Kenapa Data Seluler Tidak Muncul Padahal Sudah Diaktifkan?

  • Bagikan
af63492c handphone data seluler

Handphone Data Seluler[Ilustrasi: Pixabay]

Cakrawalarafflesia – Pada saat menggunakan handphone untuk aktivitas sehari-hari, terkadang kamu merasa kaget ketika tanda data seluler tidak muncul padahal sudah diaktifkan.

Dengan tidak munculnya tanda data seluler mengindikasikan bahwa handphone sedang tidak terhubung dengan jaringan selular sehingga kamu tidak dapat mengakses internet, aplikasi jejaring sosial, maupun aplikasi chat sama sekali.

Tentunya kamu perlu tahu penyebab dari tidak munculnya tanda data selular dan bagaimana cara mengatasinya.

Kartu SIM Belum Terdaftar

SIM Card Handphone[Ilustrasi: Pixabay]

Untuk menjaga keamanan banyak pengguna handphone di masa kini, pemerintah Indonesia memberikan kebijakan agar orang-orang yang membeli dan mempunyai kartu SIM harus mendaftarkan biodata dirinya terlebih dulu sebelum data seluler bisa aktif.

Maka dari itu kamu harus mendaftarkan diri pada operator dari kartu SIM yang kamu miliki. Biasanya pada saat kamu memasukkan kartu SIM pertama kali ke handphone akan muncul menu untuk melakukan registrasi dan ikuti prosesnya hingga selesai.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan registrasi biodata diri melalui SMS dengan mengirimkannya ke 4444. Biasanya data yang dibutuhkan hanya terdiri dari nomor KTP dan Kartu Keluarga sebagai bukti warga negara Indonesia.

Tidak Ada Sinyal

Sinyal Handphone[Ilustrasi: Pixabay]

Pada saat kamu di daerah tertentu, tiba-tiba saja tanda data seluler di handphone menghilang padahal jelas-jelas tadinya sedang aktif. Biasanya hal ini bisa terjadi karena jaringan seluler tidak dapat menjangkau lokasi yang sedang kamu kunjungi.

Jadi kamu dapat mencoba untuk berpindah posisi beberapa meter dari lokasi kamu berada. Apabila hal ini berhasil memunculkan tanda data seluler aktif di handphone, maka posisi tersebut masih dapat dijangkau oleh jaringan seluler dari operator.

Baca Juga :  TikTok larang sejumlah akun di Myanmar upaya hentikan video kekerasan

Namun apabila masih tidak ada sinyal juga setelah kamu berpindah, maka dapat dipastikan bahwa daerah yang sedang kamu kunjungi tidak bisa dijangkau oleh jaringan seluler dari operator yang dipakai. Untuk itu, kamu dapat mencoba menggunakan kartu SIM dari operator lain.

Terkadang di suatu daerah ada satu atau dua operator yang memiliki jangkauan seluler yang bagus. Misalnya saja pada saat sedang di daerah Labuan Bajo, jaringan seluler dari operator A sama sekali tidak ada sinyal dan ternyata handphone kamu malah mendapatkan jaringan seluler dari operator B.

Koneksi Jaringan Bermasalah

Cloud All Data Handphone[Ilustrasi: Pixabay]

Pada saat sedang nyaman berinternet melalui handphone, terkadang tiba-tiba tanda data seluler seperti 4G+, 4G, H, 3G, dan lainnya tiba-tiba hilang dari Status Bar. Tentu saja hal ini bisa menjadi sangat menjengkelkan karena hiburan dari internet tidak bisa diakses.

Biasanya hal ini bisa terjadi ketika terjadi gangguan dari operator sehingga koneksi jaringan seluler menjadi bermasalah. Hal ini bisa terjadi dalam waktu beberapa menit, jam, atau hari tergantung dari tingkat masalah yang dialami oleh operator.

Untuk mengecek sudah benar atau belum, kamu juga bisa mencoba masuk ke mode Airplane sebentar dan kembali lagi ke mode data seluler untuk memastikan apakah bisa mendapatkan kembali koneksi internet.

Apabila masih tidak bisa, maka memang kemungkinan besar pada saat itu jaringan dari operator atau BTS sekitar sedang mengalami masalah sehingga kamu dapat menunggunya hingga kembali normal.

APN Hilang Atau Berubah

Cloud Handphone APN[Ilustrasi: Pixabay]

Access Point Name (APN) merupakan salah satu protokol yang memungkinkan handphone kamu tervalidasi untuk akses sehingga dapat menggunakan jaringan yang dimiliki oleh penyedia layanan internet.

Baca Juga :  Sambut Musim Panas, PUBG Mobile Gelar Summer Rich

Biasanya APN secara otomatis akan diatur oleh operator agar  handphone mampu mengakses jaringannya. Namun terkadang kamu atau aplikasi mungkin pernah mengotak-atik data APN sehingga membuatnya menjadi hilang atau berubah.

Solusinya, kamu dapat mengubah kembali APN menjadi mode otomatis agar langsung menyesuaikan dengan pengaturan sistem. Namun apabila ingin menggantinya secara manual, maka kamu dapat mengikuti data yang diberikan oleh operator.

Sistem Operasi Bermasalah

OS Handphone[Ilustrasi: Pixabay]

Terkadang sistem operasi dapat menyebabkan masalah tidak munculnya tanda data seluler aktif di handphone. Bahkan masalah ini bisa menyebabkan kamu tidak dapat mengakses internet sama sekali.

Kamu dapat melakukan restart pada handphone terlebih dulu karena kemungkinan masalahnya ini hanya bersifat sementara. Namun apabila masih menyebabkan tanda data selular tidak muncul, maka kamu dapat melakukan Factory Resets sebagai jalan terakhirnya.

Perlu dicatat, kamu harus mencadangkan atau backup data terlebih dulu sebelum melakukan Factory Reset. Kita ketahui bersama apabila metode ini akan menghapus semua data yang ada di handphone.

Kerusakan Hardware

Water Handphone[Ilustrasi: Pixabay]

Apabila semua solusi di atas tidak dapat bekerja dengan baik, kemungkinan besar hardware seluler pada handphone mengalami kerusakan sehingga tidak mampu menampilkan tanda data seluler di layar.

Sebaiknya kamu langsung ke Service Center dari merek handphone yang dimiliki agar teknisi profesional mengecek secara menyeluruh mengenai masalah tidak hadirnya tanda seluler.

Apabila masalahnya berat dan terjadi kerusakan pada bagian hardware, maka kamu akan dihubungi oleh pegawai Service Center bahwa harus mengganti suku cadangnya dengan harga tertentu. Namun apabila masih garansi, biasanya kamu tidak perlu membayarnya sama sekali.

gadget trend

  • Bagikan