Transgender di Sumsel Bisa Buat E-KTP, Begini Syarat-syaratnya – cakrawalarafflesia

  • Bagikan
de0b19ea ktp


banyuasin vaksin

cakrawalarafflesia, PALEMBANG – Proses perekaman E-KTP untuk transgender di Sumatera Selatan (Sumsel) sudah bisa dilakukan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sumatera Selatan, Puadi, pada Senin (14/6) malam.

Puadi menjelaskan, pelayanan pembuatan KTP untuk transgender bisa dilakukan di seluruh kantor Disdukcapil kabupaten dan kota di Sumsel sesuai dengan aturan dari Kemendagri yang baru saja disahkan.

Yakni status kelamin transgender yang tertera di KTP, tetap hanya ada dua jenis. Laki-laki dan perempuan.

Baca Juga :  Ternyata Begini Cara Oknum ASN Diperinaker Kepahiang Habiskan Uang Hasil Nipu

“Artinya untuk perempuan yang berubah menjadi laki-laki atau laki-laki yang berubah menjadi perempuan secara medis dan sesuai keputusan pengadilan. Seperti atlet voli yang sempat viral beberapa waktu lalu, Aprilia Manganang,” jelasnya.

Adapun syaratnya, yang bersangkutan harus melampirkan surat keputusan dari pengadilan setempat atas perubahan status kelaminnya.

“Harus ada surat keputusan pengadilan. Baru bisa ditindaklanjuti. Tidak ada yang berbeda KTP nya dengan yang lain. KTP transgender sama saja,” timbalnya.

Baca Juga :  Hak Perempuan Sama di Bidang Politik – cakrawalarafflesia

Sejauh ini, pihak nya mendapati baru ada seorang warga Kabupaten Muara Enim, terkonfirmasi sudah membuat KTP Elektronik untuk transgender. Namun yanng bersangkutan teregistrasi di wilayah DKI Jakarta.

“Baru ada satu warga Muara Enim, tapi dia berdomisili di Jakarta, lalu perekaman KTP transgendernya pun disana,” tandasnya. (Bim)





Melansir Sumeks co

  • Bagikan