Berburu Kijing di Sungai Kemas Rindo Palembang – cakrawalarafflesia

  • Bagikan
3079a37d


cakrawalarafflesia, PALEMBANG – Saat petang menjelang, bantaran sungai Kemas Rindo mulai diramaikan anak-anak. Mereka datang untuk mencari Kijing.

Bermodalkan ember plastik, anak – anak warga Jalan Mataram 1 Kelurahan Kemas Rindo, Kecamatan Kertapati Palembang itu berburu Kerang sungai tersebut.

PSX 20210606 185949
Foto : Bima/cakrawalarafflesia

Menurut kepercayaan orang tua mereka, Kejing bukan sekedar lauk makan biasa. Namun diyakini berkhasiat mampu menyembuhkan penyakit Sakit Kuning.

“Cari yang banyak ya kak, sampai embernya penuh,” teriak Shifa memberi semangat kepada Rifat Kakak-nya dari tepian Sungai, pada Ahad (6/6).

Baca Juga :  Dishub Kepahiang Tutup Layanan Perpanjangan Uji KIR

Meski air sungai berwarna coklat dan mengalir membawa limbah rumah tangga. Tidak mengurungian niat mereka mencari Kijing. Mereka tetap ceria sembari berenang layaknya atlet renang profesional.

Rifat dan kawan-kawan dengan sigap mengeruk dasar sungai dengan tangan mereka. Genggaman demi genggaman mereka mendulang Kijing. Tak butuh waktu lama Ember plastik yang mereka bawa pun oleh Kijing.

“Segini cukup ya, aku antar kesana,” teriak Rifat, sambil menyelam dengan tangan kanan membawa ember penuh Kijing.

Baca Juga :  Pelanggar Prokes Disanksi Sosial dan Push Up DI Kabupaten Kepahiang
PSX 20210606 185931
Foto : Bima/cakrawalarafflesia

Lebih dari empat kali Rifat bolak-balik melintasi sungai dengan lebar tak lebih dari 12 meter itu. Jika bukan karna hari sudah mulai berwarna jingga dan air sungai mulai pasang. Mereka tak akan menepi kembali kebantaran sungai.

Sebab menurut anak-anak itu, tidak ada yang lebih mengasyikan ketimbang bermain di Sungai. (Bim)





Melansir Sumeks co

  • Bagikan