HD Komitmen Sejahterakan Petani – cakrawalarafflesia

  • Bagikan
210beb77 hdpetani1


cakrawalarafflesia, PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumsel berkomitmen untuk mensejahterakan para petani. Komitmen tersebut diantaranya dengan meluncurkan kegiatan bagi benih Sumsel pada 2024 mendatang.

“Kita akan berkomitmen agar petani di Sumsel bisa maju dan sejahtera,” kata Gubernur Sumsel H Herman Deru saat membuka acara kegiatan peningkatan kompetensi petugas Pengawas Benih Tanaman (PBT), Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT), Petugas Perningkatan Ekonomi Pertanian-Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (PPEP-POPT) dan Penangkar Benih Tanaman Pangan, di Hotel Santika Premiere Palembang, Selasa (6/7).

Dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sumsel Bambang Pramono, Direktur Utama PT Pusri Tri Wahyudi Saleh, Direktur utama Bank SumselBabel (BSB), Achmad Syamsudin, Ketua Patani Sumsel Sarjan Tahir.

Baca Juga :  Ini Lokasi Penyekatan di Palembang – cakrawalarafflesia

Deru mengatakan, saat ini kebutuhan benih di Sumsel baru mencapai sekitar 20 persen saja dari kebutuhan. Untuk tanam satu tahun yang berjumlah 25 ribu ton baru bisa terpenuhi.

“Dari sumsel sendiri sebanyak 5 ribu ton, artinya baru terpenuhi 20 persen, dan kita akan terus berkomitmen bersama dengan Kabupaten atau Kota dan seluruh penangkar secara bertahap menuju tahun 2024 bisa terpenuhi secara mandiri, demi Sumatera Selatan,” ujar Deru.

Selain meluncurkan kegiatan bagi benih, Deru juga meresmikan aplikasi Market Place Sibejajo yang bertujuan dapat memberikan pilihan-pilihan pada petani Sumsel untuk mencari sarana kebutuhan pertanian .

Baca Juga :  Kanwil Kemenkumham Sulsel Gandeng Empat Perguruan Tinggi

“Para petani dapat memasarkan prodak prodak yang dihasilkan, sehingga mereka tidak hanya menjual di sekitarnya saja,” ujarnya.

Dikatakannya, produksi yang berkualitas bisa dipasarkan secara nasional melalui Market Place yang diinisiasikan petani Indonesia, dan yang pasti lebih menguntungkan bagi petani yang ada di Sumsel.

“Jika produksinya bagus dan berkualitas, tentu saja bisa dipasarkan secara nasional, dan yang pasti lebih menguntungkan lagi,” tutupnya.(edy)





Melansir Sumeks co

  • Bagikan