Cara Asyik dan Sederhana Perkenalkan Pendidikan Untuk Si Kecil di Masa Golden Age

  • Bagikan
3070201d pendidikananak

Cara Asyik dan Sederhana Perkenalkan Pendidikan Untuk Si Kecil di Masa Golden Age

Cara Asyik dan Sederhana Perkenalkan Pendidikan Untuk Si Kecil di Masa Golden Age

Perempuan adalah sekolah pertama bagi putra dan putrinya. Bukan hal yang mudah menjadi orang tua. Apalagi sejak anak mulai mengerti, mereka akan banyak belajar dari memperhatikan sikap dari orang tuanya. Ya, karena anak sangat pandai meniru apa yang orang tuanya lakukan.Nah, bagi para orang tua, yuk, mulai sekarang sadar untuk memperkenalkan pendidikan dengan cara asyik dan sederhana. 

Nah, bagi kamu para orang tua muda, juga bisa menerapkan cara asyik dan sederhana perkenalkan pendidikan untuk si kecil di masa golden age, ini, bisa dengan mudah lho. Bagiamana sih cara memulainya? Hal sederhana bagaimana yang di maksud? Yuk, kita kupas tuntas dalam artikel kali ini. 

Perkenalkan suara

Pada kehamilan 24 minggu atau trimester ketika bayi dalam kandungan sudah bisa merespon apa yang ada di luar Rahim. Artinya dia akan mulai mengenali suara-suara di luar Rahim. Untuk itu, penting bagi Ayah dan Ibunya mengajak dia berbicara, agar si kecil mengenali suara orang tuanya. Selain itu juga bisa loh mulai membacakan cerita-cerita ringan dan juga mendengarkan istrumen musik. Karena hal ini juga bisa membentuk kecerdasan anak. 

Baca Juga :  Alur Seleksi CPNS 2021, PPPK Guru, dan PPPK Non Guru

Belajar Sambil Bermain

Saat usia 1 tahun, anak-anak sudah mulai mengerti apa yang orang katakan kepadanya. Meski tentunya belum banyak yang langsung dapat diterima olehnya. Tapi, sebagai orangtua kita tidak boleh bermalas-malasan hanya karena respon yang diberikan si kecil belum sempurna, ya. Nah, bagi para orang tua bisa mulai memperkenalkan hal ini dari bermain seru dengannya, seperti: bermain air, memperkenalkan hewan-hewan misalkan kucing. 

Membacakan Cerita

Sering membacakan cerita untuk si kecil bisa berdampak besar bagi mereka, lho. Sejak kehamilan trimester hingga usia 3 tahun sejak anak dilahirkan , merupakan masa emas yang hanya terjadi satu kali dan sangat saying jika terlewatkan begitu saja. Pada masa ini pertumbuhan otak anak terjadi. Jadi, rajin membacakannya cerita menjadi hal baik buat si kecil. 

Pembentukan karakter dengan hal sederhana

Pembentukan karakter pada si kecil bisa dimulai sejak usia 1 tahunan, lho. Karena pada usia ini, si kecil mulai aktif dan mulai belajar dari sekitarnya. Kita bisa mulai melibatkan dia dari berbagai kegiatan yang tentunya tidak membahayakan ya, misalkan saat kita ada kegiatan sosialisasi, berkebun, membersihkan rumah, merapikan mainan. Bisa dimulai dari hal sederhana itu, ya.  Sederhana bukan, cara yang digunakan untuk perkenalkan pendidikan anak?

Baca Juga :  Kumpulan Rumus Matematika SD SMP SMA Disertai Contoh

Bermain di Alam Sekitar

Jangan terlalu banyak membatasi si kecil saat memasuki masa golden age, ya. Artinya beri dia waktu dan ruang kebebasan untuk belajar mengekspresikan dirinya, sesuai dengan kesanggupannya saat itu.

Tentunya orang tua perlu untuk terus mendampingi dan mengawasi agar di saat anak belajar mereka tetap dalam kondisi aman. Membawa si kecil ke untuk belajar di alam itu merupakan salah satu cara asyik dan sederhana, untuk Ayah dan Ibu perkenalkan Pendidikan untuk si kecil. Jangan berikan gadget di masa-masa yang seharusnya mereka belum boleh dapatkan, ya. Gimana sudahkah?    

Nah, itu dia Cara Asyik dan Sederhana Perkenalkan Pendidikan Si Kecil di Masa Golden Age. Bagi para orang tua untuk bisa membentuk karakter anak yang baik, mandiri, kuat tentulah butuh keterlibatan besar dari kedua orang tuanya, ya. Karena orang tua adalah rumah ternyaman yang harusnya dimiliki anak-anak. Tetap semangat dan konsisten untuk terus belajar, ya!

  • Bagikan