Kapan Gerhana Matahari Selanjutnya Terjadi di Indonesia?

  • Bagikan
33e914d0 34958 gerhana matahari cincin di singkawang


cakrawalarafflesia – Selama 2021 akan terjadi setidaknya dua kali Gerhana Matahari yang berlangsung pada 10 Juni (Gerhana Matahari Cincin) dan 4 Desember (Gerhana Matahari Total).

Sayangnya, Gerhana Matahari Cincin tidak bisa disaksikan secara langsung di Indonesia.

Dilansir dari Time and Date, setelah 2021, Indonesia akan menjadi jalur Gerhana Matahari pada 20 April 2023 dengan fenomena Gerhana Matahari Total.

Dalam peta interaktif yang dibagikan, wilayah yang akan menjadi jalur Gerhana Matahari Total mencakup wilayah Manokwari, Maluku, Pante Makasar, sebagian Ambon, Moanemani, dan Kupang.

Baca Juga:
Link Live Streaming Gerhana Matahari Cincin Kamis 10 Juni 2021

Baca Juga :  Usai MPL Season 7, BTR Rippo Siap Lakukan Taunting di MSC 2021

Tak hanya itu, sebagian wilayah di Papua, Maluku utara, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, dan kalimantan akan mendapat 50 persen dari jalur Gerhana Matahari Total.

Selain di Indonesia, wilayah lainnya yang akan berkesempatan melihat fenomena tersebut mencakup Asia Selatan dan Timur, Australia, Pasifik, Samudra Hindia, dan Antartika.

Fenomena gerhana matahari total di kota Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (9/3).
Fenomena gerhana matahari total di kota Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (9/3). [Antara]

Fenomena Gerhana Matahari Total akan kembali terjadi 20 April 2023 dengan Indonesia menjadi jalur bagi 100 persen hingga 30 persen bayangan Gerhana.

Wilayah Jakarta akan mendapat 38 persen bayangan Gerhana, Bandung sebesar 42 persen, Yogyakarta dan sekitarnya 52 persen, Denpasar dan sekitarnya 68 persen, wilayah Nusa Tenggara Barat sekitar 75 persen, hingga Nusa Tenggara Timur mencapai 97 persen.

Baca Juga :  realme Buds Air Neo Dapatkan Diskon 43% Atau Sekitar Rp 300 Ribu

Jalur Gerhana Matahari Total pada 20 April 2023 juga akan melintasi sebagian wilayah Australia, Filipina, dan Malaysia.

Baca Juga:
Hits: Dampak Buruk Gerhana Matahari, Diet Nabati Turunkan Risiko Terinfeksi Corona?

Fenomena Gerhana Matahari berikutnya akan terjadi kembali di Indonesia pada 22 Juli 2028 dengan Indonesia menjadi jalur bagi 50 persen bayangan Gerhana.





cakrawalarafflesia

  • Bagikan