Cara Mengoptimalkan Cloud Hosting

  • Bagikan
6b25e50a untitled 2 min 2

Ketika Website Kehabisan Sumber Daya

Cara Mengoptimalkan Cloud Hosting – Sebuah website umumnya tidak lepas dari masalah. Salah satu masalah yang terkadang cukup membingungkan adalah kehabisan sumber daya. Mengapa ini terjadi. Ya, ini bisa jadi karena situs Anda mendapatkan lebih banyak lalu lintas, atau karena pembaruan dari CMS lain.

Juga plugin yang semakin haus akan resource. Ketika resource website Anda habis, akan terjadi semacam kemacetan yang menyebabkan website menjadi lambat untuk diakses atau koneksi timeout. Jadi pastikan penggunaan resource website Anda selalu di bawah batas, sesuai dengan paket Cloud Hosting Indonesiayang Anda pilih.

Penyebab Website Berlebihan

Seiring waktu, situs web Anda bisa menjadi sangat lambat dan sulit diakses, atau menjadi kelebihan beban. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Salah satunya, seperti yang disebutkan di bagian sebelumnya, adalah lalu lintas tinggi di situs web dan tema atau plugin yang tidak dioptimalkan.

Ambil contoh situs web WordPress. Jika ada tema atau plugin yang tidak kompatibel dan tidak dioptimalkan, ini dapat berdampak sangat serius pada kinerja situs web Anda. Untuk itu, Anda harus menyelesaikan masalah ini. Optimalisasi cloud hosting adalah jawabannya.

Cara Mengoptimalkan Cloud Hosting

Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan resource cloud hosting? Friends Unlimited, berikut adalah tips untuk mengoptimalkan sumber daya situs WordPress Anda:

Optimalkan skrip

Cara pertama Anda dapat mengoptimalkan sumber daya cloud hosting Anda adalah dengan menjalankan skrip pengoptimalan. Ini adalah tindakan mengurangi plugin yang digunakan di situs web Anda.

Sebelum melakukan pengurangan, Anda dapat memeriksa plugin WordPress mana yang paling banyak menghabiskan sumber daya. Anda dapat memeriksanya menggunakan plugin P3 Profiler. Plugin ini memprofilkan kinerja plugin situs web WordPress Anda dengan mengukur dampaknya terhadap waktu buka situs web Anda.

Seringkali, WordPress memuat sangat lambat karena plugin yang tidak dikonfigurasi dengan benar. Dengan plugin ini, Anda dapat menghilangkan apa pun yang menyebabkan situs web Anda melambat.

Pengoptimalan basis data menggunakan BackWPup

Cara lain adalah dengan mengoptimalkan database. Untuk melakukan optimasi pada database, Anda bisa menggunakan plugin dari BackWPup. Plugin ini tidak hanya mengembalikan file Anda, tetapi juga mengoptimalkan database. Cadangan dapat disimpan di server, Dropbox, CDN, atau di email. Akan ada sedikit konfigurasi yang harus Anda lakukan.

Dengan menginstal BackWPup, Anda dapat menjadwalkan dan memilih rencana pencadangan, dan apa yang akan dicadangkan. Termasuk menghapus file backup lama dan menggantinya dengan yang baru.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Cloud Hosting?

Hapus Cache menggunakan DB Cache

Jika Anda menemukan bahwa membersihkan cache di WordPress menggunakan plugin lain, seperti WP Total Cache terlalu rumit untuk diatur, Anda dapat menggunakan DB Cache sebagai solusinya. Plugin ini dapat mengurangi permintaan HTTP hingga 70%. Hal ini sangat berpengaruh pada beban server itu sendiri. Banyak yang memasangkan plugin ini dengan Hypercache.

Menggunakan kerangka tema Genesis.

Kerangka kerja Genesis adalah kerangka kerja tema populer yang banyak digunakan oleh pengguna WordPress. Kerangka kerja ini dibangun menggunakan kode bersih, untuk tujuan kecepatan pemuatan situs web yang efisien.

Saat menggunakan kerangka kerja ini, tampilan situs web WordPress Anda dapat ditingkatkan dan disesuaikan. Pengguna Genesis Framework umumnya akan menggunakan pembuat situs web khusus untuk mereka. Namanya Dynamic Website Builder. Pembuatnya digambarkan sebagai tema anak Genesis do-it-yourself.

Yang memberi pengguna kemampuan untuk menyesuaikan situs web mereka tanpa kerumitan pengkodean. Penyesuaian yang dapat dilakukan antara lain mengedit footer, menambahkan widget, dan meningkatkan responsivitas untuk tampilan seluler dengan ratusan pengaturan desain.

Ubah ukuran dan kompres gambar

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk optimasi cloud hosting adalah dengan mengubah ukuran dan mengompres gambar. Untuk mengubah ukuran dan mengompresi gambar, Anda dapat menggunakan Imsanity dan TinyPNG.org. Pertama, adalah Iman. Insanity berguna untuk mencegah upload Anda menjadi lebih besar dari ukuran yang telah Anda tetapkan sebelumnya.

Selain mencegah unggahan gambar yang memiliki ukuran yang besar, plugin ini juga bisa mengubah ukuran gambar secara massal yang telah diunggah. Kualitas upload juga terjaga. Secara default, kualitas gambar yang diunggah di WordPress adalah 90%. Dan Imsanity memungkinkan untuk menjaga kualitas gambar pada 100%.

Cara lain untuk mengompresi gambar adalah dengan menggunakan situs tinypng.org. Website ini dapat digunakan untuk mengkompres gambar, baik format jpg maupun png. TinyPNG mampu memperkecil ukuran gambar dari 60% menjadi 80%.

Menghapus Email dari server

Menghapus email dari server juga bisa menjadi cara lain untuk mengoptimalkan cloud hosting. Akun email rata-rata, menyimpan sebuah file lebih dari 250MB email lama. Dan forwarding ke akun email lain bisa dilakukan dengan cara, tanpa harus menyimpan email di server.

Cukup buat pengirim email. Jika sudah mempunnyai akun email, Anda dapat menghapusnya di cPanel dan cukup menggunakan Forwarder. Setelah itu, semua email yang ada tersebut akan diteruskan ke klien tanpa harus menyimpannya di dalam server.

Peningkatan PHP

Bagi developer, solusi terbaik untuk mengoptimalkan cloud hosting adalah dengan mengupgrade versi PHP. Dengan meningkatakan program PHP dari versi 5 ke versi 7, Anda akan bisa mendapatkan website yang lebih cepat dan juga lebih hemat memori. Sobat Unlimited, begitulah cara optimasi cloud hosting.

Cloud hosting merupakan solusi bagi anda yang menginginkan web hosting yang handal dan terpercaya. Mengoptimalkan cloud hosting sangat penting untuk menghindari hal terburuk yang mungkin terjadi pada situs web Anda. Jika membuat website, pastikan untuk memilih penyedia hosting terbaik, dengan layanan terbaik. Demikianlah ulasan tentang cara mengoptimalkan cloud hosting semoga bermanfaat.



Source link

Baca Juga :  ✅Harga dan Spesifikasi HP vivo Terbaru 2021
  • Bagikan