Sejarah, Rumus dan Cara Pengaplikasiannya

  • Bagikan
62e85cd7 64703 rumus pythagoras



64703 rumus pythagoras

cakrawalarafflesia – Mendegar istilah rumus Pythagoras apa yang terbesit dalam benak anda? Sebuah rumus matematika yang sedari dulu anda hindari? Atau salah satu tokoh berpengaruh di dunia?

Keduanya adalah jawaban yang benar, salah satu rumus dalam bidang Matematika ini memang diberi nama sesuai dengan penemunya. Ingin tahu lebih jauh tentang Pythagoras? Simak ulasan tentang rumus Pythagoras lengkap dengan sejarah dan cara pengaplikasiannya.

Sejarah Pythagoras

Rumus pythagoras adalah sebuah rumus yang ditemuan oleh seorang ahli matematikan sekaligus filsafat yang lahir pada tahun 571 SM di kepulauan Samos, ia adalah anak dari pasangan Mnesarchus dann Pyhthias.

Baca Juga :  Google Kucurkan Dana Rp 261 Miliar untuk Atasi Covid-19 di India

Baca Juga:
Rumus Luas Persegi Panjang: Cara Menghitung dan Contoh Soalnya

Ayahnya adalah seorang pedagang berlian dari Tirus (Lebanon), mengutip dari biografiku.com saat masih remaja Pythagoras menghabiskan masa kecilnnya di daerah kepulauan Samos, kemudian saat menginjak usia remaja ia membantu ayahnya untuk berdagang.

Sampai pada suatu waktu ia pergi ke kota Miletus dan bertemu dengan sesorang bernama Thales, pertemuan tersebut rupanya membawa pengaruh positif terhadap Pythagoras.

Thales yang berprofesi sebagai seorang ahli matematika dan astronomi mengajari banyak pengetahuan seperti matematika dan astronomi, pertemuan ini dipercaya sebagai pemicu ketertarikan Pythagoras terhadap pengetahuan, terutama dalam bidang matematika.

Baca Juga :  Siap Siaga, Topan Surigae Diprediksi Picu Cuaca Buruk di 9 Provinsi

Dalam ulasan tersebut juga dijelaskan bahwa Pythagoras sempat pergi ke berbagai daerah untuk menimba ilmu, beberapa diantaranya adalah Italia dan Mesir.

 Pythagoras pernah mendirikan sebuah sekolah yang bernama The Semicircle di Kota Samos, sebelum akhirnya pada tahun 518 SM ia memutuskan untuk memindahkan sekolahnya ke kota Croton di Italia.

Baca Juga:
Volume Bola: Rumus dan Contoh Soalnya

Dari hal inilah akhirnya Pythagoras mulai memiliki banyak pengikut, bahkan kabarnya ia juga menjadii salah satu orang yang memiliki pengaruh besar dalam politik.





cakrawalarafflesia

  • Bagikan