ASUS BR1100 Resmi Dirilis di Indonesia, Laptop Khusus Anak Untuk Belajar Online

  • Bagikan
11f9a316 asus br1100 feature

ASUS-BR1100-Feature

Cakrawalarafflesia – ASUS Indonesia secara resmi telah membawa laptop kelas bisnis segmen edukasi yang bernama ASUS BR1100.

Dalam acara peluncurannya, Davina Larissa selaku Marketing Manager of ASUS Indonesia telah memperkenalkan dua varian produk dari laptop ASUS BR110 yang meliputi BR1100CKA dan BR1100FKA. Davina mengatakan bahwa keduanya dirancang oleh ASUS untuk menjawab tantangan pendidikan.

“Pada saat ini terjadi tren baru di dunia pendidikan. Semua materi disesuaikan dengan metode online, karena ini guru harus berkomunikasi dengan murid menggunakan video telekonferensi. Sementara murid harus memiliki perangkat yang memadai,” ujarnya kepada tim Cakrawalarafflesia.

Bicara soal spesifikasinya, Rifan Fernando selaku FA Engineer Lead of ASUS Indonesia menjelaskan bahwa ASUS BR1100 akan membantu murid belajar dengan baik walaupun tidak tatap muka dengan guru melalui beberapa fitur penting untuk mengakomodasi kegiatan belajar jarak jauh.

Dikatakan Rifan, kedua varian laptop ini menawarkan desain dan ukuran yang mudah dibawa oleh anak-anak dengan bobot hanya 1,26 kg. Soal segmen pasar, BR1100 menyasar anak sekolah yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kedua model produk ini telah tersertifikasi TUV Rheinland untuk perlindungan kesehatan mata anak terhadap sinar biru dan juga mempunyai durabilitas yang handal berkat pengujian US Military Grade MIL-STD-810.

“BR1100 akan mampu bertahan dari tindakan ceroboh anak-anak  yang tak sengaja menjatuhkannya dari ketinggian 1,2 meter dan tahan pula terhadap percikan air. Hal ini berkat lapisan casingnya yang dibuat dengan lapisan kokoh,” tuturnya.

Baca Juga :  Seri Honor Magic3 Dikonfirmasi Akan Gunakan Snapdragon 888 Plus

ASUS-BR1100FKA-kamera-keyboard.

Adapun untuk varian ASUS BR1100CKA merupakan produk klasik dengan desain clamshell sementara varian ASUS BR1100FKA menjadi versi dengan bentuk convertible atau flip yang bisa diputar 360 derajat.

Soal audio, Rifan mengungkapkan bahwa ASUS BR1000 telah dibekali fitur noise cancelling yang memungkinkan suara sekitar pengguna untuk diredam saat di rumah maupun tempat umum. Sementara teknologi Farfield Communication akan memberikan hasil suara yang jernih layaknya mendengarkan lawan bicara secara langsung.

Untuk sektor performanya, ASUS BR100 mengandalkan prosesor Intel Celeron N4500 dengan kecepatan 1,1 GHz yang dipadukan dengan memori RAM berkapasitas 4 GB, 8 GB, dan 16 GB serta penyimpanan internal eMMC hingga 128 GB yang juga didukung ekspansi tambahan berupa SSD M.2 2280 PCIe 3.0 x 4 Express hingga 1 TB.

ASUS-BR1100FKA

Pada sektor tampilan, layarnya berukuran 11,6 inci yang menggunakan teknologi LCD serta dukungan resolusi HD (1366 x 768 piksel), aspek rasio 16:9, TN, Anti-glare display, LED Backlit, tingkat kecerahan 220nits, NTSC 45%, dan rasio layar-ke-bodi 63%. Pada bagian sisi kanan layar terdapat lampu LED sebagai informasi bahwa internet sudah terkoneksi dengan baik ke perangkat.

Keyboard-nya telah dilengkapi dengan model chiclet yang memiliki key travel 1,35mm dan sudah anti bakteri. Selain itu, pengguna pun tak perlu khawatir terhadap kerusakan sistem akibat tumpahan air yang disengaja karena kedua model ini telah dibekali Spill-resistant Keyboard.

Baca Juga :  Asus ROG Phone 3 Update Android 11 Versi Beta Tertutup

Kamera laptop keduanya beresolusi 13 MP yang mampu menghasilkan gambar video HD 720p. Untuk privasi saat tengah tidak digunakan, keduanya telah diberikan fitur berupa privacy shutter.

Tak ketinggalan speaker audio dari SonicMaster dan mikrofon telah disematkan pada bagian bodinya. Tersedia juga fitur konektivitas Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.0. Baterainya berkapasitas 42WHrs yang dapat diisi dayanya melalui kabel AC Adapter 45W.

ASUS-BR1100CKA-Lampu-LED-WiFi

Kedua perangkat ini telah mendapatkan firmware Trusted Platform Module yang menyediakan chip keamanan microcontroller dan terlindungi untuk menjaga struktur data internal terhadap ancaman dari luar. Hal ini untuk menjamin informasi seperti key, password, dan sertifikasi digital tetap aman dari serangan eksternal, pencurian data secara fisik, dan berbagai jenis ancaman lainnya.

Layaknya gembok sepeda, keduanya memiliki slot Kensington Lock sebagai keamanan tambahan agar laptop tidak mudah dicuri oleh pihak yang berniat jahat. ASUS pun juga memberikan fitur aplikasi MyASUS  yang menyuguhkan beberapa perawatan sistem laptop seperti system diagnosis, battery health charging, splendid, function key lock, smart WiFi, AppDeals, dan Link to MyASUS.

Soal harganya, ASUS BR1100CKA dibanderol mulai Rp 4.944.000, sedangkan ASUS BR1100FKA dilepas mulai Rp 5.749.000. Untuk saat ini pihak ASUS masih menjualnya melalui pihak instansi sekolah dan belum dijual secara terbuka kepada pengguna individu.

gadget trend

  • Bagikan