Polisi Bongkar Pabrik Rumahan Tembakau Gorila di Banten

  • Bagikan
3111402d e255 42a9 bf4b 429a56322187 169

Banten – Ditresnarkoba Polda Banten membongkar industri rumahan yang memproduksi tembakau sintesis atau tembakau gorila. Dalam pengungkapan ini, polisi turut meringkus satu tersangka berinisial S yang merupakan warga kota Serang, Banten.

“Menangkap satu orang tersangka yang berinisial S (29) pada hari Senin (7/6) sekitar 01.00 WIB di dalam Villa Ubud Anyer ketika sedang melakukan proses produksi narkotika jenis tembakau gorila,” kata Dirresnarkoba Polda Banten Kombes Lutfi Martadian dalam keterangannya, Selasa (15/6).

Kepada polisi, tersangka S mengaku mengetahui cara membuat tembakau gorila dengan mempelajarinya dari media sosial.

“Dan dalam penjualannya pun tersangka ini menggunakan media sosial agar tidak mudah diketahui oleh petugas,” tutur Lutfi.

Baca Juga :  Riview MPWR, Perdana Baru Dari Indosat Ooredoo

Dalam aksinya, kata Lutfi, tersangka sengaja membuat tembakau gorila itu dengan menyewa sebuah villa atau hotel. Tujuannya, agar tidak mudah terlacak oleh aparat kepolisian.

“Dengan maksud agar tidak mudah ketahuan oleh petugas dan tidak dicurigai masyarakat sekitar dengan alasan berlibur,” ucpa Lutfi.

Polisi turut menyita sejumlah barang bukti saat menangkap tersangka. Antara lain, satu bungkus plastik klip bening diduga berisi tembakau sintesis, bahan atau daun tembakau yang sudah disemprot alkohol dan thiner.

Lalu, satu buah berisi bahan atau daun tembakau satu botol berisikan alkohol 96 persen, satu kaleng berisikan cairan thiner, satu buah alat semprotan air, satu buah gelas ukur, dan lainnya.

Baca Juga :  OJK Beri Tambah Waktu Penundaan Cicilan Kredit untuk Masyarakat

Atas perbuatannya, tersangka S dijerat Pasal 114 ayat 1 dan atau Pasal 113 ayat 1 dan atau Pasal 112 ayat 1 dan Pasal 111 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Jo Permenkes Nomor 4 Tahun 2021 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika dengan ancaman pidana paling lama 15 tahun penjara.

Lebih lanjut, Lutfi menyampaikan pengungkapan industri rumahan tembakau gorila ini telah mampu menyelamatkan ribuan generasi muda dari jeratan narkoba.

“Kita berhasil menyelamatkan 3.000 generasi muda penerus bangsa Indonesia. Karena 1 gram tembakau gorila ini bisa digunakan untuk 10 orang, dan saat ini kita berhasil mengamankan sebanyak 300 gram tembakau gorila,” tuturnya.

  • Bagikan