Ini Sanksi, Jika Perusahaan Tolak Beri Jaminan Kesehatan dan Keselamatan Kerja – cakrawalarafflesia

  • Bagikan
bbd9f1b1 psx 20210606 185407 1


cakrawalarafflesia, PALEMBANG – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sumatera Selatan (Disnakertrans Sumsel) mengimbau kepada semua badan usaha dari baik perusahaan swasta, instansi kepemerintahan, dari skala kecil menengah dan besar, untuk mendaftarkan karyawan tetap, honorer dan serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) mereka sebagai peserta asuransi seperti BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami harap jangan sampai karyawan-karyawan itu tidak teransuransi dalam program perlindungan ini. Seluruh badan usaha dapat mengansuransikan keselamatan sosial pekerjanya didalam BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Koimuddin, dikutip Minggu (6/6).

Menurutnya, hal tersebut merujuk pada diterbitkannya Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

Baca Juga :  BMKG Kepahiang Ingatkan Masyarakat Waspada Bencana Tidak Terduga

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2019 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Koimuddin menegaskan, dalam peraturan itu juga mengatur apabila badan usaha tidak merealisasikan hak keselamatan dan kesehatan kerja karyawannya tersebut maka, akan diberlakukan sanksi. Mereka tidak akan mendapatkan pelayanan publik diwilayah Sumatera Selatan.

“Kami Dinas Ketenagakerjaan mempunyai tugas mengawasi perusahaan, agar seluruh pekerja mereka teransuransi kedalam BPJS Ketenagakerjaan atau BPJS Kesehatan. Tentu akan diberlakukan sanksi bagi perusahaan yang tidak patuh atas imbauan itu. Disnaker mengirimkan rekomendasi ini ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP),” bebernya.

Baca Juga :  Belasan Ribu Kartu BPJS Kesehatan Warga Kepahiang Dinonaktifkan, Kenapa ?

Lalu, lanjutnya, PTSP nanti dengan beberapa item undang-undang nya akan memberikan teguran baik tertulis maupun lisan atau sanksi administrasi untuk tidak mendapatkan pelayanan publik diwilayah Sumatera Selatan.

“Sudah jalan, data ini sudah kita berikan ke PTSP dan kita monitor terus apakan ini berjalan atau tidak,”

Adapun terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan memiliki banyak manfaat yang sangat positif misalnya dari sisi pendidikan anak dan kesehatan.

“Jadi ada kepastian pendidikan – kesehatan untuk anak pekerja yang orang tuanya mengalami kecelakaan kerja hingga menyebabkan meninggal atau cacat. Sampai jenjang perguruan tinggi,” tandasnya (Bim).





Melansir Sumeks co

  • Bagikan