K3 Pengelasan yang Wajib Anda Ketahui Saat di Industri

  • Bagikan
K3 Pengelasan yang Wajib Anda Ketahui Saat di Industri
K3 Pengelasan yang Wajib Anda Ketahui Saat di Industri

K3 pengelasan merupakan alat pelindung diri yang berfungsi sebagai alat keselamatan untuk melakukan pekerjaan mengelas yang memang tergolong dalam pekerjaan yang membahayakan karena berhubungan dengan besi dan api. Alat pelindung ini terdiri mulai dari pelindung kepala hingga pelindung kaki.

Melakukan pekerjaan yang memiliki risiko tinggi memang butuh keberanian tinggi pula. Tetapi dengan tetap memperhatikan keselamatan pastinya akan lebih aman dan meminimalisir risiko yang mungkin akan terjadi. Nah, terdiri dari apa saja alat pelindung diri K3 ini? Untuk mendapatkan jawaban serta penjelasan lebih lengkapnya, bisa Anda simak pada penjelasan berikut ini

K3 Pengelasan yang Wajib Anda Ketahui Saat di Industri

Pakaian Kerja Las

K3 pengelasan yang pertama pakaian kerja las atau biasa disebut dengan apron ini berupa pakaian pelindung untuk keamanan tubuh juru las dari panas dan percikan api dari bahan ketika proses pengelasan. Ada beberapa bagian pada apron ini, yaitu apron dada dan apron lengan dengan bahan kulit yang kuat dan bisa melindungi bagian-bagian tertentu tersebut. Karena jika hanya dari bahan kain biasa, percikan api tersebut bisa membuat kain berlubang karena temperatur yang tinggi.

Sarung Tangan

Selain pakaian kerja las atau apron, alat pelindung selanjutnya adalah sarung tangan atau welding gloves. Alat ini dirancang khusus untuk melindungi tangan ketika melakukan pekerjaan mengelas. Sama dengan apron, sarung tangan ini juga terbuat dari bahan kulit atau bahan sejenis asbes dengan kelenturan yang baik sehingga tidak mengganggu kerja tangan untuk bergerak. Bahan-bahan ini bisa tahan pada temperatur tinggi sehingga bisa melindungi kulit Anda dari rasa panas api.

Sepatu Las

Bagian kaki juga tetap membutuhkan perlindungan berupa sepatu las atau safety shoes. Masih sama dengan menggunakan bahan kulit dan pada bagian depannya terdapat bagian dari pelat baja dengan fungsi melindungi kaki dari benda-benda berat yang kemungkinan bisa jatuh kapan saja dan juga dari benda-benda tajam. Sepatu yang memiliki sifat isolator ini juga bisa melindungi kaki dan tubuh dari bahaya listrik.

Helm Las atau Topeng Las

Helm Las atau Topeng las memiliki fungsi untuk melindungi bagian wajah terutama mata dari panas proses pengelasan, sinar las dan percikan api pengelasan. Topeng las ini dari bahan plastik tahan panas dan memiliki tiga lapis kaca yaitu kaca bening, hitam, bening untuk melindungi mata dari sinar tampak dan ultraviolet yang sangat berbahaya pada mata.

Untuk kaca las memiliki tingkatan pengkodean nomor, semakin besar ukurannya maka kegelapan kaca tersebut semakin tinggi atau semakin gelap. Penyesuaian kegelapan kaca ini menyesuaikan dengan kondisi mata yang paling cocok. Selain itu ukuran ampere perlu diperhatikan juga, karena semakin besar ukuran ampere bisa menciptakan cahaya yang lebih terang.

Masker Las

Seperti fungsi masker pada umumnya, masker ini juga melindungi pernafasan. Hanya saja, masker las ini lebih fokus untuk melindungi pernafasan dari asap las karena cukup berbahaya dan bisa mengganggu pernafasan. Hal ini karena asap las mengandung bahan kimia untuk perlindungan lasan, pembakaran dan pelelehan bahan lasan. Asap las ini juga berbentuk seperti serbuk bersih dan bisa menyumbat sistem pernapasan juru las.

K3 pengelasan ini harus Anda gunakan ketika melakukan pekerjaan pengelasan karena menyangkut keselamatan kerja. Jadi pengetahuan tentang alat keselamatan pengelasan ini sangat penting dan perlu diketahui sebelum Anda melakukan pengelasan. Jika Anda ingin berkonsultasi atau belajar pengelasan, Anda dapat berkunjung ke PT Allpro Mirai Indonesia sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pelatihan dan konsultan pengelasan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan bisa memberikan pengetahuan lebih untuk Anda. 

  • Bagikan