Kapan Gelombang 18 Kartu Prakerja Dibuka ? Info Semester II Kartu Prakerja Lengkap

  • Bagikan
Gelombang 18 Kartu Prakerja
Gelombang 18 Kartu Prakerja

Kapan gelombang 18 Kartu Prakerja Dibuka belakangan menjadi pertanyaan banyak orang semenjak pembukaan gelombang 17 yang akan ditutup Senin 07 Juni 2021.

Seperti gelombang-gelombang sebelumnya memang pertanyaan kapan pembukaan gelombang selanjutnya dibuka selalu menjadi pertanyaan banyak orang mengingat peminat dari Kartu Prakerja ini sangat tinggi dan masih banyak peserta yang belum berhasil.

Perlu diketahui gelombang 18 ini adalah gelombang pada semester II Kartu Prakerja tahun 2021 dimana pada semester I dimulai pada gelombang 12 hingga gelombang 16 dan tambahan 1 gelombang yaitu gelombang 17.

Kapan Gelombang 18 Dibuka atau semester II kartu prakerja sendiri Dipastikan akan dibuka merujuk dari kompas.tv yang mengatakan ;

Pemerintah memastikan kembali membuka program Kartu Prakerja pada semester II. Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekomian Airlangga Hartarto seperti video berikut

Pemerintah menargetkan total penerima manfaat Kartu Prakerja Tahun 2021 ini sebanyak 8,2 Juta orang dan sudah terisi 2,7 Juta pada Semester I.

Berapa Kuota Semester II Kartu Prakerja

Jika menilik pada tahun lalu dan semster I dimana setiap gelombang menyaring 600.000 peserta. dan total target 8.200.000 dikurang semester I 2.700.000 maka pada semester II ini akan tersedia untuk 5.500.000 peserta.

Berapa Gelombang Semester II Kartu Prakerja

Jika sesuai dengan semester I yang tiap gelombang menyaring 600.000 peserta maka perhitungannya sebagai berikut. 5.500.000 Dibagi 600.000 mendapatkan hasil 8,1. Jika melihat dari perhitungan maka akan tersedia 8 hingga 9 gelombang pada semester II ini jika telah ditetapkan oleh pemerintah.

Berarti bagi kalian yang belum lolos ataupun belum pernah mendaftar, kalian masih memiliki kesempatan untuk mengikuti gelombang 18, gelombang 19, gelombang 20, gelombang 21, gelombang 22, gelombang 23, gelombang 24, gelombang 25 hingga gelombang 26.

Kapan Gelombang 18 Dibuka ?

Kapan Gelombang 18 Kartu Prakerja Dibuka  Semester II Kartu Prakerja
Kapan Gelombang 18 Kartu Prakerja Dibuka ? Info Semester II Kartu Prakerja Lengkap 4

Hingga berita ini diterbitkan kapan pembukaan gelombang 18 belum dipastikan hanya semester II program kartu prakerja dipastikan berlanjut yang artinya tinggal menunggu keputusan saja untuk kapan gelombang 18 yang menjadi pembuka semester II ini dibuka.

Baca Juga :  Kapan Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka?

Berapa Insentif Semester II Kartu Prakerja ?

Insentif peserta Kartu Prakerja semster II ini juga masih tetap sama yaitu total 2.4 Juta dimana perinciannya 1 Juta Untuk pelatihan, Insentif 600.000 diberikan selama 4 bulan dan masih ada tambahan insentif dengan total 150ribu dengan mengikuti 3 kali survey.

Cara Daftar Jadi Peserta Kartu Prakerja

Pada Semester II yang akan dimulai dengan gelombang 18 cara pendaftaran masih sama yaitu mendaftarkan diri langsung melalui situs prakerja di https://prakerja.go.id. Adapun Langkahnya sebagai berikut :

  1. Kunjungi situs www.prakerja.go.id
  2. pilih menu Buat Akun
  3. masukkan alamat email serta password
  4. ceklist syarat ketentuan dan kebijakan
  5. klik BUAT AKUN

Setelah berhasil maka kalian diwajibkan untuk memverifikasi email dengan klik link yang diberikan oleh kartu prakerja. Kalian dapat melihatnya pada kotak masuk email kalian, Jika tidak menemukannya maka kalian dapat cek folder spam atau promosi karena terkadang masuk ke folder tersebut.

Namun jika lebih dari 2 jam tidak masuk juga maka kalian dapat mencoba mendaftar ulang menggunakan email yang berbeda ( disini kami pernah 3 kali mendapatkan tidak masuknya email verifikasi dan terpaksa mendaftar ulang menggunakan email berbeda).

Setelah kalian memverifikasikan alamat email maka langkah selanjutnya ialah ;

  1. login menggunakan email dan password kalian
  2. masukkan nomor identitas (KTP) serta nomor KK
  3. Verifikasi data diri seperti alamat serta mengunggah foto KTP Kalian

Pada tahap ini ada banyak peserta yang mengalami kendala, berikut kendala serta cara mengatasinya

Permasalahan Pendaftaran Akun Kartu Prakerja

KTP ATAU KK TIDAK SESUAI

Sebagian peserta terkadang mendapatkan notifikasi KTP atau KK tidak sesuai. Untuk mengatasinya kalian dapat mencoba kembali memasukkan nomor KTP dan KK kalian serta cek kembali apakah sudah sesuai apa belum. Jika sudah sesuai namun masih terkendala hal yang sama maka artinya Nomor KTP atau KK kalian belum terupdate. Untuk mengatasinya kalian dapat mendatangi kantor Dukcapil di wilayah kalian dan meminta untuk mengupdate data.

Baca Juga :  Kapan Semester 2 Prakerja 2021 Dibuka?

TIDAK BISA MENGUPLOAD KTP

Tidak bisa mengupload KTP masih banyak didapati oleh peserta saat mengunggah foto KTP. Cara mengatasinya sangatlah mudah dan hal ini telah kami lakukan ujicoba. Bagaimana caranya ?

Disini kami menggunakan foto dari aplikasi whatsapp dimana menggunakan ponsel milik keluarga untuk memfoto dan mengirimkan ke whatsapp kami. nah foto yang diterima melalui whatsapp inilah yang diunggah.

Cara ini telah kami lakukan uji coba beberapa kali dan berhasil. Namun jika kalian terkendala, kalian dapat memanfaatkan tool pengempress foto yang banyak tersedia.

Setelah semua proses diatas selesai maka pada tahap selanjutnya adalah mengisi Test Motivasi dan Kemampuan Dasar Kartu Prakerja. Jika kalian bingung kalian dapat melihat link artikel kami berikut ini TERBARU! 27 Test Motivasi dan Kemampuan Dasar Kartu Prakerja 2021.

Setelah tahap diatas selesai maka kalian harus menunggu hingga gelombang dibuka dan mengikuti gelombang tersebut. dengan klik gabung gelombang.

43f15aac cara mengikuti gelombang kartu prakerja
Kapan Gelombang 18 Kartu Prakerja Dibuka ? Info Semester II Kartu Prakerja Lengkap 5

Setelah mengikuti gelombang maka kalian akan menunggu hingga gelombang ditutup dan pengumuman lolos atau tidak pada gelombang yang kalian ikuti.

Itulah tadi pembahasan terkait kapan gelombang 18 kartu prakerja dibuka. meski belum dapat dipastikan kapan waktu tepatnya namun kalian wajib mengetahui tentang gelombang 18 dan semua tentang kartu prakerja.

Kami juga sudah pernah membahas hampir semua hal terkait kartu prakerja, sebagai referensi kami kalian dapat melihat tautan berikut ini ;

  1. Yang Harus Dilakukan Setelah Lolos Gelombang
  2. Arti Status Pada Kartu Prakerja
  3. Arti Status Insentif Kartu Prakerja
  4. Rekomendasi Pelatihan Kartu Prakerja
  5. Cara dapat bonus pulsa Kartu Prakerja
  • Bagikan