Tips Sederhana Menggunakan Google Chrome

  • Bagikan
54d0c9b0 googlechrome

 3 Tips Sederhana Menggunakan Google Chrome

Siapa sih yang tidak tahu Browser Google Chrome? Browser yang terkenal dan banyak digunakan oleh perangkat baik itu Laptop maupun Android.

Namun, pernahkan Anda mengetahui beberapa tips yang sebaiknya diketahui supaya penggunaan Google Chrome kita menjadi lebih mudah?

Simak beberapa Tips berikut ini supaya kita mendapatkan kelebihan dari Browser yang sehari-hari kita pakai ini untuk mencari informasi di internet.

Google Chrome.

3 Tips Sederhana Menggunakan Google Chrome

Sebagai tambahan informasi, Browser Google Chrome ini pertama kali dikenalkan dan diluncurkan oleh Google pada tanggal 2 September 2008.

Browser ini ditujukan untuk pengguna Windows saat itu, karena Android belum ada ya.

Hingga saat ini yang sudah berumur sekitar hampir 13 tahun, browser ini sangat pesat perkembangannya, hingga Juni 2021 ini sudah ada versi terbarunya yaitu 91.0.4472.124.

Saat ini Browser Chrome sukses besar dimana banyak penggunanya yang menggunakan, baik di perangkat Laptop maupun di HP Android. 

Memang browser ini merupakan fitur bawaan HP Android, namun memang performanya tidak mengecewakan dan sangat berguna sekali ya.

Yuk baca artikel terkait ini : Cara Setting Proxy Chrome 

Tips Memakai Browser Chrome

Kembali ke Topik bahasan ya, beberapa tips dan trik sederhana berikut ini semoga bisa memperlancar dan mengefisiensikan kegiatan kita :

Baca Juga :  Cuma Rp 699 Ribu! OASE Smartwatch Horizon W1 Mampu Tahan 10 Hari

1. Memanfaatkan Incognito Window

Kalau Anda sering melakukan browsing menggunakan Chrome dan tidak ingin meninggalkan jejak, cache, riwayat dan lain sebagainya, sebaiknya gunakan mode ini.

Jadi, mode Incognito ini merupakan mode penyamaran, yang akan menjaga privasi kita. 

Mode penyamaran ini cocok untuk Anda yang menggunakan PC di tempat umum, atau PC Kantor yang sering dipakai banyak orang.

Bisa juga digunakan oleh Kita yang sering menggunakan Browser ini untuk menonton film pada situs-situs tertentu yang seringkali banyak iklan dan link-link yang “menjebak”.

Cara menggunakannya yaitu dengan klik menu Option lalu pilih New Incognito Window atau bisa menggunakan shortcut CTRL + SHIFT + N.

2. Membuka Kembali Tab yang Tidak Sengaja Tertutup

Bagi seorang blogger, tidak jarang dalam research keyword dan membuat artikel kita banyak membuka situs-situs lain sebagai bahan rujukan.

Tidak jarang pula membuka banyak sekali Tab, bahkan bisa puluhan Tab.

Ketika selesai satu tab dan menutupnya, lalu pindah ke tab yang lainnya tidak jarang kita menutup juga tab yang sebelumnya dibuka namun ternyata belum kita baca materi di halaman tersebut.

Secara umum memang kita bisa dengan mudah membuka melalui History, namun akan memakan cukup banyak waktu.

Dengan menggunakan shortcut CTRL + SHIFT + T, kita akan dengan mudah membuka Tab sebelumnya yang tidak sengaja tertutup.

Baca Juga :  Cuma Rp 1 Jutaan! realme Watch 2 Pro Mampu Bertahan 14 Hari dan Bawa Dual-Satellite GPS

Jika ada 5 Tab sebelumnya yang mau dibuka kembali, silakan lakukan shortcut tersebut sebanyak 5x ya.

3. Sinkronisasi Akun Google

Jika Anda tidak mau kehilangan data seperti bookmark, history, saved password dan data lainnya untuk akun Google di perangkat yang berbeda, lakukan sinkronisasi akun Google pada setiap perangkat yang Anda gunakan.

Sebagai contoh, Kalian mempunyai 1 HP Android dan 1 Laptop.

Saat kita menggunakan HP dan mendaftarkan diri pada Forum – Forum misalnya, kemudian sign up dan berhasil mendapatkan akun, lakukan penyimpanan password.

Pastikan passwordnya super unik dan susah dibobol ya, kemudian dilain waktu kita mau membaca artikel pada website forum tersebut menggunakan Laptop, tanpa perlu susah-susah memasukkan password lagi, kita bisa menggunakan autofill username dan password yang sebelumnya sudah disimpan melalui HP.

Namun, pastikan sebelumnya baik di HP maupun di Laptop menggunakan 1 akun Google Anda dan sinkronisasinya dalam posisi ON ya.

Akhir Kata

Diatas hanya contoh kecil fungsi pada Chrome yang bisa kita lakukan dan manfaatkan. Tentu ada banyak sekali fitur Google Chrome yang lain yang belum dituliskan.

Namun, 3 hal tersebut cukup membantu buat Kita dalam penggunaan sehari-hari.

Demikian Tips sederhana dan singkat dalam menggunakan Google Chrome, semoga bermanfaat ya.

  • Bagikan