Cara Membuat Hyperlink Teks dan Gambar di Microsoft Word

  • Bagikan
7864719e caramembuathyperlinkdimicrosoftword


Artikel ini membahas tentang tutorial hyperlink pada teks dan gambar di microsoft word, cara membuat link dalam satu file word, cara hyperlink word ke excel atau power point, cara menambahkan link web di word, cara menghapus hyperlink di word, serta beberapa tips dan trik terkait hyperlink word yang diulas secara rinci, lengkap dan turut disertai contoh. Tutorial ini kompatibel pada microsoft office word versi 2007, 2010, 2013, 2016 hingga yang terbaru versi 2019.

Cara Membuat Hyperlink di Microsoft Word

Penggunaan hyperlink pada dokumen word bukanlah hal baru lagi terutama bagi mereka yang terbiasa menggunakan aplikasi pengolahan kata yang satu ini. Kita akui bersama bahwa microsoft word merupakan salah satu aplikasi yang memiliki banyak pengguna seperti karyawan yang bekerja diperkantoran, guru, siswa, mahasiswa atau orang-orang yang bergelut dalam pengetikkan surat menyurat, dsb.

Bagaimana dengan teman-teman yang kali pertama menggunakan word?? Tentu hal wajar bila tidak tahu menahu tentang penggunaan fitur hyperlink ini.

Bagaimana cara membuat hyperlink teks dan gambar di word??

Ini adalah salah satu contoh pertanyaan sering ditanyakan teman-teman yang awam dan sedang belajar menggunakan word.

Bila sobat mencari digoogle, artikel yang menyajikan jawaban dari pertanyaan ini ada banyak sekali. Namun, kali ini saya akan menampilkan kumpulan tutorial terkait penyisipan hyperlink pada teks ataupun gambar sehingga teman-teman tidak lagi repot mencari satu persatu pembahasan dengan kasus berbeda terutama yang berhubungan dengan penggunaan hyperlink di word.

Namun sebelum kita mempelajari turorialnya, ada baiknya sobat pahami dulu istilah hyperlink pada microsoft word.

Apa Itu Hyperlink??

Hyperlink adalah menyisipkan link pada sepenggal teks atau image (gambar) yang apabila diklik maka akan diarahkan ke informasi / sumber lain seperi URL Website, bagian tertentu dalam satu dokumen yang sama ataupun dokumen berbeda.

Teks yang dihyperlink bisa terdiri atas beberapa kata, kalimat atau bahkan satu paragraf. Sementara informasi / sumber lain yang dimaksud merupakan bahasan penunjang yang memiliki hubungan erat (relevan) dengan teks / materi yang sedang ditautkan.

Link salah satu bagian penting dari world wide web (www). Melalui link maka sobat dapat berpindah dari halaman yang satu ke halaman lain dalam satu website yang sama atau berbeda. Sama seperti saat sobat membuka salah satu link dibagian Baca Juga pada halaman ini, maka sobat akan diarahkan ke artikel berbeda pada blog ini. Dengan link tentu akan memberikan kemudahan menavigasi antar halaman web.

Fitur Hyperlink Word

Dimanakah letak hyperlink word? Apa saja fitur yang terdapat pada hyperlink word?

Hyperlink word terletak di tab INSERT tepatnya pada grup Links. Disana sobat bisa temui icon Hyperlink yang bisa diakses dengan cepat untuk memunculkan berbagai opsi fitur yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Bila sobat mengklik icon tersebut maka akan diarahkan pada sebuah jendela baru yaitu jendela Insert Hyperlink.

Fitur hyperlink word

Melalui jendela ini, tersedia 4 fitur hyperlink yang bisa dipilih untuk mengaitkan sumber link dokumen / website sebagai penunjang informasi yang sedang dipaparkan, yaitu:

  1. Existing File or Web Page, yaitu menyisipkan link pada sebuah teks/gambar yang mengarah pada file berbeda atau halaman website
  2. Place in This Document, yaitu mengaitkan teks/gambar ke bagian tertentu dalam satu dokumen yang sama
  3. Create New Document, yaitu menyisipkan link agar teks/gambar bisa terkait dengan dokumen baru
  4. E-mail Address, yaitu mengaitkan teks/gambar ke alamat e-mail

Agar lebih jelas dalam penyisipan sumber hyperlink dalam sebuah teks/gambar, berikut beberapa panduan yang bisa sobat jadikan sebagai pedoman.

Cara Membuat Hyperlink Word Ke Dokumen Berbeda Seperti Excel / PPT / Word

Menghubungkan sebuah teks ke sumber lain berbeda diluar dari file / dokumen word yang sedang aktif saat ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur hyperlink. Bahkan ini bisa dikatakan sebagai salah satu alternatif membuka secara langsung dokumen berbeda hanya dengan mengklik sebuah teks saja.

Cara ini jauh lebih efisien karena sobat tidak perlu lagi membuka dokumen terkait dengan cara standar melalui menu File > Open atau melalui File Explorer.

Perlu sobat ketahui bahwa hyperlink teks yang mengarah ke file / dokumen berbeda tidak harus file word juga lho, bisa juga file excel, power point, Access, Outlook, file photoshop, atau bahkan berbagai format dokumen lainnya.

Bahasa sederhananya, dokumen word bisa di link ke dokumen lain seperti excel atau power point (ppt), tidak melulu hanya pada file word saja. Lalu bagaimana sih caranya?

Berikut cara membuat hyperlink teks di microsoft word yang mengarah ke dokumen lain seperti excel atau ppt, yaitu:

  1. Silahkan cari dan buka dokumen word yang hendak disisipkan hyperlink.
  2. Tentukan teks yang ingin dirubah menjadi hyperlink, lalu pilih dengan cara membloknya. Artinya teks ini dikaitkan dengan dokumen lain dan akan terbuka secara otomatis bila nantinya akan diberi tindakan klik. Sebagai contoh, teks yang dipilih adalah “Pembulatan ke satuan terdekat”.
    Teks yang di hyperlink ke dokumen lain

  3. Klik tab INSERT kemudian Hyperlink.
    Icon hyperlink word

  4. Akan muncul kotak dialog Insert Hyperlink. Text to display akan terisi otomatis sesuai dengan teks yang sudah diblok. Sekarang perhatikan opsi Link to: pilih Existing File or Web Page, lalu klik icon Browse For File. Icon ini terletak diujung paling kanan dan sejajar dengan kotak drop-down berlabel Look in.
    Membuka lokasi penyimpanan file

  5. Akan muncul kotak dialog baru yaitu Link to File. Pada tahap ini sobat perlu menentukan jenis file yang akan di link, apakah file excel / power point (ppt) / photoshop / access / outlook atau file word?? Lalu cari lokasi file yang ingin disematkan didirektori penyimpanan file (dokumen) laptop / PC sobat. Bila sudah ketemu, silahkan pilih lalu klik tombol OK. Pada contoh ini, saya gunakan dokumen word.
    File yang akan disisip

  6. Pastikan file yang sudah dipilih akan ditampilkan dalam bentuk alamat lokasi penyimpanannya di kotak teks (field) berlabel Address pada kotak dialog Insert Hyperlink. Bila sudah benar, lanjutkan dengan mengklik tombol OK, sekaligus untuk mengakhiri.

    Perhatikan, jika dokumen yang di link adalah word maka nama file diakhiri dengan .doc atau .docx, bila dokumen excel berarti diakhiri dengan .xls atau .xlsx, sementara bila dokumen power point maka nama filenya disertai .ppt atau .pptx.

    Insert Hyperlink

  7. Sekarang teks “Pembulatan ke satuan terdekat” telah berubah menjadi hyperlink. Perubahan ini ditandai dengan teks berwarna biru dan bergaris bawah. Kini teks tersebut telah siap untuk diarahkan menuju dokumen lain yang telah sobat tentukan.
    Tampilan teks setelah dimasukkan hyperlink

  8. Untuk mengecek apakah sudah berhasil atau tidak maka ada baiknya sobat uji coba. Tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard lalu arahkan kursor (berbentuk tangan) pada teks yang sudah dihyperlink tadi kemudian klik. Bila langkah-langkah yang sobat lakukan sudah benar, word akan memproses lalu membuka dokumen yang sudah dilink tadi (3 Cara Pembulatan Bilangan ke Satuan Terdekat.docx) secara otomatis.
    Tampilan dokumen lain yang dihyperlink

  9. Selesai!!!

Bagaimana teman-teman, mudahkan?? Bila belum berhasil jangan menyerah, silahkan ulang kembali langkah-langkah di atas sampai dokumen yang disisipkan akan terbuka sendiri hanya dengan mengklik teks yang sudah sobat hyperlink tadi.

Cara Membuat Hyperlink Word Ke Halaman Website

Pada dasarnya teks yang dihyperlink tidak hanya bersumber dari file berbeda saja. Dokumen word bisa juga di link ke halaman website. Walaupun harus didukung dengan jaringan internet, penggunaan cara hyperlink seperti ini justru terlihat bagus dan kesannya lebih profesional.

Sudahkah sobat ketahui bahwa pembuatan hyperlink ke alamat website di Microsoft Office bisa dilakukan dengan 2 cara? Kedua cara tersebut yaitu pemformatan link secara otomatis dan mengkonversi teks menjadi link.

Membuat hyperlink dengan pemformatan link otomatis merupakan cara yang paling gampang. Kok bisa? Karena secara default Microsoft Office sudah diformat kian untuk mengenali dengan cepat bilamana teks yang diketik ternyata alamat email atau website (e-mail and web address).

Gak percaya? coba sobat ketik sembarang alamat email atau website pada Microsoft Office Word. Biasanya word mendeteksi kemudian memformatnya secara otomatis menjadi hyperlink setelah sobat menekan tombol Enter atau Spasi.

Walau demikian, mengkonversi teks menjadi link adalah cara yang umum digunakan. Disini hyperlink terbagi menjadi dua bagian yaitu alamat website atau direktori file serta tampilan teks. Cara ini memiliki fleksibilitas karena dapat menyesuaikan sendiri tampilan teks serta dapat menentukan sendiri URL website atau lokasi penyimpanan file.

Bagaimana cara membuat link web di word?

Langsung saja berikut cara membuat link / hyperlink teks microsoft word yang mengarah ke halaman website, yaitu:

  1. Silahkan cari lokasi penyimpanan dokumen word yang hendak disisipkan hyperlink kemudian klik dua kali untuk membukanya.
  2. Lanjutkan dengan menyeleksi teks yang mau diformat jadi hyperlink atau link. Sebagai contoh teks-nya adalah “Pembulatan ke puluhan terdekat”.
    Teks yang di hyperlink ke halaman website

  3. Pastikan sobat sedang mengaktifkan tab INSERT lalu klik Hyperlink yang ada di kelompok Links.
  4. Lalu muncul kotak dialog Insert Hyperlink. Perhatikan bahwa teks yang diseleksi telah menjadi nilai pada kotak teks (text box) Text to display. Untuk membuat hyperlink teks yang mengarah ke halaman website, caranya adalah klik Existing File or Web Page lalu ketik alamat url halaman website pada kotak teks berlabel Address.

    Agar akurat, baiknya copy paste link web yang sudah terbuka di browser seperti firefox atau chrome. Sobat juga bisa mengisi bagian ini dengan link menuju ke home page sebuah website. Bila selesai diketik akhiri dengan mengklik tombol OK.

    Mengetik alamat url halaman website

  5. Sekarang, sobat bisa melihat teks “Pembulatan ke puluhan terdekat” telah berubah menjadi hyperlink dimana teksnya berwarna biru dan bergaris bawah. Sobat bisa membuka halaman website yang sudah diisi tadi melalui teks ini sambil menekan tombol Ctrl di keyboard.
    Teks hyperlink ke halaman website

  6. Untuk mengecek hasilnya, pastikan laptop/PC sobat sudah terhubung ke internet. Bila langkah yang sobat lakukan benar, word akan berkolaborasi dengan sistem operasi untuk membuka browser dan mengakses link url yang sudah dimasukkan tadi. Kurang lebih berikut tampilannya:
    Contoh hyperlink dokumen word ke halaman website

  7. Selesai

Cara Membuat Hyperlink Teks Dalam Satu File Word Yang Sama

Hyperlink word bisa juga dimanfaatkan sebagai penghubung antar teks dalam satu dokumen yang sama. Hyperlink seperti ini kerap digunakan untuk membuat daftar isi agar pembaca dapat dengan mudah menemukan bagian-bagian tertentu sesuai keinginan dalam sebuah dokumen yang sedang dilihat. Hyperlink yang mengarah ke bagian tertentu di dokumen yang sama memanfaatkan heading atau bookmark.

Jadi, sebelumnya perlu diatur dulu format teks yang ingin dituju dengan memilih style heading bila sobat menginginkan hyperlink antar teks melalui heading. Sementara bila menggunakan bookmark maka sobat perlu membuat bookmark pada teks tertentu yang hendak dituju.

Biar gak bingung, langsung saja berikut langkah-langkah untuk membuat hyperlink teks di aplikasi Microsoft Office Word versi 2007, 2010, 2013, 2016, atau 2019 yang mengarah ke bagian tertentu di dokumen yang sama dengan memanfaatkan bookmark yang telah dibuat sebelumnya:

  1. Buka dokumen word yang akan dihyperlink. Carilah salah satu teks sembarang di bagian isi dokumen. Baiknya judul BAB atau SUBBAB, kita anggap saja misalnya subbab “Hampiran Turunan” yang merupakan bagian dari bab “DIFERENSIASI NUMERIK”. Lalu teks ini kita bookmark (penanda elektronik yang mengacu ke teks spesifik) sebagai tujuan hyperlink / teks yang ingin dituju. Sorot (blok) teks tersebut, lalu klik tab INSERT kemudian klik icon Bookmark yang ada di kelompok Links.
    Teks yang di bookmark

  2. Dari kotak dialog Bookmark yang tampil, ketiklah nama bookmark di kotak teks Bookmark name misalnya hampiran_turunan (tidak boleh pakai spasi). Kemudian tekan tombol Add untuk menyimpan dan mengakhiri.
    Menambah bookmark name

  3. Sekarang kita lanjut dengan membuat hyperlink yang nantinya mengarah ke teks bookmark yang dibuat barusan. Masih dalam dokumen yang sama, guling kursor ke halaman “DAFTAR ISI” lalu sorot teks pilihan (dalam contoh yaitu “Hampiran Turunan”), halaman daftar isi baiknya sudah dibuat sebelumnya.
  4. Kemudian klik tab INSERT lalu Hyperlink.
  5. Dari kotak dialog Insert Hyperlink yang muncul, pilih Place in This Dosument yang ada di daftar Link to, kemudian pilih nama bookmarks yang telah dibuat sebelumnya hampiran_turunan dan kemudian akhiri dengan menekan tombol OK.
    Cara Membuat Hyperlink Teks Yang Mengarah Ke Bagian Tertentu Dalam Satu Dokumen Yang Sama

  6. Selesai. Teks “Hampiran Turunan” pada halaman Daftar Isi telah berubah menjadi hyperlink (link) berwarna biru dan sudah bergaris bawah. Jika teks ini sobat klik bersamaan dengan menekan dan menahan tombol Ctrl di keyboard, sobat langsung diarahkan (melompat) ke bagian tertentu di dokumen yang sama (ke bagian teks bookmark “Hampiran Turunan” di halaman isi).
    Hasil hyperlink antar teks dalam satu dokumen

Cara Menambahkan Hyperlink (Link) Ke Gambar

Tidak hanya teks saja yang bisa diberi hyperlink, objek lain seperti gambar juga bisa disisipkan link. Artinya ketika gambar yang dimuat dalam sebuah dokumen word di klik maka bisa saja akan diarahkan ke objek tertentu seperti membuka dokumen lain, menuju sebuah teks, atau bahkan mengakses url website / blog.

Sebelum mendapatkan hasil yang diinginkan tentu kita harus menautkannya terlebih dahulu dengan memanfaatkan fitur hyperlink word. Bagaimana caranya? simaklah penjelasannya.

Inilah cara menambahkan hyperlink (link) ke gambar di dokumen Microsoft Word, berikut langkah-langkahnya:

  1. Jalankan aplikasi Microsoft Word 2007 / 2010 / 2013 / 2016 / 2019 dilaptop / PC sobat. Lalu bukalah dokumen sembarang yang didalamnya memiliki gambar. Namun bila dokumen yang ada ternyata tak ada gambar jangan terlalu pusing, sobat bisa menyisipkan satu atau beberapa gambar didalamnya. Caranya yaitu klik tab INSERT, lalu icon Pictures dan di kotak dialog Insert Picture yang muncul, cari lokasi penyimpanan gambar kemudian pilih gambar yang ingin disisipkan ke dokumen Microsoft Word, akhiri dengan menekan tombol Insert.
  2. Lanjutkan dengan menambahkan hyperlink ke gambar. Pertama-tama seleksi gambar dengan mengklik gambar tersebut, kemudian klik tab INSERT terus klik Hyperlink yang terdapat di grup Links.
  3. Pada kotak dialog Insert Hyperlink yang muncul, klik Existing File or Web Page, lalu ketik alamat tautan yang akan dihubungkan pada kotak teks Address. Tautan yang dihubungkan bisa saja alamat blog / website (web address) atau dokumen office yang tersimpan di dalam laptop / PC sobat. Akhiri dengan mengklik OK untuk menerapkan.
    Menautkan gambar dengan alamat website

  4. Sekarang klik bebas di area kosong lembar kerja word, lalu arahkan kembali pointer mouse ke gambar (pointer berbentuk tangan). Untuk memastikan sudah berhasil, tekan dan tahan tombol Ctrl di keyboard lalu klik gambar. Bila laptop / PC sobat sedang terhubung ke jaringan internet maka browser default akan terbuka sambil mengakses link website / blog yang sudah dimasukkan tadi.
  5. Selesai!!

Cara Menonaktifkan Hyperlink Pengetikkan Link Website dan Alamat Email

Sesuai pemaparan sebelumnya, jika selesai mengetik alamat website atau email diaplikasi Microsoft Office baik Microsoft Word, Excel, maupun Power Point jangan heran bila secara otomatis akan merubahnya menjadi hyperlink yang ditandai dengan tulisan dari sebelumnya berwarna hitam menjadi biru serta bergaris bawah.

Ini adalah salah satu fitur pemformatan otomatis (AutoFormat) yang secara standar telah diaktifkan sesaat aplikasi Microsoft Office diinstal kali pertama pada sebuah laptop / PC.

Dan benar saja, usai mengetik maka ketika menekan dan menahan tombol Ctrl di keyboard sambil mengklik alamat yang aktif tersebut, maka browser standar (default) akan berjalan dengan sendirinya lalu membuka halaman web sesuai dengan alamat website yang dimasukkan.

Demikian halnya dengan program email standar yang ada di laptop PC sobat akan dijalankan otomatis apabila hyperlink adalah alamat dari sebuah email.

Keuntungan yang didapatkan adalah sobat tidak perlu lagi repot mencari program yang sesuai hanya untuk membuka alamat website dan email karena sudah terintegrasi otomatis dengan sistem operasi yang ada.

Menghemat waktu tentunya.

Cara menonaktifkan autoformat hyperlink link website dan alamat email

Namun jangan salah, sebagian orang tidak merasa nyaman dengan fitur pemformatan otomatis ini. Barangkali dokumen Microsoft Word yang diketik kemungkinan akan disajikan dalam bentuk cetak (hard copy). Hasil print out warna hyperlink yang berbeda dan bergaris bawah kerap ditemui kurang jelas dan tidak menarik, tentunya bukanlah hal ini yang diharapkan.

Bila sobat menemui kenyataan seperti ini dan bermaksud ingin menonaktifkan hyperlink pengetikkan link website dan alamat email di word, berikut adalah langkah-langkah yang dapat sobat pedomani, yaitu:

  1. Jalankan aplikasi Microsoft Office Word 2007 / 2010 / 2013 / 2016 / 2019 dilaptop / PC sobat.
  2. Kemudian klik tombol FILE yang berada disudut kiri atas untuk menampilkan daftar opsi lainnya.
    Klik tombol File

  3. Arahkan kursor ke sudut kiri bawah tepatnya di tombol Options, lalu klik.
    Klik tombol Options

  4. Lalu muncul kotak dialog Word Options. Lalu klik tab Proofing, hilangkan centang pada Ignore Internet and file address, kemudian klik tombol AutoCorrect Options...
    Kotak dialog word options

  5. Muncul lagi kotak dialog baru yaitu AutoCorrect. Lanjutkan dengan memilih tab AutoFormat As You Type, kemudian hilangkan tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Internet and network paths with hyperlinks, terus tekan tombol OK. Sobat kembali ke kotak dialog Word Options. Akhir dengan menekan tombol OK sekali lagi untuk menerapkan pengaturan yang dipilih.
    Menonaktifkan Internet and network paths with hyperlinks

  6. Hasilnya adalah saat sobat mengetik alamat website atau email, kini Microsoft Word gak bakalan lagi mengubahnya menjadi hyperlink, disamakan layaknya penulisan teks biasa.
  7. Selesai!!!

Cara Mengubah Warna Hyperlink (Link)

Secara default, teks yang akan diberi hyperlink atau link pada dokumen microsoft word akan tampil berwarna biru dengan disertai garis bawah (underscore). Ini bahkan sudah menjadi ciri khas tersendiri dari setiap tautan hyperlink yang disisip pada program microsoft office.

Walaupun demikian, bukan berarti ini sudah menjadi baku dan mutlak. Tak jarang pengguna office merasa terganggu dengan format otomatis ini lho.

Tahukah sobat bahwa warna teks dan bergaris bawah pada tautan hyperlink ini masih bisa sobat ubah? Ya benar sekali, sobat bisa mengaturnya sesuai keinginan. Misalnya dengan mengubah warnanya menjadi hitam, menghilangkan garis bawah atau bila perlu menebalkannya (bold) biar terkesan lebih menonjol dan menarik.

Fitur hyperlink Microsoft Word sudah tersedia lengkap dan cukup mudah didapatkan, jadi bila ingin melakukan pengaturan ulang sobat tidak menemui kesulitan. Baiklah, jika sobat merasa bosan dengan tampilan standar hyperlink dan ingin segera menggantinya, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Bukalah dokumen Microsoft Word yang sudah dibuat hyperlink. Guling kursor dan pastikan teks sudah berwarna biru dan bergaris bawah.
    Teks hyperlink berwarna biru dan bergaris bawah

  2. Lalu buka tab HOME, lihat grup Styles lalu klik ikon Dialogue Box Launcher disudut kanan bawah, kemudian guling mouse dan klik tanda panah ke bawah dari Hyperlink lalu pilih Modify....
    Cara mengubah warna teks hyperlink word

  3. Akan muncul kotak dialog Modify Style, disini sobat akan melakukan pengaturan modify hyperlink. Dalam tutorial ini kita ambil contoh yaitu mengubah warna hyperlink menjadi hitam tanpa bergaris bawah (lihat gambar). Bila sudah selesai melakukan pengaturan, klik tombol OK untuk menyimpan dan menerapkan perubahan.
    Pengaturan warna hyperlink

  4. Selesai!!! Sekarang, bila sobat membuat hyperlink maka teks akan berwarna hitam tanpa garis bawah.

Cara Menghapus Hyperlink Pada Teks

Salah satu cara yang dilakukan oleh sebagian pengguna internet bila punya tugas seperti pembuatan makalah adalah dengan mencari referensi sebanyak-banyaknya di google. Hasil pencarian sesuai topik yang dibahas pun akan ditampilkan dalam bentuk link website/google, lalu membukanya satu persatu. Oleh karena banyak, lalu artikel yang didapat akan dicopy paste ke microsoft word untuk kemudian diseleksi mana yang harus dipakai dan dibuang.

Biasanya, tulisan yang disalin dari halaman website dan dipidahkan ke dokumen Microsoft Word maka akan ikut menyalin hyperlink (link) yang sedang aktif, ini ditandai dengan teks berwarna biru. Tentu bukan inilah yang diharapkan, mungkin yang dikehendaki bila menyalin hyperlink maka hasilnya dalam bentuk teks biasa saja dan tidak aktif ketika diklik.

Kasus lain yang sering ditemui yaitu ketika sobat misalnya sudah terlanjur membuat hyperlink pada teks yang salah lalu bermaksud untuk menghapusnya. Tenang saja, sobat dapat menghapus hyperlink dari dokumen Microsoft Office Word dengan beberapa cara.

Berikut contoh hasil copy paste salah satu artikel dari blog ini ke dokumen Microsoft Word 2013 yang didalamnya terdapat hyperlink aktif.

Hasil copy paste artikel hyperlink ke word

Berikut cara menghapus hyperlink pada teks, yaitu:

Menghapus hyperlink menggunakan fitur Keep Text Only (T)

  1. Salinlah sebuah tulisan didokumen word atau artikel di halaman website/blog dengan memblok seluruh teks lalu menekan tombol Ctrl + C di keyboard.
  2. Kemudian buka dokumen word. Letakkan kursor di lembar kerja dimana posisi sobat menempatkan hasil salinan tulisan/artikel, lalu klik kanan untuk menampilkan daftar perintah pintas dan dibagian Paste Options, pilih tombol Keep Text Only (T) yang berada di posisi paling kanan (bisa juga dengan menekan tombol di T keyboard).
    Keep Text Only

  3. Hasilnya yaitu hyperlink sudah dihapus dan berubah menjadi teks biasa. Akan tetapi, kelemahan fitur ini yaitu tidak ikut menyalin gambar dan perlu menyesuaikan kembali jenis font, ukuran font dan tata letaknya (standarnya adalah Calibri dengan ukuran font 11) sesuai keinginan.
    Hasil copy paste artikel dengan Keep Text Only di word

Menghapus hyperlink satu per satu

Cara menghapus hyperlink satu per satu yaitu dengan mengklik kanan tepat di teks yang sudah diberi hyperlink, lalu pada daftar perintah pintas pilih Remove Hyperlink.

Remove Hyperlink

Menghapus hyperlink menggunakan kombinasi tombol keyboard

Alternatif lain untuk menghapus hyperlink di Microsoft word adalah dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard. Caranya yaitu mula-mula tekan tombol Ctrl + A di keyboard untuk memblok keseluruhan isi dokumen Microsoft Word. Selanjutnya tekan tombol Ctrl + Shift + F9 untuk menghapus tautan hyperlink.

Hanya saja kelemahan cara ini yaitu tidak merubah warna biru teks yang sebelumnya sudah dibuat jadi hyperlink. Namun demikian, teks tersebut sudah menjadi teks biasa (hyperlink telah dihapus).

Demikian tutorial cara membuat hyperlink pada teks dan gambar di microsoft word. Jika bermanfaat, jangan lupa membagikannya kepada teman-teman yang lain, Ya’ahowu.



melansir eman mendfora

Baca Juga :  Cara Mengatasi Touchscreen HP Error, Work!
  • Bagikan