Cara Upgrade ke Windows 11

  • Bagikan
Cara Upgrade ke Windows 11
Cara Upgrade ke Windows 11

Microsoft secara resmi telah mengumumkan kehadiran Windows 11. Dengan serangkaian fitur baru, Windows 11 diklaim akan menyajikan pengalaman menggunakan komputer yang lebih segar dan konsisten di berbagai jenis komputer.

Anda tertarik upgrade ke Windows 11? Sabar dulu. Windows 11 harus melalui serangkaian proses uji coba sebelum resmi dirilis ke publik. Tanggal 28 Juni ini, Windows 11 akan dirilis ke komunitas Windows Insider Dev Channel. Setelah itu, masuk ke fase Beta dan Release Preview.

Baru mulai Oktober 2021, Windows 11 dirilis secara bertahap oleh umum. Update ke Windows 11 ini akan dilakukan melalui Windows Update, alias sama seperti Anda menerima update Windows 10. Enaknya lagi, semua gratis. 

Baca Juga :  Pesan Paus Fransiskus, Hari Natal Tengah Pandemi Covid-19
Tombol Windows kini ada di tengah, yang salah satunya mungkin untuk mengakomodir penggunaan layar berukuran besar cara Upgrade ke windows 11

Sambil menunggu kemunculan Windows 11, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Yang pertama adalah mengecek apakah komputer Anda memenuhi kebutuhan minimum Windows 11. Standar minimum itu adalah prosesor 64 bit dengan kecepatan minimal 1GHz dan dual core, 4GB RAM, serta 64GB storage. Sebagai perbandingan, Windows 10 cuma butuh 2GB RAM dan 32GB storage.

Selain itu, Windows 11 mendukung ukuran layar minimal 9 inci. Jadi, sistem operasi baru ini tidak bisa digunakan untuk tablet ukuran 8 inci.

Persyaratan lain adalah komputer Anda harus mendukung UEFI, Secure Boot, dan TMP 2.0. Anda bisa mengecek apakah komputer Anda bisa menjalankan aplikasi PC Health Check yang disediakan Microsoft.

Baca Juga :  Khutbah Jumat : Shalat Khusyuk

Lalu, bagaimana jika komputer Anda tidak bisa menjalankan Windows 11? Jangan khawatir. Anda tetap bisa menggunakan Windows 10 seperti sekarang. Microsoft memberi dukungan untuk Windows 10 sampai 14 Oktober 2025.

Anda juga tidak perlu khawatir jika buru-buru dan harus membeli komputer sekarang. Anda bisa membeli komputer yang menggunakan Windows 10 dulu, dan update nanti ketika Windows 11 sudah bisa digunakan. Anda hanya cukup pastikan komputer tersebut memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan.

  • Bagikan