Hujan Deras, Banjir Rendam 8 Wilayah di Kota Bekasi

  • Bagikan
3bed7592 b939 4787 9329 0335152b40a3 169

Sejumlah wilayah di kota Bekasi terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu, Selasa sore (15/6). Ketinggian banjir beragam, mulai dari 10 sampai 100 cm.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi Agus Harpa mengatakan, ada delapan titik banjir yang terjadi di Bekasi. Banjir paling tinggi terjadi di Perumahan Taman Narogong, Kelurahan Pengasinan dengan ketinggian sekitar 100 cm.

“Hujan deras yang terjadi pada hari Selasa (15/6) di wilayah Kota Bekasi menyebabkan terjadinya beberapa genangan di Kota Bekasi, hujan deras juga disertai angin kencang di beberapa wilayah,” ujar Agus.

Selain di Taman Narogong, banjir juga terjadi di Perumahan Mutiara Gading Timur Ruko Palazo dengan ketinggian 40 cm; Grand Permata Bekasi, Kelurahan Mustikajaya depan SMP 40 dengan ketinggian 20 cm.

Berikutnya, Pondok Timur Indah, Kelurahan Mustika Jaya dengan ketinggian 10 cm; Perumahan Bukit Kencana, Kelurahan Jatimakmur dengan ketinggian 15-20 cm; Perumahan Pondok Hijau Permai, Kelurahan Pengasinan dengan ketinggian 30 cm; Jalan raya Narogong km 7 Ciprendawa RT 001/004 Bojong Menteng gang Nangka dengan ketinggian 50 cm.

Baca Juga :  8 Pengurus Yayasan Diamankan Terkait Pria Mengaku Nabi di Bandung

Serta di Perum Taman Cikunir indah Kelurahan Jaka Setia dengan ketinggian 40-50 cm Agus mengatakan, hujan deras yang terjadi di Bekasi masih berlangsung hingga pukul 17.00 WIB tadi.

Air muka naik

Sementara itu, laporan dari Pintu Air Sunter Hulu dan Pasar Ikan berstatus Siaga 3 atau waspada Selasa sore (15/6).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, per pukul 18.00 WIB, tinggi muka air di Pintu Air Sunter Hulu mencapai 175 cm. Kondisi di pintu air gerimis.

Kondisi Siaga 3 ini sudah berlangsung sejak pukul 17.00 WIB. BPBD juga sudah mengirimkan peringatan kepada warga bantaran sungai yang berpotensi terdampak.

“Antisipasi kurang lebih empat jam ke depan air akan sampai Pintu Air Pulo Gadung,” demikian informasi yang dibagikan BPBD lewat akun @BPBDJakarta, Selasa (15/6).

Baca Juga :  Penting! Jadwal dan Daftar Penutupan Jalan di Kota Bandung

Daerah-daerah yang dilalui aliran sungai pun diminta waspada. Daerah itu yakni; Bambu Apus, Cilangkap, Pondok Rangon, Setu, Lubang Buaya, Pondok Bambu, Pondok Kelapa, Cipinang.

Kemudian, Cipinang Melayu, Cipinang Muara, Duren Sawit, Jatinegara Kaum, Kayu Putih, Pulo Gadung, Sumur Batu, Kelapa Gading Barat dan Timur, Kebon Bawang, Rawa Badak Selatan dan Utara, dan Sungai Bambu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga mengeluarkan peringatan dini cuaca di Jakarta dalam tiga hari ke depan atau hingga 17 Juni 2021. Menurut BMKG, dalam tiga hari ke depan Jakarta berpotensi hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang.

“Kepada OPD terkait, para camat dan lurah daerah rawan banjir atau longsor agar antisipasi dengan siagakan PPSU dan Satgas Banjir kecamatan,” demikian mengutip BPBD.

  • Bagikan