Duh, Microsoft Bakal Ubah Syarat Install Windows 11 Loh

  • Bagikan
ef109317 33239 windows 11

Microsoft kemungkinan akan mengubah sejumlah syarat perangkat yang bisa menjalankan Windows 10 agar bisa menginstal Windows 11 secara gratis.

Tapi ketentuan spesifikasi baru ini masih akan diuji dulu kepada sebagian pengguna yang sudah bisa menggunakan Windows 11 lewat program Insider mereka. Sehingga perusahaan bisa mendapat lebih banyak data untuk mengevaluasi performa dan keamanan Windows 11 jika berjalan di perangkat dengan hardware dengan spesifikasi lebih rendah.

Sebab, spesifikasi minimum yang ditetapkan Microsoft sebelumnya banyak berkaitan dengan kebutuhan keamanan dan performa laptop. Seperti misal ketentuan PC harus mendukung TPM 2.0 memang banyak diprotes, tapi menurut Microsoft fitur ini penting untuk mendukung keamanan PC.

“Windows 11 meningkatkan standar keamanan dengan memerlukan perangkat keras yang dapat mengaktifkan perlindungan seperti Windows Hello, Enkripsi Perangkat, keamanan berbasis virtualisasi (VBS), integritas kode yang dilindungi hypervisor (HVCI) dan Boot Aman. Kombinasi fitur-fitur ini telah terbukti mengurangi malware hingga 60 persen pada perangkat yang diuji,” jelas perusahaan teknologi itu seperti dikutip Windows Central

Baca Juga :  Kenali Surat Suara Pilkada Kab Kepahiang 2020

Menurut Microsoft syarat keamanan tersebut bisa dipenuhi oleh chip Intel 8th Gen, AMD Zen 2, dan Qualcomm 7 dan 8 series. Meski demikian, perusahaan itu sekarang tengah menguji apakah chip Intel Generasi ke-7 dan AMD Zen 1 juga bisa memenuhi standar keamanan tersebut.

Sebelumnya, PC dan laptop yang bisa melakukan upgrade ke Windows 11 mesti memenuhi persyaratan perangkat keras dengan spesifikasi sebagai berikut seperti dilansir laman resmi Microsoft

Syarat Install Windows 11:

– Prosesor: minimal 1 gigahertz (GHz) dengan 2 inti atau lebih dengan prosesor atau SoC 64-bit yang kompatibel
– RAM 4GB, dan
– penyimpanan ROM 64GB.
– perangkat harus mendukung TPM 2.0,
– mendukung grafis DirectX 12,
– firmware sistem UEFI dan bisa melakukan Secure Boot
– Layar lebih besar dari 9 inci dengan resolusi HD (720p)
– Touchpad yang presisi, dan sejumlah ketentuan lain yang bisa dilihat di tautan ini

Baca Juga :  Ramai-Ramai Pengusaha Beberkan Manfaat UU Cipta Kerja

Namun, belakangan Microsoft merevisi ketentuan spesifikasi minimum ini. Revisi ini datang setelah sejumlah pengguna mengeluh PC mereka yang relatif baru tak kompatibel untuk melakukan pembaruan ke Windows 11.

Sehingga, Microsoft tengah mengupayakan PC yang menggunakan prosesor Intel generasi ke-7 atau AMD generasi 1 masih bisa melakukan pembaruan ke Windows 11.

  • Bagikan