Tanggulangi Karhutla, Sumsel Jalankan Program TMC 15 Hari ke Depan – cakrawalarafflesia

  • Bagikan
a2c53d2e base ops


banyuasin vaksin

cakrawalarafflesia, PALEMBANG – Pihak otoritas penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumatera Selatan (Sumsel), tengah memantapkan pelaksanaan program teknologi modifikasi cuaca (TMC).

Mereka terdiri dari Danlanud Palembang, Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan BMKG Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Danlanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang, Kolonel Pnb Hermawan Widhianto menjelaskan, pihaknya mendatangkan satu pesawat seri C212 dari Lanud Abdurahman Saleh dan 11 orang kru yang sudah berpengalaman dan profesional dalam urusan modifikasi cuaca.

Baca Juga :  Rp 40 Juta Melayang di Tangan Calo CPNS, Korban Lapor Ke Polres Kepahiang

“Sebelumnya kita sudah ada dua helikopter jenis MI waterbooming. Keduanya didatangkan dari Rusia. Heli itu mampu membawa 800 Kg NaCl (garam, red). Dengan tambahan pesawat C212, akan mempermudah kerja kita dilapangan,” ujarnya, saat dikonfirmasi cakrawalarafflesia, Kamis (10/6) di Base Ops Danlanud Sri Mulyono Herlambang (SMH), Palembang.

Baca Juga :  Gunakan Surat Swab Palsu, 2 Penumpang di Makassar Gagal Terbang

Pelaksanaan program TMC ini, sambungnya, akan berlangsung selama lima belas hari kedepan. Terhitung sejak hari ini, Heli waterbooming akan menaburkan garam dari ketiggian 1.000 feet.

Koordinator Bidang Pelayanan Teknologi BBTMC, Sutrisno menambahkan, kondisi di masa peralihan cakrawalarafflesia musim hujan menuju kemarau saat ini akan mendukung keberhasilan TMC. Sebab, awan dan lingkungan awan di Sumsel masih baik.





Melansir Sumeks co

  • Bagikan