Kode Web Browser Pertama Berners-Lee Dilelang

  • Bagikan
ff80b862 68914 web browser


cakrawalarafflesia – Sir Tim Berners-Lee, salah satu penemu World Wide Web, menjual kode sumber ke browser web asli sebagai NFT.

Dilansir laman The Verge, mengutip dari BBC, Rabu (16/6/2021), lelang dilakukan Sotheby’s tidak hanya akan menyertakan kode untuk browser WorldWideWeb, tetapi juga surat dari Berners-Lee sendiri, file vektor yang dapat dicetak sebagai poster, dan video diam 30 menit yang menggambarkan kode yang sedang diketik.

Menurut siaran pers dari Sotheby’s, hasilnya akan digunakan untuk aktivitas Berners-Lee dan istrinya.

Kode yang dilelang berisi elemen web yang banyak dikenal saat ini, termasuk fungsi untuk mengurai dan menampilkan dokumen HTML, dukungan gaya dasar, protokol HTTP, dan kemampuan untuk mencetak halaman web.

Baca Juga :  Astroscale Uji Teknologi Pungut Sampah Antariksa

Baca Juga:
Meme Legendaris ‘Disaster Girl’ Laku Terjual Rp 7,2 Miliar

Berners-Lee tampaknya berpikir NFT cocok untuk kode, dia mengatakan bahwa NFT adalah “kreasi lucu terbaru” di internet dan cara ideal mengemas asal-usul di balik web.

Dalam sebuah wawancara dengan Financial Times, ia membandingkan NFT dengan sebuah buku bertanda tangan.

Tim Berners-Lee. [Fabrice Coffrini/Pool/AFP]
Tim Berners-Lee. [Fabrice Coffrini/Pool/AFP]

Pembeli NFT mungkin mengalami kesulitan menjalankan versi pertama WorldWideWeb.

Seperti yang ditunjukkan Ars Technica, ada salinan awal kode sumber yang tersedia di web hari ini (yang menurut Sotheby mirip dengan kode yang dijual di NFT, tetapi bukan yang asli), dan tampaknya sulit untuk dikompilasi menurut CERN, situs WorldWideWeb.

Baca Juga :  BMKG Jadi Trending Topik, Warganet Heboh SMS Peringatan Gempa Berpotensi Tsunami

Bahkan jika pembeli menjalankan browser asli, kemungkinan ada beberapa situs web berharga yang masih ada, akan bekerja dengan baik dengannya.

Baca Juga:
Sah! Digidoy Comics Terverifikasi di Toko NFT daVinci

Web seperti yang kita tahu itu dimungkinkan oleh fakta bahwa Berners-Lee memutuskan untuk tidak mematenkan atau mengenakan biaya untuk penggunaan idenya, membiarkan siapa pun dengan pengetahuan teknis (dan sumber daya komputer) merancang situs web mereka sendiri.





cakrawalarafflesia

  • Bagikan