HUT Bhayangkara, Presiden Jokowi Ingatkan Tugas Polri Saat Pandemi

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo mengatakan Polri memiliki tugas baru selama pandemi Covid-19. (Lukas - Biro Pers)
Presiden Joko Widodo mengatakan Polri memiliki tugas baru selama pandemi Covid-19. (Lukas - Biro Pers)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Polri punya sejumlah tugas baru saat pandemi Covid-19. Hal itu ia sampaikan dalam rangka merayakan Hari Bhayangkara ke-75.

Jokowi mengingatkan tugas kepolisian bukan hanya di bidang hukum, keamanan, dan ketertiban. Ia mau Polri berperan lebih luas di masyarakat.

“Berperan lebih luas lagi: dari menjaga kedisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan hingga menyukseskan program vaksinasi nasional,” kata Jokowi lewat akun Instagram @jokowi, Kamis (1/7).

Jokowi mengatakan bangsa Indonesia beruntung memiliki para Bhayangkara. Menurutnya, Polri solid dan teguh menjalankan fungsi sebagai pengayom dan pelayan masyarakat saat pandemi menghentak.

Baca Juga :  Daftar Negara dengan Transfer Hasil Kejahatan Cyber Terbesar ke RI

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengucapkan terima kasih atas jasa para Bhayangkara. Ia mengucapkan selamat Hari Bhayangkara lewat sebuah gambar kartun.

“Selamat Hari Bhayangkara ke-75,” tulis Jokowi disertai gambar tiga personel Polri yang sedang memberi hormat.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan setiap markas polisi yang tersebar di seluruh Indonesia dapat memberi pelayanan vaksinasi secara gratis kepada masyarakat.

Hal tersebut dilakukan guna mempertahankan target pemberian vaksin sebanyak 1 juta dosis kepada masyarakat per hari untuk mendapat kekebalan komunal (herd immunity).

“Untuk mempertahankan dan memantapkan target tersebut, Kapolri telah memerintahkan agar seluruh Polda, Polres sampai ke Polsek untuk mendirikan gerak vaksin Presisi yang akan melayani masyarakat yang belum divaksin,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono saat dihubungi, Rabu (30/6).

Baca Juga :  Bos Petronas Sambut Hangat Valentino Rossi

Hari Bhayangkara dirayakan sebagai hari kepolisian Nasional setiap tahun. Hari itu diperingati merujuk penerbitan Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 1946.

Aturan itu menyatukan kepolisian yang terpisah di era penjajahan Belanda. Perpres itu menjadikan kepolisian sebagai satu kesatuan nasional dan bertanggung jawab secara langsung pada pimpinan tertinggi negara, yaitu presiden.

  • Bagikan