7 Tips Diet Sehat yang Benar dan Tak Menyiksa

  • Bagikan
Tips Diet Sehat yang Benar

7 Tips Diet Sehat yang Benar dan Tak Menyiksa

Melansir Center for Disease Control and Prevention asupan berikut dapat Anda coba sebagai cara diet sehat yang benar.


1. Banyak Makan Buah

Cripps Pink apples and Pink Lady apples are the exact same apple with the same pink color and quality. The only difference is that Pink Lady® is a registered trademark of the Pink Lady Apple Association.  Pink Lady® was one of the first apples to be marketed under a specific brand name rather than by its variety name.Cara diet sehat yang benar dengan mengonsumsi buah setiap hari (Foto: iStockphoto/jlipko)

CDC menyarankan untuk mengonsumsi buah-buahan segar setiap hari. Anda boleh mengonsumsi buah-buahan apa pun selain pisang, manga, kiwi ataupun buah lainnya.

Cara terbaik menyantapnya adalah langsung atau diolah dalam bentuk jus namun tanpa tambahan gula.


2. Rutin Makan Sayur Hijau

Closeup of cah kangkung, kangkong, or water spinach stirred.Cara diet sehat yang benar adalah rutin makan sayuran hijau (Foto: iStockphoto/ferlistockphoto)

Sayuran hijau wajib masuk daftar diet sehat yang benar. Sayuran hijau selain tinggi serat dan mengandung banyak vitamin dan mineral, juga dikenal rendah kalori dan karbohidrat sehingga membantu mengenyangkan perut lebih lama.

Melansir Healthline, makan sayuran hijau merupakan cara yang baik meningkatkan volume makan tanpa meningkatkan kalori. Penelitian menunjukkan bahwa makanan dengan kepadatan energi terbukti membantu pembakaran lemak.


3. Tetap Makan Camilan Sehat

Various Nuts in  bowls on white background, top view, copy space. Nuts assortment - pecans, hazelnuts, walnuts, pistachios, almonds, pine nuts, peanuts, pumpkin seeds.Cara diet sehat yang benar dengan selektif memilih camilan (Foto: iStockphoto/Mizina)

Baca Juga :  6 Sayuran untuk Diet, Terbukti Bantu Turunkan Berat Badan

Dalam diet sering sekali muncul istilah cheat day, atau hari khusus makan di luar kebiasaan. Tidak salah memang, tapi agar diet sehat tidak sia-sia usahakan agar tetap mengonsumsi camilan sehat.

Camilan sehat bisa berupa cokelat hitam, kacang-kacangan, atau buah yang dicampur dengan yogurt rendah lemak.


4. Mengonsumsi Daging Tanpa Lemak

Homemade Irish beef stew with potatoes, carrots and peas in bowl on wooden table.  horizontalCara diet sehat yang benar adalah mengonsumsi daging tanpa lemak untuk mencukupi kebutuhan protein (Foto: Istockphoto/Getty Images/freeskyline)

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi daging merah segar, bukan daging prosesan, tidak meningkatkan risiko penyakit jantung ataupun diabetes.

Faktanya, daging merupakan salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan karena tinggi protein. Protein merupakan nutrisi yang membantu perut lebih kenyang dan meningkatkan pembakaran kalori.

Jika Anda sedang menjalani diet tinggi karbo, maka cara diet sehat yang benar adalah mengonsumsi daging tanpa lemak bisa melengkapi kebutuhan protein.


5. Banyak Minum Air Putih

Ilustrasi Minum Air putihCara diet sehat yang benar dengan banyak minum air putih (Foto: tookapic/Pixabay)

Baca Juga :  Diet Nanas Bisa Pangkas Berat Badan dalam 3 Hari Loh

Air merupakan minuman sehat bebas kalori dan gula. Air membantu tubuh tetap terhidrasi dan meringankan kerja ginjal.

Sebagian orang mungkin tidak menyukai rasa tawar pada air putih. Untuk menyiasatinya, bisa menambahkan buah menjadi infused water agar lebih nikmat untuk diminum.


6. Konsumsi Ikan

ilustrasi ikan kodCara diet sehat yang benar adalah sering mengonsumsi ikan (Foto: iStockphoto/Tuned_In)

Selain daging, ikan salah satu makanan sumber protein yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Saat menjalankan diet sehat, usahakan makan sekurangnya dua ikan dalam seminggu.

Disarankan mengonsumsi ikan segar dan mengurangi konsumsi ikan kalengan.


7. Kurangi Konsumsi Gula dan Garam

Ilustrasi Kue MacaroonCara diet sehat yang benar dengan mengurangi makanan minuman manis dan mengandung garam tinggi (Foto: 2cassis/Pixabay)

Cara diet sehat yang benar terakhir adalah mengurangi gula dan garam. Mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula terlalu sering berpotensi terkena obesitas dan kerusakan gigi.

Sementara makanan yang terlalu banyak garam berpotensi meningkatkan tekanan darah dan berujung pada potensi penyakit jantung atau stroke. Anda perlu jeli melihat tabel kemasan sebelum membelinya.

  • Bagikan