Krisis Honda Turut Pengaruhi Performa Pol Espargaro

  • Bagikan
49516fa4 krisis honda turut pengaruhi performa pol espargaro


Berita MotoGP: Momen buruk yang dialami Honda sejak musim 2020 turut membawa Pol Espargaro terseret dalam krisis, performanya kian merosot hingga balapan terakhir di Assen.

Pol Espargaro memilih hengkang dari KTM pada akhir musim 2020 demi bergabung dengan Repsol Honda. Pebalap berusia 30 tahun itu mengaku mencari tantangan baru dan mengambil langkah maju dalam kariernya.

Sebelum menjajal motor RC213V untuk pertama kalinya, rider berjuluk Polyccio tersebut berambisi bisa merengkuh podium dan memenangkan balapan bersama pabrikan asal Jepang itu.

Setelah sembilan balapan berlalu, kenyataan dan harapan tak sejalan. Situasinya saat ini sangat berbanding terbalik dengan perkiraannya. Espargaro hanya berada di peringkat ke-12 dalam klasemen sementara pebalap dengan raihan 41 poin.

Hasil terbaiknya sejauh ini adalah finis kedelapan di MotoGP Qatar serta Prancis. Sulitnya adaptasi dengan motor RC213V menjadi salah satu penyebab dirinya tampil buruk. Espargaro bahkan telah mengalami crash sebanyak 13 kali sepanjang 2021, lebih dari empat musim selama ia memperkuat KTM.

Baca Juga :  Aprilia Dinilai Sudah Tak Lagi Jadi Tim Medioker MotoGP

Faktanya, pendahulu Espargaro, Alex Marquez, meraih lebih banyak poin di periode yang sama. Adik Marc Marquez tersebut mencapai angka 47 di saat MotoGP menyambangi Le Mans.

Kala itu, Alex Marquez finis kedua di MotoGP Prancis, yang menandai raihan podium perdananya di kelas premier. Tentu saja hal tersebut adalah sebuah kenyataan pahit yang harus ditelan Pol Espargaro.

Tak berhenti sampai di situ, debutnya bersama Honda juga telah memutus garis atas yang telah dibuatnya di KTM. Hanya pada dua tahun pertama di sana, raihan poinnya lebih rendah.

Bahkan ia diprediksi bakal kesulitan menyamai pencapaian briliannya pada 2020. Saat membela pabrikan asal Austria itu, pebalap berusia 30 tahun itu lima kali menapaki tangga podium dan finis di posisi kelima klasemen akhir.

Baca Juga :  Ayah Lorenzo Sebut Rossi Raja Permainan Curang di MotoGP

Dalam sembilan balapan pertama tahun lalu, Espargaro berhasil merengkuh satu pole position dan dua podium. Fakta tersebut pun makin menegaskan regresi yang dialami rider asal Spanyol itu.

Bahkan, untuk bersaing dengan Marc Marquez, rekan setimnya yang baru comeback di MotoGP Portugal setelah absen hampir semusim karena cedera, Espargaro harus bekerja keras.

Marquez juga sudah sukses mempersembahkan kemenangan bagi Repsol Honda musim ini saat menjadi yang tercepat di Sachsenring. Ia kini menempati P10 di klasemen sementara pebalap, dua tingkat di atas dirinya.

Artikel Tag: Pol Espargaro, repsol honda, MotoGP 2021





Source link

  • Bagikan