HP X Kemendikbud Berikan Paket Belajar Teknologi Gratis Untuk Para Guru

  • Bagikan
74c22a50 seri semangat guru kemampuan nonteknis dalam adaptasi teknologi 1

Cakrawalarafflesia – Hawlett-Packard bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan para pakar edukasi untuk meluncurkan program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru yang bertajuk kemampuan nonteknis dan adaptasi teknologi.

DR Iwan Syahril Ph.D., selaku Direktur Jenderal GTK Kemendikbudristek mengatakan bahwa program guru belajar dan berbagi merupakan kegiatan kolaborasi antara pemerintah, guru, komunitas, dan berbagai unsur pemangku kepentingan untuk bergotong royong membagikan ide serta praktik melalui pelatihan daring secara gratis.

“Sudah hampir 100.o00 guru saling berbagi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), artikel, video pembelajaran dan berbagai webinar dari guru, kepala sekolah, serta komunitas pendidikan,” ujarnya kepada tim Cakrawalarafflesia.

Iwan menambahkan bahwa untuk seri belajar dan berbagi saat ini telah melibatkan 1,3 juta guru seperti seri pandemi, seri keterampilan hidup, asesmen kompetisi minimum, seri belajar mandiri untuk ASN dan P3K, seri pendidikan anak usia dini, seri pendidikan inklusif, dan seri kemampuan nonteknis dan adaptasi teknologi yang baru saja diluncurkan.

Dalam seri kemampuan nonteknis dan adaptasi teknologi, Kemendikbud bersama para pakar akan membantu guru dalam meningkatkan kompetensi guna mendukung pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar dan mengajar serta membantu menciptakan metode pembelajaran yang sesuai perkembangan zaman.

 

Nantinya pada seri belajar, para guru akan mendapatkan enam paket belajar dari berbagai pakar seperti Edward Suhadi selaku Produser, Sutradara, dan Storytelling, Adi Respati selaku Kepala Program TeknoEdu Websis for Edu, Vivit Kavi dan Vena Annisa selaku Konsultan dan pendiri V & V Communications, serta Bukik Setiawan selaku Ketua yayasan Guru Belajar.

Bagi para guru yang berminat mengikuti seri kemampuan nonteknis dan adaptasi teknologi dapat melakukan proses registrasi sampai pada tanggal 27 Juli 2021 mendatang dengan mengakses platform gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id dan memilih menu Ayo Guru Belajar.

Di halaman seri kemampuan nonteknis dan adaptasi teknologi, para guru juga dapat langsung masuk menggunakan alamat email dan kata sandi jika sudah terdaftar. Namun bila belum, maka dapat melakukan registrasi akun GTK terlebih dahulu.

Ada enam paket belajar atau kelas yang akan diterima para guru dalam Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru yang mengusung topik kemampuan nonteknis dan adaptasi teknologi meliputi Resilience: Tangguh dan Teknologi, Berpikir Kritis dan Teknologi, Konten dan Teknik Penceritaan, Komunikasi Efektif, Penerapan Kelas Campuran, dan Kolaborasi dan Dampak.

gadget trend

  • Bagikan