Apple, Google, Mozilla, dan Microsoft Kompak Garap Ekstensi Browser Demi Keamanan

  • Bagikan
ef69a51d 99241 ilustrasi browser



99241 ilustrasi browser

cakrawalarafflesia – Tim pengembang browser di Google Chrome, Apple Safari, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge bekerja sama untuk meningkatkan extension di browser masing-masing. Hal ini dilakukan demi memberikan pengalaman keamanan dan melindungi pengguna dari malware yang tersebar di browser.

Keempat perusahaan tersebut mengumumkannya dalam World Wide Web Consortium (W3C) sekaligus membentuk WebExtensions Community Group (WECG).

Dengan forum ini, diharapkan perusahaan dapat memudahkan developer dalam membuat browser extension sesuai standar masing-masing aplikasi. Grup ini juga diharapkan dapat menjembatani masing-masing perbedaan antar browser untuk para pengembang.

“Kami bertujuan untuk mengidentifikasi kesamaan, membawa browser ke dalam keselarasan yang lebih dekat, dan memetakan arah untuk evolusi masa depan,” tulis tim tersebut dalam situs mereka, dikutip dari CNet, Senin (7/6/2021).

Baca Juga :  Review Samsung Galaxy Buds 2 – Lebih Murah, Lebih Baik

Baca Juga:
Waduh! Aplikasi UC Browser Ketahuan Lacak Data Pengguna iOS dan Android

Perlu diketahui, Extension adalah sebuah software tambahan untuk membantu pengguna dalam menggunakan browser. Software ini mampu memblokir iklan, menyimpan password, menghapus kode yang melacak pengguna di internet, dan beberapa fungsi lainnya.

Beberapa software yang bisa digunakan seperti Internet Download Manager untuk mengunduh file ataupun Google Docs untuk melihat dokumen.

Baca Juga :  Kominfo Mulai Tata Ulang Pita Frekuensi 2,3 GHz

Saat ini, Google Chrome menjadi browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. Itu berarti ekstension kemungkinan bakal banyak dibuat pengembang untuk pengguna Chrome.

Meskipun ada sedikit beberapa perbedaan di masing-masing browser, namun kelompok ini berencana untuk memastikan sedikit persamaan dalam empat aplikasi tersebut.

“Seharusnya relatif mudah bagi pengembang untuk memindahkan ekstensi dari satu browser ke browser lain, dan bagi browser untuk mendukung ekstensi pada berbagai perangkat dan sistem operasi,” kata grup tersebut.

Baca Juga:
Begini Cara Sinkronisasi Tab di Berbagai Browser





cakrawalarafflesia

  • Bagikan
Positive SSL