Sistem Registrasi Kartu SIM Diusulkan Menggunakan Autenfikasi Dua Faktor

  • Bagikan
4e51b37e 11372 registrasi kartu sim ponsel



11372 registrasi kartu sim ponsel

cakrawalarafflesia – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri mengusulkan perbaikan sistem registrasi kartu SIM prabayar untuk mencegah penyalahgunaan NIK dalam registrasi kartu perdana.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (8/7/2021) mengatakan cara-cara perbaikan tersebut bisa dengan mengubah SOP pendaftaran dengan autentikasi dua faktor.

“Misalnya, gabungan NIK dan tanda tangan elektronik, jadi betul-betul orang yang memiliki tanda tangan itu yang mendaftar kartu prabayar. Ini lebih secure karena tempat TTE dan NIK akan terpisah,” kata Zudan seperti dilansir dari Antara.

Alternatif lain ke depan, lanjut dia, bisa dengan verifikasi NIK dan biometrik foto wajah.

Baca Juga :  Resmi Diperkenalkan, Samsung Galaxy M62 Bakal Segera Dijual di Indonesia

Baca Juga:
Solusi NIK Tidak Ditemukan Saat Daftar CPNS 2021

“Foto wajah harus live detection face, misalnya sembari selfie,” kata Zudan.

Ditjen Dukcapil Kemendagri masih menemukan pelanggaran terhadap Peraturan Menteri Kominfo terkait dengan registrasi pelanggan jasa telekomunikasi.

Aturan tersebut menyebutkan calon pelanggan prabayar dapat melakukan registrasi sendiri paling banyak 3 nomor pelanggan untuk setiap NIK pada setiap penyelenggara jasa telekomunikasi.

“Temuan kami satu NIK diregistrasi untuk lebih tiga nomor pelanggan. Juga registrasi kartu prabayar dengan menggunakan NIK dan No. KK orang lain,” kata Zudan.

Baca Juga :  Cara Mudahnya dan Fitur yang Didapat

Berdasar log akses pada 7 Juli 2021, saat melakukan uji petik siapa pemilik nomor HP, Dukcapil menemukan fakta 1 NIK diregistrasi untuk 68 nomor HP Provider XL Axiata. Bahkan ada 1 NIK dipakai untuk 403 nomor HP Indosat.

Baca Juga:
Disertai Identitas, Begini Cara Registrasi Kartu SIM Card Baru

“Kemungkinan memakai NIK dan nomor KK yang ada di dunia maya atau saat membeli nomor sudah aktif,” ucapnya.





cakrawalarafflesia

  • Bagikan