Ini Alasan Aplikasi PeduliLindungi Muncul Pesan Tidak Ada Koneksi Internet!

  • Bagikan
ac2177e6 pedulilindungi apps logo

PeduliLindungi Apps Logo

Cakrawalarafflesia – Sebagai aplikasi atau situs layanan resmi buatan beberapa Kementerian di Indonesia, PeduliLindungi memiliki tujuan untuk memantau dan mengatasi pandemi COVID-19 di Tanah Air.

Aplikasi ini pun mulai banyak diakses oleh masyarakat Indonesia karena dapat memantau daerah atau zona-zona di sekitar rumah, apakah aman dari COVID-19 atau tidak.

Tak hanya sampai di situs saja, PeduliLindungi juga dapat digunakan untuk mengecek maupun mengunduh sertifikat dari vaksin COVID-19 pertama dan kedua yang telah didapatkan bagi yang telah melakukan vaksinasi.

Perlu diketahui bahwa pemerintah Indonesia dapat memantau daerah atau zona COVID-19 pada PeduliLindungi karena penggunanya harus mengaktifkan Bluetooth dan koneksi internet agar bisa terhubung dengan handphone lain di radius terdekat.

Selanjutnya, PeduliLindungi akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan).

Fitur inilah yang membuat aplikasi PeduliLindungi dapat menampilkan daerah atau zona risiko COVID-19 sesuai dengan tingkatannya meliputi hijau (aman), oranye (sedang), dan merah (berbahaya). Terdapat juga fitur menarik seperti informasi penting, catatan perjalanan, paspor COVID-19 digital, registrasi vaksin, konsultasi dengan dokter secara online, dan lainnya.

Baca Juga :  Asia Pasifik Jadi Target Utama Ransomware 2.0 Sepanjang 2020

Banyaknya fitur yang hadir pada aplikasi PeduliLindungi membuat banyak masyarakat Indonesia menggunakannya dari handphone. Namun baru-baru ini beberapa pengguna mengeluhkan bahwa aplikasi menampilkan pesan “Tidak Ada Koneksi Internet, mohon periksa koneksi jaringan anda” padahal koneksi data pada handphone aktif.

Sebenarnya banyak faktor yang membuat aplikasi PeduliLindungi memunculkan pesan tersebut dan tidak berjalan semestinya. Pertama, bisa saja sistem pada PeduliLindungi sedang terjadi error karena banyaknya orang yang mengakses secara bersamaan sehingga server mengalami masalah.

Untuk itu, kamu bisa menunggunya hingga server kembali normal. Dengan kata lain, kamu dapat mengaksesnya beberapa kali hingga melihat pesan Tidak Ada Koneksi Internet hilang.

Baca Juga :  Tips Amankan Akun WhatsApp dari Peretasan

Sementara itu, kemungkinan juga bisa dikarenakan aplikasi mendapatkan bug sehingga memunculkan pesan tersebut. Sebaiknya kamu melakukan reset data aplikasi agar aplikasi dapat berjalan seperti semula.

Apabila cara tersebut masih tidak berhasil, bisa jadi hal ini disebabkan karena pengisian biodata kamu tidak benar sewaktu pertama kali melakukan registrasi akun di PeduliLindungi. Kamu pun dapat mencoba kembali untuk mendaftarkan diri di PeduliLindungi dengan biodata yang benar.

Namun penyebab lainnya karena kamu kelupaan mengaktifkan Bluetooth pada handphone sehingga menyebabkan pesan tidak muncul sama sekali. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, aplikasi PeduliLindungi bisa berjalan dengan normal apabila Bluetooth dan koneksi data pada handphone aktif secara bersamaan.

Terakhir, bisa saja munculnya pesan ini karena operator sedang mengalami masalah jaringan sehingga meskipun terlihat aktif, namun jaringan internet di handphone tidak bisa terhubung dengan benar sehingga membuat aplikasi PeduliLindungi tidak terkoneksi ke jaringan internet.

gadget trend

  • Bagikan
Positive SSL