau. Sebelum atau sesudah teks paragraf, diawal atau ditengah dokumen. Atau bila hanya sekedar data pendukung (lampiran) dari laporan yang kita buat, kita letakkan saja diakhir dokumen.

Teks dan tabel menjadi satu bagian yang tak terpisah dalam dokumen word yang sama.

Atau bisa juga dengan membuat dokumen word terpisah yang isinya hanya tabel saja. Mungkin dengan maksud digunakan sebagai lampiran dokumen word lainnya.

Tak ada bedanya bila membuat tabel pada umumnya, baris pertama tabel dikenal sebagai tempat menulis judul (header row) yang membantu untuk mengidentifikasi isi data di setiap kolom. Bisa dibayangkan bila tabel tanpa baris judul, tentu kita sulit dalam mengklarifikasi kelompok data pada tiap kolom mewakili informasi tentang apa.

Baca Juga :  Cara aman mengosongkan penyimpanan internal di Xiaomi

Belum lagi bila dokumen kita terdiri atas sejumlah baris tabel yang panjang dan terbagi dalam beberapa halaman yang berbeda. Tentu akan semakin menambah kesulitan pembaca memahami isi tiap kolom pada tabel yang kita buat.

Sebagai contoh perhatikan gambar berikut:

Contoh file tanpa pengulangan judul kolom

Baris judul hanya ada pada halaman pertama tabel. Sementara baris tabel terdiri dari beberapa halaman. Tentu isian tabel lanjutan akan diteruskan kehalaman 2 dan berikutnya. Hanya saja kelemahannya adalah baris judul seperti dihalaman pertama tidak terulang kehalaman lanjutan.

Salah satu solusi yang kebanyakan orang lakukan adalah membuatnya manual dengan menyalin (copy paste) judul kolom ke tabel lanjutan. Sepintas cara ini cukup efektif bila tabel hanya terbagi dalam 2 sampai 3 halaman saja.

Bagaimana bila tabel terdiri atas beberapa halaman?? saya rasa jari kita pasti terasa pegel hanya dengan mengcopy paste judul kolom hehehehe

Sesuai pengalaman, kadang kita juga menemui masalah seperti ini:

Kelemahan copy paste baris judul kolom

Bila pergantian halaman masih punya baris kosong tersisa maka judul kolom tentu akan ikut terbagi dihalaman pertama dan kedua. Walaupun masalah ini bisa diatasi, cukup menurunkan posisi tabel dengan menekan tombol Enter atau membagi tabel dengan menggunakan fitur Split Table pada menu tab LAYOUT.

Kendala lain yang kita temui bila menggunakan cara manual yaitu judul kolom yang dicopy paste akan menambah pergeseran baris tabel kebagian bawah. Hasilnya tampilan tabel sedikit berantakan. Tentu akan menambah lamanya waktu pengeditan agar tabel terlihat rapi kembali.

Melalui ulasan ini saya akan membagikan cara yang lebih efektif dan lebih tepat dengan memanfaatkan salah satu fitur yang tersedia di microsoft word yaitu Repeat Header Rows.

Fitur ini akan mengulang baris judul (header row) kolom pada tabel disetiap halaman dokumen word. Baris judul akan ditambahkan dibagian header secara otomatis bila tabel berlanjut kehalaman berikutnya.

Baca Juga :  Turun Harga Sebesar Rp 100.000, OPPO A54 Jadi Lebih Murah di Indonesia

Pengulangan judul kolom tabel word otomatis bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Bukalah aplikasi Microsoft word 2007 / 2010 / 2013 / 2016, sesuai yang ada di laptop/PC sobat. Kemudian silahkan buat tabel seperlunya lalu ketik judul kolom tabel. Namun, bila sobat sudah punya kian dokumen word yang bisa dijadikan sebagai contoh latihan, pakai itu saja tapi jangan lupa untuk membuka filenya.

2. Blok judul kolom yang diulang dengan mengarahkan kursor ke bagian kiri baris kolom lalu klik kiri mouse.

Blok judul kolom

3. Sekarang judul kolom tampil telah terseleksi. Lanjutkan dengan klik kanan mouse (1) pada area yang diseleksi untuk menampilkan menu pintas. Lalu klik Table Properties… (2)

Menu pintas table properties

4. Akan muncul jendela dialog Table Properties. Sobat klik tab Row (1), kemudian bubuhkan tanda centang di kotak tersedia (check box) pada bagian Repeat as header row at the top of each page (2), lanjutkan dengan klik tombol OK (3) untuk mengakhiri.

Jendela table properties

5. Selesai!!! Bagaimana hasilnya?? judul kolom pada tabel tampil berulang pada setiap halaman secara otomatis. Untuk memastikannya sobat bisa melakukan scroll kehalaman yang berisi tabel atau bisa juga dengan melihatnya melalui Print Preview.

Hasil judul kolom berulang

Cara mengulang judul kolom tabel di atas bisa juga dilakukan dengan lebih cepat menggunakan tombol yang tersedia di menu tab LAYOUT. Beginilah caranya:

1. Seleksi judul kolom yang diulang dengan cara klik kiri mouse (1) pada bagian sebelah kiri baris judul.

2. Pada menu bagian atas akan ada penambahan dua tab yaitu DESIGN dan LAYOUT. Klik tab LAYOUT (2), lalu perhatikan grup Data. Kliklah pada tombol Repeat Header Rows (3).

Cara alternatif mengulang judul kolom

3. Done!! sekarang setiap halaman yang berisi tabel pada dokumen word akan mengulang judul kolom yang sama seperti pada bagian pertama tabel.

Hasil judul kolom pada tabel yang terulang



melansir eman mendfora

  • Bagikan