Penyebab dan Cara Mengatasi CD/DVD Tidak Terdeteksi

  • Bagikan
6f763ede flashdisk

Penyebab dan Cara Mengatasi CD/DVD Tidak Terdeteksi

Permasalah CD/DVD pada komputer atau laptop memang sudah umum terjadi. Jangan langsung menyimpulkan bahwa CD/DVD yang anda miliki ini mengalami kerusakan.

Sebelum memutuskan untuk memeformat atau mengganti perangkatnya, mungkin beberapa solusi ini bisa membantu mengatasi permasalahan anda.

Untuk beberapa kasus, masalah CD/DVD tidak terdeteksi diakibatkan oleh virus yang menyerang komputer atau laptop.

Silahkan lakukan scanning pada komputer atau laptop anda, ya itu pun jika permasalahannya berkaitan dengan virus.

Namun ada beberapa penyebab lainnya yang perlu anda perhatikan ketika CD/DVD ROM ini tidak terbaca oleh komputer. Mari kita lihat beberapa penyebab CD/DVD ROM tidak terbaca oleh komputer atau laptop.

Penyebab dan Cara CD/DVD Tidak Terdeteksi

Selain terkena virus, ada beberapa penyebab lain mengapa CD/DVD ROM tidak terbaca oleh komputer atau laptop anda. Untuk itu, anda perlu mengetahui beberapa penyebab berikut ini serta solusi untuk mengatasinya.

Baca Juga: Situs penghasil saaldo paypal dan google play card geratis 2021

CD/DVD Disk Tergores

Salah satu penyebab CD/DVD Disk anda tidak bisa terbaca oleh komputer atau laptop disebabkan karena adanya goresan, debu bahkan retak pada permukaan DVD nya. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini anda bisa menyimpan CD/DVD Disk di tempat yang aman dan benar.

Baca Juga :  Deretan Mouse Gaming Logitech Ini Bakal Bantu Kamu Main permainan Lebih Nyaman

Pemasangan Label yang Tidak Sesuai

Hindari pemasangan label pada CD/DVD anda. Hal ini bisa menyebabkan CD/DVD tidak bisa diputar. Alangkah lebih baik gunakan spidol permanen untuk menamai setiap disknya.

CD/DVD Drive Mengalami Kerusakan

Selain kerusakan pada Disknya, anda juga harus memperhatikan pada hardware pemutar CD/DVD nya apakah mengalami kerusakan atau tidak. Jika mengalami kerusakan, tentu inilah yang membuat CD/DVD disk anda tidak terbaca oleh komputer atau laptopnya.

Kesalahan pada Proses Burning

Nah dalam proses burning sendiri harus dilakukan dengan benar. Banyak yang tdak menyadari bahwa proses burning pun bisa menyebabkan CD/DVD disk anda tidak terbaca oleh komputer atau laptop.

Sebaiknya, atur kecepatan proses burning pada tingkatan rendah. Usahakan di bawah kecepatan maksimal yang tertera pada CD/DVD disknya.

Resolusi PC/Laptop Tidak Sesuai Dengan CD/DVD

Hal ini juga perlu anda perhatikan, silahkan atur resolusi layar PC atau laptop anda agar kompatibel degan CD/DVD yang digunakan.

Untuk mengatur resolusi komputer atau laptop, bisa ikuti langkah – langkah di bawah ini :

  • Silahkan masuk ke control panel
  • Lalu pilih  Appearance and Personalization
  • Kemudian pilih Adjust Resolution
  • Sesuaikan resolusi layar anda menjadi 640×480, 720×480, atau sesuai dengan format yang dibutuhkan CD/DVD nya.
Baca Juga :  Spotify Premium Gratis Tiga Bulan Untuk Pengguna Handphone Samsung

DVD ROM Tidak Mendukung Format DVD

Untuk beberapa kasus, drive DVD ROM hanya bisa membaca disk dengan format DVD+R atau DVD-R saja. Apabila anda memburn DVD dengan jenis DVD recordable yang tidak mendukung DVD ROM, kemungkinan DVD tidak bisa diputar pada komputer atau laptop anda.

Tips Penting !

Selalu jaga kebersihan CD/DVD Disk dan Drivenya. Jika CD/DVD Disk yang anda miliki sudah tidak lama digunakan, pasti ada saja debu atau kotoran yang menempel pada permukaan disknya. Hal inilah yang menyebabkan disk tidak bisa dibaca oleh komputer atau laptop anda. Selain itu, jika disknya sudah dirasa bersih, pastikan juga perangkat pemutar disknya harus bersih dari debu dan kotoran yang menempel.

Kesimpulan

Setelah mengetahui beberapa penyebab dan cara mengatasi CD/DVD tidak terbaca, diharapkan anda bisa memperbaikinya sendiri di rumah.

Berbicara mengenai solusi, mungkin masih banyak cara lain untuk memperbaiki CD/DVD yang tidak terbaca oleh komputer atau laptop. Namun, beberapa solusi yang saya berikan ini bisa mengatasi permasalahan yang anda hadapi saat ini.

  • Bagikan