PDHI Siap Awasi Hewan Kurban – cakrawalarafflesia

  • Bagikan
322ee653 img 20210701 wa0142


cakrawalarafflesia, PALEMBANG – Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Provinsi Sumsel berharap dengan adanya kegiatan Idul Adha mendatang, Pemprov Sumsel dapat lebih bekerja sama dengan PDHI.

Ketua PDHI Sumsel Dr Drh Jafrizal MM mengatakan, Pemprov Sumsel dapat bermitra dengan PDHI dan Petindo yang ada di Sumsel. Kerja sama ini tidak bisa dilakukan dengan pihak kesehatan saja, namun juga harus ada kebijakan yang ada, dan MUI untuk segi syariatnya.

Baca Juga :  Peras Mantan Camat, IRT Kena OTT Polisi di SPBU Kepahiang

“Dari seribu sapi yang sudah dilakukan pemeriksaan di tahun sebelumnya ada 8,8 persen yang belum memenuhi standar syariat, sedangkan kambing 50 persen yang belum memenuhi standar, khsususnya di masalah umur,” jelasnya.

Jefrizal juga menambahkan, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan kepada hewan qurban, agar penyakitnya tidak menular kepada manusia,” katanya.

Untuk sementara akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu di Kota Palembang. Dirinya juga mengungkapkan, bahwa kendala yang saat ini dihadapi adalah banyaknya masjid ada di Kota Palembang. Sedangkan tenaga medis untuk melakukan pemeriksaan tidak mencukupi, sehingga ada sebagian tempat pemotongan tidak terpantau oleh tim PDHI.

Baca Juga :  Update Peringatan Dini BMKG Untuk Sulawesi Selatan

“Ada ribuan masjid di Kota Palembang, namun hanya sebagian yang terpantau, karena kami tim medis kami terbatas,” pungkasnya. (edy)





Melansir Sumeks co

  • Bagikan